Makanan Yang Harus Dihindari Saat Hamil

Dimasyarakat kita, seringkali ibu hamil mendapat begitu banyak pantangan mulai dari bagaimana bersikap sampai makanan yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi. Lalu dari segi medis, apakah memang ada jenis makanan yang harus dihindari saat hamil?

 

Saat menjalani proses kehamilan, kebutuhan gizi ibu hamil meningkat berkali-kali lipat. Kebutuhan nutrisi tidak hanya penting untuk kesehatan ibu hamil tapi juga untuk mendukung tumbuh kembang janin didalam kandungan, supaya saat dilahirkan dan tumbuh dewasa ia tumbuh dengan sehat. Saat hamil, wanita biasanya lebih memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Makanan yang penuh dengan nutrisi biasanya dipilih untuk kebaikan janin didalam kandungan. Namun saat hamil tidak semua jenis makanan bis alangsung dikonsumsi begitu saja karena mungkin saja beberapa jenis makanan mengandung zat-zat tertentu yang kurang baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

 

Apa saja makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil?

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang beresiko menganggu kesehatan ibu hamil janin serta beberapa jenis makanan lainnya yang sama sekali tidak boleh dikonsumsi:

 

Makanan mentah

Makanan mentah sebaiknya tidak dikonsumsi selama masa kehamilan seperti daging mentah berupa steak medium rare, atau sushi, atau telur setengah matang. Pada beberapa jenis makanan mentah terutama daging, terdapat beberapa jenis bakteri yang bahkan masih bisa hidup sekalipun sudah dikonsumsi. Dalam daging, bakteri yang selalu hidup dan hanya bis amati dengan proses pemanasan bersuhu tinggi ialah salmonella, Ecoli, listeria, toksoplasmosis, dll. Jika daging atau ikan mentah dikonsumsi maka ia beresiko tinggi untuk menginfeksi janin dalam kandungan dan bisa mengakibatkan kondisi serius termasuk janin cacat atau bahkan kematian janin.

 

Susu yang tidak dipasteurisasi

Ibu hamil juga sebaiknya menghindari konsumsi olahan susu yang tidak dipasteurisasi dulu sebelumnya baik itu susu murni sapi, kambing, maupun produk olahannya seperti keju. Dalam susu yang tidak dipasteurisasi biasanya terkandung bakteri jenis listeria. Ia merupakan bakteri yang mampu menembus plasenta dan menginfeksi janin. Pada kasus terparah, bakteri ini bisa menyebabkan kelahiran prematur, keracunan dalam darah, bahkan keguguran.

 

Makanan dan minuman mengandung alkohol

Makanan yang harus dihindari saat hamil lainnya yaitu makanan yang mengandung alkohol, begitupun dengan minumannya. Alkohol memberikan dampak yang buruk bagi tumbuh kembang janin. Ia juga mampu mempengaruhi janin dalam menciptakan problem emosionalnya.

 

Kopi dan teh

Konsumsi teh masih bisa dilakukan namun sebaiknya dibatasi karena ia mengandung kafein yang tidak baik untuk perkembangan janin. Terlebih kopi dimana ia memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi. Kafein mampu mempengaruhi penyerapan nutrisi baik untuk janin seperti salah satunya zat besi sehingga janin mengalami kekurangan berat badan. Bahkan dalam kasus terburuk bisa mengalami keguguran disebabkan konsumsi kopi atau teh secara berlebihan.

 

Makanan dengan pengawet buatan

Kini banyak makanan yang mengandung pengawet buatan. Untuk ibu hamil, sebaiknya makanan seperti ini dihindari karena pengawet buatan mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang berbahaya bagi kesehatan janin. Jika mengkonsumsi makanan dengan pengawet buatan maka resiko bayi terlahir cacat atau bahkan keguguran lebih tinggi.

 

Makanan laut yang mengandung merkuri

Tidak semua jenis makanan laut bagi ibu hamil. Meskipun konsumsi makanan laut memang baik karena kandungan omega 3, namun beberapa jenis makanan laut mungkin saja berbahaya karena kondisi laut yang tercemar oleh merkuri. Ikan makarel dan ikan todak adalah jenis ikan yang sering ditemukan kandungan merkuri didalamnya sehingga sebaiknya dihindari saat hamil. Lain halnya dengan ikan tuna, salmon, atau udang yang memang baik untuk dikonsumsi. Makanan laut yang yang mengandung merkuri bisa menyebabkan kanker baik bagi janin dan ibu hamil.

 

Ibu hamil sebaiknya tidak perlu merasa tertekan dengan berbagai pantangan mengenai berbagai makanan yang harus dihindari saat hamil. Masih ada begitu banyak makanan sehat dan enak lainnya yang aman dikonsumsi. Yang harus diperhatikan adalah hindari makanan dengan potensi mengandung bakteri atau kuman untuk menjaga janin dari infeksi. Konsumsilah makanan dengan nutrisi baik secara optimal namun tetap seimbang untuk memperoleh manfaat yang sebenarnya.

Reply