Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu Hamil

Manfaat Kacang Merah Untuk Ibu Hamil

Perlu diketahui manfaat kacang merah untuk ibu hamil. Yang tidak banyak orang ketahui. Kacang merah sama saja dengan jenis kacang-kacangan yang lainnya, kacang merah juga memiliki kandungan nutrisi yang jelas sangat bermanfaat untuk ibu hamil juga janin didalam kandungan. Yuk kita bahas kandungan yang terdapat didalam kacang merah yaitu asam folat, kalsium, serat, karbohidrat kompleks, protein tinggi, dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya yang memang dibutuhkan oleh ibu hamil juga janin yang ada didalam kandungan.

Langsung saja simak berikut ini manfaatnya yang penting untuk itu hamil, sebagai berikut :

  1. Memperlancar system pencernaan dan mencegah kolestrol jahat

Kacang merah memiliki kandungan serat yang memang bermanfaat untuk mencegah kadar kolestrol jahat yang ada didalam darah serta mampu membantu memperlancar system pencernaan. Oleh karena itu kacang merah bermanfaat dalam mencegah konstipasi.

  1. Mencegah resiko diabetes

Kacang merah juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang berglikemik indeks rendah, sehingga proses pencernaan jenis kadang sangat lamban. Bukan hanya itu ternyata kacang merah juga bisa menurunkan kadar gula darah, dan hal ini jelas bisa menurunkan resiko terjadinya diabetes terhadap ibu hamil.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan asam folat serta vitamin B6 yang terkandung didalam kacang merah ini bermanfaat untuk membantu pematangan sejumlah sel darah merah, membantu dalam proses sintesa DNA dan RNA, bahkan mampu menurunkan level homosistein yang ada didalam pembuluh arteri sehingga mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

  1. Menjaga berat badan tetap ideal

Kandungan serat yang ada didalamnya juga mampu mendukung program diet anda. Sehingga berat badan anda akan tetap ideal walaupun sedang hamil.

  1. Mendukung perkembangan masa otot tubuh

Kandungan protein nabati yang ada didalamnya memiliki manfaat untuk membantu perkembangan masa otot tubuh.

  1. Menjaga fungsi system saraf

Kandungan thiamin yang terdapat dalam kacang merah juga memiliki manfaat dalam menjaga fungsi system syaraf serta mampu mencegah terjadinya penyakit beri-beri selama kehamilan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin B6 yang terkandung dalam kacang merah mampu menjaga kesehatan kulit, namun juga bermanfaat untuk membantu proses metabolisme asam amino, asam lemak, lipid, sintesis serta membantu fungsi hemoglobin.

  1. Mencegah resiko anemi

Mengkonsumsi kacang merah selama kehamilan bisa membantu mencegah resiko anemia. Hal ini dikarenakan kacang merah memiliki kandungan mineral yang bermanfaat dalam membantu pembentukan sel darah merah, enjim serta tulang.

  1. Menambah energy

Zat besi yang terkandung dalam kacang merah juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme serta energy pada ibu hamil.

  1. Membantu perkembangan otak dan sel darah merah pada janin

Kacang merah juga bermanfaat dalam membantu perkembangan otak serta sejumlah sel darah merah pada janin dalam kandungan. Hal ini dikarenakan kacang merah mengandung omega 3 dan 6.

Itu dia manfaat kacang merah untuk ibu hamil yang perlu diketahui banyak orang terutama ibu hamil. Semoga bermanfaat artikelnya dan konsumsilah kacang merah untuk pertumbuhan janin dan ibu yang sehat.

Reply