Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Saat hamil, ibu memang membutuhkan nutrisi yang baik. Bahkan kebutuhan nutrisi ibu semakin meningkat seiring berkembangnya janin didalam kandungan. Dari sekian banyak makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi, air kelapa adalah salah satunya. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil memang sudah dipercaya sejak jaman dulu. Sudah banyak memang minuman air kelapa kemasan yang dijual dipasaran dan mengklaim kemurniannya. Namun sebaiknya ibu mengkonsumsi air kelapa asli bukan dalam kemasan agar manfaatnya bisa diperoleh secara maksimal.

 

Lalu apa saja manfaat air kelapa jika dikonsumsi oleh ibu hamil?

Berikut adalah beberapa manfaat air kelapa sesuai dengan kandungan didalamnya yang bisa diperoleh ibu hamil:

Meningkatkan daya tahan tubuh

Air kelapa mengandung asam laurat. Ia berfungsi sebagai antiviral, anti jamur, bahkan anti bakteri. Dengan begitu, ia bisa membantu sistem imun tubuh untuk mempertahankan diri dari serangan virus misalnya virus penyebab flu dan herpes. Asam laurat ini juga bermanfaat saat ibu menyusui kelak karena bisa membantu bayi untuk lebih kuat melawan infeksi. Saat hamil, sistem kekebalan tubuh ibu lebih rentan diserang virus dan zat berbahaya lainnya. Maka dibutuhkan asupan nutrisi tepat untuk memperkuat imun sehingga bisa melawan berbagai macam infeksi yang disebabkan virus maupun bakteri dan jamur. Dan air kelapa lah yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

 

Mengurangi kelelahan pada ibu hamil

Ibu hamil cenderung lebih cepat merasa lelah karena terjadi berbagai perubahan pada tubuh. Selain itu, tubuh ibu hamil juga harus menopang bobot badan sendiri juga janin dalam kandungan sehingga membuatnya menjadi lebih cepat lelah. Air kelapa mengandung elektrolit yang bisa berfungsi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang yang biasanya menjadi penyebab rasa lelah. Air kelapa mengandung garam alami seperti potasium, sodium, dan klorida yang mirip dengan garam alami dalam cairan tubuh manusia sehingga lebih mudah diserap.

 

Memperlancar sirkulasi darah

Sistem sirkulasi darah yang kurang lancar pada ibu hamil biasanya menyebabkan pegal, nyeri dan bisa juga membahayakan bayi karena akan kekurangan suplai oksigen. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil selanjutnya ialah untuk melancarkan sirkulasi darah karena air kelapa mengandung potasium dan magnesium. Sehingga, otot dan syaraf mampu bekerja secara optimal. Begitupun ginjal dapat berfungsi dengan baik untuk menyaring darah.

 

Mencegah infeksi saluran kencing

Saat hamil, ibu rentan mengalami infeksi saluran kencing karena intensitas buang air kecil semakin meningkat akibat terdorongnya saluran kemih oleh rahim. Air kelapa merupakan diuretik alami yang mampu memperlancar pengeluaran urin dan mencegah infeksi. Ia bahkan bisa membantu membersihkan saluran kemih dari zat racun.

 

Mencegah dan mengatasi sembelit

Ibu hamil juga seringkali mengalami gangguan sembelit. Salah satu faktor penyebabnya adalah dehidrasi atau kurang konsumsi makanan berserat tinggi. Penyebab lain adalah karena kontraksi otot di sistem pencernaan melambat sebagai hasil dari banyaknya hormon progesteron yang diproduksi plasenta. Air kelapa dapat membantu mencegah sembelit juga mengatasinya. Dengan konsumsi air kelapa secara rutin, maka ibu hamil bisa terhindar dari masalah sembelit.

 

Tips mengkonsumsi air kelapa untuk ibu hamil

  • Sebaiknya konsumsi air kelapa asli langsung dari buahnya bukan air kelapa dalam kemasan.
  • Konsumsi air kelapa sebaiknya tidak berlebihan karena air putih tetap minuman utama untuk tubuh.
  • Minum segera air kelapa setelah buahnya dipotong agar nutrisinya masih utuh.
  • Jika setelah minum air kelapa ibu hamil mengalami keluhan atau tidak nyaman pada tubuh, maka bisa menghentikan konsumsinya.

 

Air kelapa sudah terkenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh terutama untuk ibu hamil. Banyak dari ibu hamil yang mengkonsumsi air kelapa untuk meredakan gejala mual atau morning sickness. Selain itu, air kelapa mudah dipercaya mampu membantu memperlancar proses kelahiran nantinya. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil sudah tidak diragukan lagi terlebih karena ia minuman alami dan steril. Ibu hamil memang lebih dianjurkan konsumsi air kelapa daripada minuman kopi dan soda yang justru bisa mengganggu kesehatan ibu dan perkembangan janin.

Reply