Mari Cari Tahu Gangguan Pencernaan Pada Masa Kehamilan

Mari Cari Tahu Gangguan Pencernaan Pada Masa Kehamilan copy

Pada umumnya gangguan pencernaan adalah rasa nyeri yang berhubungan dengan rasa nyeri bagian atas biasanya beberapa keluhan terjadi seperti mual, kembung serta perasaan kenyang. Apa penyebabnya? Mari cari tahu gangguan pencernaan pada masa kehamilan. Ini karena gangguan disebabkan oleh perubahan hormonal selama kehamilan yang menekan perut anda. Gejala-gejala gangguan pencernaan dapat mencakup perasaan cepat kenyang, merasa sakit atau mual, dan bersendawa. Gejala biasanya datang setelah anda menyantap beberapa makanan. Anda dapat meringankan ketidaknyamanan pencernaan dan mulas dengan membuat perubahan konsumsi makan tertentu dan gaya hidup. Dan pengobatan yang aman untuk kehamilan. Jangan lupa konsultasikan kembali ke dokter dan tim medis.

Gejala apa saja yang di timbulkan? Yang pertama adalah nyeri atau rasa tidak nyaman di dada atau perut ini biasanya terjadi setelah makan dan minum tidak menutup kemungkian sebelum anda makan. Bagi anda yang sedang hamil gangguan pencernaan akan mengakibatkan beberapa kondisi :

Mulas, seperti sensasi terbakar, merasa tidak nyaman, bersendawa, kembung, mual dan muntah. Dan anda perlu mengetahui apa penyebab gangguan pencernaan pada kehamilan, ini disebabkan oleh asam lambung datang ke dalam kontak dengan lapisan pelindung sensitive / mukosa dari system pencernaan anda. Asam lambung memecah mukosa yang menyebabkan iritasi dan menyebabkan gejala gangguan pencernaan. Adapun beberapa penyebab lainnya seperti :

  1. Perubahan hormone selama kehamilan
  2. Rahim anda tumbuh membesar dan menekan perut anda
  3. Sebelum anda hamil terlebih dahulu anda sudah memiliki gangguan pencernaan
  4. Anda berada di tahap terakhir dari kehamilan / trimester ketiga

Ketika hal yang salah tentunya ini menjadi koreksi untuk kita dapat merubah apa yang harusnya di rubah misalnya saja dari pola makan kita. Anda mungkin lebih baik makan dalam porsi sedikit namun sering. Hindari makan dalam waktu tiga jam untuk pergi tidur dimalam hari, duduk tegak ketika anda makan karena ini akan mengambil tekanan dari perut anda, konsumsi makan dengan kaya akan serat dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Jangan lupa minum segelas susu dapat meredakan mulas, ada baiknya anda bisa siapkan segelas susu disamping tempat tidur anda agar ketika gangguan itu datang anda tetap tenang. Intinya pola makan dan gaya hidup mungkin cukup untuk mengontrol pencernaan, terutama jika gejala yang dialami ringan.

Pada saat anda tidur juga berpengaruh kepada asam lambung, caranya dapat menggunakan beberapa bantal untuk mengganjal kepala dan bahu ke atas atau menaikkan kepala ke tempat tidur sehingga membantu mencegah asam lambung bergerak ke kerongkongan anda saat tidur. Tetap sehat dan kuat sampai proses persalinan tiba.

Reply