Mari Cari Tau Apa Saja Jenis Makanan Dengan Kandungan Asam Folat Tinggi

Mari Cari Tau Apa Saja Jenis Makanan Dengan Kandungan Asam Folat Tinggi

Ketika anda sudah merencanakan kehamilan bersama pasangan anda tentunya sudah harus tau hal apa saja yang harus diperhatikan. Tentu asupan nutrisi yang terpenting untuk calon buah hati terus dijaga demi tumbuh kembang janin yang akan menjadi calon bayi yang sehat. Salah satunya asam folat yang sangat penting karena akan berfungsi pada perkembangan otak janin dan mengurangi resiko bayi lahir cacat. Ketika keluhan yang dialami oleh ibu hamil sudah membuat ibu merasakan males ngapain-ngapain termasuk mengabaikan makanan yang mengandung asam folat. Dan kali ini kami akan membahas pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan asam folat bagi calon ibu hamil. Apa sajakah jenis makanan dengan kandungan asam folat tinggi?

Setiap orang membutuhkan asam folat yang berbeda, salah satunya ibu yang sedang menyusui membutuhkan asam folat sebesar 500mcg setiap harinya. Nah untuk memenuhi kebutuhan asam folat tersebut anda dapat memenuhinya dengan makanan-makanan berikut :

Buah yang mengandung asam folat tinggi, walaupun pada dasarnya buah-buahan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan akan tetapi untuk jenis buah tertentu dapat membantu anda dalam memenuhi kebutuhan asam folat harian.

  1. Alpukat memiliki kandungan asam folat sebesar 90 mcg atau setara dengan 22% kebutuhan harian.
  2. Papaya kandungan asam folat dalam buah papaya lebih tinggi dari alpukat yaitu 115 mcg.
  3. Jerut selain kaya kandungan vitamin C, jerut juga mengandung asam folat dalam satu butir kurang lebih 50mcg, jika anda mengkonsumsi 2 buah jeruk telat memenuhi 100mcg.
  4. Stroberi satu cangkir jus stroberi mengandung 25mcg asam folat, anda bisa kombinasikan buah stroberi menjadi jus yang segar.
  5. Raspberi kandungan dari satu cangkir rasbery mengandung 14 mcg. Dan ini dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Adapun juga sayuran yang mengandung asam folat selain buah-buahan simak berikut sayuran apa saja yang baik dan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan asam folat :

  1. Bayam
  2. Asparagus
  3. Jagung
  4. Kentang

Makanan lain yang mengandung sumber asam folat juga akan kami beritahukan, anda dapat melengkapi cemilan dari makanan yang mengandung asam folat yang tinggi, berikut makanan yang mengandung asam folat :

  1. Roti dan sereal kandungan ini sangat tinggi asam folat anda bisa membuktikannya sendiri dengan membaca label yang terdapat didalam kemasan.
  2. Biji buang matahari dalam satu perempat cangkir terdapat kandungan asam folat sebanyak 82% mcg, selain itu cemilan ini mengandung serat yang alami bagi kesehatan.
  3. Hati sapi, anda dapat memenuhi asam folat sebanyak 70% dari 100gram hati akan tetapi batasi dalam konsumsinya dikarenakan tidak baik bagi kesehatan.

Jadi itu beberapa hal simple yang bisa anda konsumsi untuk menambah makanan yang tinggi asam folat, jangan mengabaikan hal sederhana yang bisa anda konsumsi demi tumbuh kembang janin dan ibu yang sehat.

Reply