Mari Mengenal Apa Itu Torch Pada Kehamilan

Mari Mengenal Apa Itu Torch Pada Kehamilan

Dalam merencanakan kehamilan memang penting untuk melakukan beberapa hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan  kebutuhan sang calon bayi. Salah satu yang memang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisi ibu. Pemeriksaan ini berhubungan dengan TORCH dapat dilakukan sehingga ibu dan janinterhindar dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus tersebut. namun, apakah anda semua mengetahui TORCH pada kehamilan ? mari kita simak bersama mengenai penyakit tersebut.

TORCH merupakan kepanjangan dari Toxoplasmosis, Other Infection, Rubella, Cytomegalovirus dan juga Herpes Simplex Virus. Infeksi virus TORCH ini akan membahayakan kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Salah satu dari akronim dari TORCH ini adalah toksoplasmosis yaitu penyakit yang berhubungan dengan hewan peliharaan yaitu seperti kucing dan anjing. Penyebab dari toksoplasmosis adalah parasite Toxoplasma gondil yang ada pada hewan-hewan tersebut. selanjutnya adalah penyakit Rubella yaitu penyakit campak jerman. Virus ini mudah menyebar dari satu penderita ke penderita lain melalui udara. Apabila seseorang terinfeksi rubella maka akan menimbulkan ruam pada bagian tubuh, demam, nyeri, otot, dan juga infeksi yang menyebabkan pembesaran getah bening. Sedangkan untuk Cytimegalovirus atau dikenal dengan singkatan CMV maka disebabkan oleh virus cytomegalo yang dapat menyerang wanita hamil maupun wanita yang belum hamil. Begitu pula dengan Herpes simpleks tipe 2 yang berbahaya untuk ibu hamil karena dapat menyerang alat kelamin ibu serta menyebabkan bayi lebih rentan terkena herpes apabila di menggunakan jalan lahir normal. Adapun ciri lain yaitu mengalami keputihan dan muncul bintik bintik pada alat kelamin tersebut. apabila pemeriksaan darah ibu hamil menunjukkan adanya IgG maka tidak perlu khawatir sedangkan bila ditemukan IgM toksoplasma positif maka pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan agar terhindar dari pengaruh negative dari virus yang menyerang ibu hamil.

Maka dari itu bagi ibu hamil yang terserang TORCH dapat melakukan pemeriksaan air ketuban untuk mengetahui seberapa besar infeksi mempengaruhi janin. Meskipun demikian penceegahan merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan sebelum kehamilan yaitu dengan melakukan serangkaian test kesehatan salah satunya test TORCH sehingga tidak membahayakan kesehatan janin. Makanan yang dikonsumsi pun haruslah makanan yang matang dan bersih sehingga menghindari bakteri dan virus yang memicu infeksi pada tubuh dan hal yang paling penting yang harus dilakukan ibu hamil adalah menjaga kontak langsung dengan penderita TORCH. Nah semoga informasi ini bermanfaat ya untuk kalian, selamat mencoba dan selamat menanti kehadiran calon buah hati ya

Reply