Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil, Apakah Penting?

Manfaat Kalsium Untuk Ibu Hamil, Apakah Penting

Ketika anda dinyatakan positif hamil pastinya anda dan suami akan merasakan kebahagiaan yang sangat luar biasa. Untuk anda yang baru pertama kali mengandung tentu sudah berfikir makanan sehat menjadi prioritas untuk tumbuh kembang buah hati anda dan juga anda. Namun sudah taukah makanan sehat apa saja yang dibutuhkan saat sedang mengandung? Ibu hamil membutuhkan asupan asam folat sebanyak 600-800mcg, zat besi 27mg, protein 75-100gram, kalsium 1,200mg dan vitamin C 85mg setiap harinya. Tentu andapun kalau ditanya bisa memperkirakan kecukupan asupan tersebut pada makanan anda? Tentu tidak. Untuk itu anda tidak perlu mengukur-ukur anda hanya perlu memenuhi kebutuhan zat-zat gizi tersebut pada asupan yang memang dianjurkan.

Pada dasarnya kebutuhan asam folat dan kalsium untuk ibu hamil itu sangat penting. Karena kedua zat gizi ini memang spesifik ditunjukkan untuk pertumbuhan dan kesehatan janin.

Asam folat dibutuhkan dan mempunyai manfaat untuk memproduksi sel darah merah dan membantu perkembangan otak serta saraf tulang belakang. Jika ibu hamil kekurangan asam folat sangat berbahaya untuk janin bisa menyebabkan bayi lahir dengan keadaan mengalami kelainan. Adapun penyakitnya seperti tulang belakang tidak tertutup sempurna. Gangguan kesehatan lainnya seperti jantung hingga preeclampsia, dimana urat nadi menyempit yang menyebabkan tekanan darah tinggi hingga menyebabkan gangguan komplikasi pada sejumlah organ tubuh seperti hati, ginjal dan otak. Makanan yang harus dikonsumsi yaitu sereal gandum utuh, bayam, asparagus, brokoli, jeruk, alpukat, strawberry dan kacang-kacangan seperti kacang tanah.

Kalsium saat hamil janin didalam kandungan membutuhkan kalsium untuk pembentukan tulang dan otot yang kuat. Kalsium juga penting untuk menjaga detak jantung bayi agar selalu stabil dan saraf berfungsi sempurna, serta untuk mencegah terjadinya komplikasi di masa kehamilan. Produk susu adalah sumber utama dari kalsium namun bisa juga didapatkan dari sumber makanan sehat, seperti kacang-kacangan, brokoli, pisang, keju, dan sayuran yang berwarna hijau yang tinggi kalsium yaitu sayur kale dan bayam. Jika ibu sedikit khawatir tentang memenuhi asupan kalsium tidak terpenuhi, maka ibu bisa memenuhi dengan minum suplemen yang kaya akan kandungan kalsium namun jangan lupakan untuk saran ini tetap harus dikonsultasikan dahulu ke dokter. Karena juga terlalu banyak ini sangat tidak baik dan dapat menggangu kemampuan tubuh untuk menyerap mineral lainnya. Semoga artikel ini membantu dan tetap jaga kesehatan anda dan janin sampai persalinan tiba.

Reply