Manfaat Jus Tomat Yang Mempunyai Kebaikan Untuk Kesehatan

Manfaat Jus Tomat Yang Mempunyai Kebaikan Untuk Kesehatan

Tomat bukan suatu hal yang asing lagi ditelinga masyarakat, tomat selain bisa dibuat menjadi beberagai olahan seperti saus tomat atau jus tomat. Nah ternyata tidak semua orang mengetahui manfaat jus tomat yang memang baik untuk kesehatan nih. Manfaatnya sangat berguna bagi tubuh sehingga tubuh tetap dalam keadaan sehat karena asupan nutrisi dari tomat ini. Tomat merupakan salah satu buah atau ada juga yang mengkategorikannya sebagai jenis sayuran.

Tanaman tomat sendiripun mudah ditanam sehingga tidak sulit mendapatkan tomat yang memang bagus jika anda mau menanamnya sendiri dirumah. Atau bisa anda temukan dipasar tradisional. Nah untuk mendapatkan manfaat dari tomat anda bisa mengolahnya menjadi jus tomat jika mau lebih bermanfaat jangan ditambahkan apapun misalkan gula. Tomat sangat baik dikonsumsi ketika dimasak terlebih dahulu seperti dikukus, ataupun ditumis. Selain itu tomat juga bsia dikonsumsi mentah segar atau bisa juga menjadi jus tomat kesukaan anda.

Berikut ini kami akan mengulas artikel tentang manfaat jus tomat yang sering dibuat semua orang pada umumnya dan apa saja kira-kira khasiatnya yang baik untuk tubuh anda :

  1. Kaya nutrisi

Berbagai kandungan vitamin dan mineral terdapat dalam jus tomat, diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, potassium, serat dan juga kandungan air. Kalori yang terdapat dalam jus tomat juga rendah sehingga baik jika anda sedang dalam program diet / penurunan berat badan.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

Pada dasarnya manusia mempunyai system imun untuk melawan dari berbagai serangan bakteri dan virus yang ada didalam tubuh. Jika seseorang memiliki imun yang kuat tentu saja ini membuat tubuh seseorang menjadi lebih kebal dari serangan penyakit diluar. Kandungan vitamin A, C dan nutrisi lainnya yang ada ditomat membantu dalam meningkatkan system imun tubuh anda.

  1. Menurunkan LDL (kolesterol jahat)

Kolesterol jahat yang ada didalam tubuh tentu saja akan berakibat buruk bagi kesehatan dan dapat memicu datangnya berbagai penyakit. Dengan memanfaatkan tomat sebagai jus bisa membantu dalam mengatasi permasalahan kolesterol jahat. Kandungan niacin yang ada didalam tomat mampu mengontrol kolesterol jahat yang ada didalam tubuh, serat yang terkandung didalamnya juga mampu menghilangkan kolesterol jahat.

  1. Kesehatan jantung

Selain mampu mengontrol kolesterol jahat tomat juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Karena mengandung vitamin B6 yang mampu melindungi tubuh dari berbagai macam kerusakan pada pembuluh darah. Selain itu potassium yang ada pada jus tomat juga mampu menurunkan tekanan darah anda.

  1. Menurunkan berat badan

Jus tomat memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga cocok bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Dengan kandungan kalori rendah tentu ini bisa dijadikan jus tomat sebagai menu diet anda bersama makanan diet lainnya yang anda konsumsi. Jus tomat membuat perut terasa lebih kenyang dan mampu mengeluarkan racun didalam tubuh.

  1. Kesehatan mata dan kulit

Jus tomat mengandung betakaroten yang bermanfaat bagi kesehatan mata selain itu juga bermanfaat untuk kulit anda. Ini dipercaya dapat menghambat proses penuaan dini pada kulit, dan juga mampu menghilangkan jerawat.

  1. Memperkuat tulang

Selain susu kedelai dan minuman lainnya yang mempunyai manfaat memperkuat tulang, dengan mengkonsumsi tomat ini juga mempunyai manfaat yang sama memperkuat tulang. Vitamin K yang juga kalsium yang ada dalam tomat ini bisa membuat kekuatan tulang anda terjaga.

  1. Melawan kanker

Dengan mengkonsumsi tomat anda bisa menurunkan resiko terjadinya kanker lambung dan juga usus besar. Lycopene yang ada didalam tomat mampu menghambat dari pertumbuhannya sel kanker.

Tentu saja dengan mengkonsumsi jus tomat anda akan mendapatkan berbagai manfaat dari jus tomat sendiri dan tidak ada salahnya jika anda menjadikan tomat sebagai makanan sehat yang menemani anda setiap harinya. Tergantung selera setiap orang berbeda-beda ada yang mengkonsumsinya dengan di jus ada juga yang makan tomat mentah-mentah tapi jangan lupa dijaga juga kebersihannya. Semoga bermanfaat.

Reply