Mari Mengenal Apa Itu Kehamilan Dengan Placenta Previa

Mari Mengenal Apa Itu Kehamilan Dengan Placenta Previa

Sebagian dari ibu hamil pasti tidak mengetahui apa itu placenta previa, nah untuk mulai membahas apa itu placenta previa, kita akan mencari tahu mengenai placenta terlebih dahulu. Plasenta memiliki peranan untuk mensuplai nutrisi Antara anda dan janin melalui tali pusar janin. Sedangkan placenta previa adalah terjadinya kondisi plasenta menempel dibagian bawah Rahim sehingga bukan berada dalam posisi normal.

placenta previa dibagi menjadi 4 jenis yaitu plasenta previa totalis, plasenta previa sentralis, placenta previa partialis, dan placenta previamarginalis. Dari setiap jenis placenta previa ini memili penyebab yang sama yaitu adanya riwayat placenta previa pada kehamilan sebelumnya, kelahiran kembar, mempunyai gaya hidup yang buruk seperti  merokok, lalu saat anda hamil pada usia melebihi 35 tahun, pernah mengalami operasi Rahim atau memiliki kelainan Rahim. Adapun gejala dari kehamilan dengan placenta previa ini adalah pendarahan vagina setelah 20 minggu kehamilan yang disertai dengan sakit dan kram.

Pada usia kandungan yang semakin tua placenta previa  dapat menyebabkan terjadinya pendarahan ( umumnya pada trimester ketiga ), serta mengakibatkan kelahiran bayi premature, dan mendapatkan tindakan persakinan berupa operasi Caesar jika memiliki kesehatan yang memburuk ,sedangkan pada kehamilan yang masih muda dapat mengakibatkan komplikasi persalinan yang disebabkan adanya plasenta yang berubah dari keadaan normalnya.

Penanganan bagi placenta previa diusia kehamilan yang muda, tentu bisa dengan menggunakan terapi ekspektif dimana terapi ini hanya untuk ibu hamil yang memiliki kesehatan yang baik serta janin yang normal. Untuk di usia kehamilan trimester akhir dapat dilakukan penanganan berupa operasi Caesar, tergantung dari jenis placenta previa itu sendiri. Dokter pun akan memantau detak jantung anda serta bayi serta memonitoring tanda-tanda vital anda, agar pendarahan dapat segera dikontrol.

Karena biasanya resiko pendarahan lebih tinggi untuk wanita dengan placenta previa, maka pasca melahirkan akan dilakukan pemantauan untuk tanda-tanda pendarahan.  Dokter pun akan memberikan obat untuk mengontrol pendarahan tersebut.

Selain itu hal yang harus diperhatikan adalah saat pendarahan, ibu akan mengalami anemia sehingga kadar hemoglobin dan zat besi dapat diberikan untuk meminimalisir gangguan kesehatan lainnya. maka dari itu konsultasikan segera jika anda mengalami riwayat placenta previa agar menjaga kemungkinan buruk pasca kelahiran anda. Itu dia informasi dari kami, semoga bermanfaat untuk kalian dan selamat menunggu lahirnya sang buah hati ya

Reply