Manfaat Teh Hijau Yang Memang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Teh Hijau Yang Memang Baik Untuk Kesehatan

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang paling banyak dikonsumsi setelah teh hitam. Rasa teh hijau sendiri tidak jauh berbeda dengan teh hitam yang sering kita konsumsi/minum. Namun pada ratanya harga teh hijau dibanding dengan teh hitam jauh lebih mahal banyak beberapa merek yang dikarenakan teh hijau memiliki kandungan tinggi antioksidan yang disebut polifenol serta rendah kafein. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang dapat membantu menyehatkan tubuh kita, seperti mengencangkan kulit dan menghindarkan dari tanda-tanda penuaan.

Manfaat teh hijau menurut penelitian yaitu menurunkan resiko penyakit jantung, menyehatkan psikis karena efek teh sendiri dapat digunakan untuk menenangkan. Selain polifenol, teh hijau juga mengandung flavonoid, fitokimia yang memiliki sifat antikarsinogenik dan antioksidatif. Selain itu manfaat daun teh hijau digunakan dalam beberapa produk kesehatan seperti ekstrak teh hijau  pada produk kecantikan. Ada juga disarankan jika kamu sedang menjalani masa diet teh hijau sangat baik untuk kamu konsumsi karena membantu membakar lemak ditubuh. Jika anda pecinta kopi dan anda konsumsi kopi setiap hari, tidak masalah namun perlu jadi catatan jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi akan berdampak kurang baik untuk kesehatan tubuh kita. Untuk itu imbangi dengan konsumsi teh.

Berikut ini manfaat teh hijau untuk kesehatan dan juga kecantikan :

  1. Menjaga kesehatan kulit

Seperti yang jelaskan diatas, teh hijau memiliki kandungan polifenol dan zat antioksidan lainnya. Mengkonsumsi teh hijau setiap hari akan membantu menyehatkan kulit, menghindarkan kulit dari penuaan dini. Munculnya garis halus pada wajah, mengencangkan kulit, menghilangkan kusam pada wajah.

  1. Menghindari resiko kebotakan

Masalah kesehatan rambut ini sering terjadi pada wanita, masalah rambut kurang nutrisi bisa ditangani dengan teh hijau yang membantu menutrisi rambut. Untuk itu beberapa shampoo dan perawatan rambut yang menggunakan ekstrak teh hijau sangat baik.

  1. Menghilangkan jerawat

Salah satu manfaat masker teh ialah untuk mengatasi jerawat diwajah. Jerawat merupakan masalah wajah yang sering dialami dan diakibatkan dari adanya penyumbatan pori-pori kulit. Salah satu faktornya disebabkan karena debu dan polusi yang membuat wajah menjadi kusam akibat kotoran kemudian menyebabkan jerawat muncul. Teh hijau ampuh dan efektif menghilangkan jerawat.

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat teh hijau selanjutnya yaitu menurunkan berat badan sudah tidak asing lagi. Banyak program diet menganjurkan diet ini karena cepat dalam membakar lemak. Dalam satu cangkir 150ml teh hijau, dapat membakar 25-30 kalori, dan setiap 250ml teh dapat membakar 40 kalori. Seimbangi dengan olahraga agar hasilnya bisa anda buktikan.

  1. Mengatur tekanan gula darah

Teh hijau memiliki fungsi untuk mengatur tekanan gula darah. Konsumsi teh hijau setiap hari menyeharkan bagian luar seperti kulit, dan juga dalam tubuh kita.

  1. Teh hijau mengurangi resiko kanker

Kandungan antioksidan pada teh hijau lebih baik dari pada kandungan vitamin E. fungsinya sendiri membantu menyehatkan setiap sel ditubuh kita dan menghindari resiko kanker karena konsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya setiap hari yang tidak kita ketahui. Manfaat teh hijau untuk mengurangi resiko kanker : Kanker payudara, kanker prostat, kanker kolorektal

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung dan kolesterol

teh hijau membantu mencegah kerusakan pada saluran tubuh yang menuju organ-organ penting seperti jantung dan otak. Dan kandungan yang terdapat dari teh hijau mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Membersihkan saluran tubuh sehingga tidak menghambat peredaran darah akibat kolesterol yang menyebabkan darah tinggi.

  1. Teh hijau untuk menangkal radikal bebas

Pernah bertanya-tanya kenapa wanita jepang sudah berumur tapi masih tetap cantik? Ini dia rahasianya yang tidak terlepas dari tradisi yang sering digunakan yaitu teh hijau yang membantu menangkal radikal bebeas penyebab penuaan dini.

  1. Meningkatkan kinerja dan kemampuan otak

Tidak saja bermanfat dari luar tubuh namun didalam tubuhpun teh hijau memang bagus sekali. Yang memang dipercaya dapat meningkatkan kinerja otak. Karena mengandung kafein seperti kopi, namun dalam ukuran yang sedikit sehingga aman.

  1. Menghilangkan sakit kepala

Tentu rasa sakit kepala sering dan biasa dirasakan semua orang, ketika anda berusaha dengan mengkonsumsi obat namun tidak manjur. Anda harus coba ini minum teh hijau yang manfaatnya untuk menghilangkan sakit kepala. Buat satu gelas teh hangat, usahakan seduh teh jangan pakai yang berbentuk sudah dikantung-kantung atau masih dalam bentuk daun-daun teh.

Bagaimana tertarik untuk mencoba green tea atau teh hijau? Semoga artikel kali ini membantu dan memberikan solusi dari kebingungan selama ini, selamat mencoba.

Reply