Mari Mengenal Fase Perkembangan Janin Didalam Kandungan

Mari Mengenal Fase Perkembangan Janin Didalam Kandungan

buat anda dan pasangan yang akan menjadi calon orang tua, ini penting sekali untuk di ketahui mengenal fase perkembangan janin. Kehamilan akan terjadi selama 40 minggu atau kurang lebih selama 9 bulan. Dan perhitungan kehamilan bisanya akan dimulai dihitung dari hari terakhir ketika anda mengalami menstruasi. Dalam sebuah media seorang wanita yang hamil disebut dengan gravid, diawal kehamilan janin yang ada didalam kandungan disebut dengan embrio. Anda akan mengalami hal yang baru ketika anda pertama kali mengandung anak pertama.

Ketika anda dan suami memutuskan untuk mempunyai buah hati tentu anda dituntut untuk mempersiapkan banyak hal untuk menyambut datangnya buah hati kedunia. Seorang wanita akan mengalami morning sickness diawal kehamilan ini adalah hal yang wajar, dan disertai dengan muntahan dan mual. Lalu bagaimana pertumbuhan janin dalam kandungan selama masa kehamilan?

Ketika memasuki usia 2 bulan dan diusia berikutnya embrio akan terus berkembang dan akan membentuk bagian-bagian yang utuh. Ketika usia 2 bulan embrio akan berubah menjadi janin, lalu kemudian setelah usia kehamilan semakin menua, janin akan berubah menjadi bayi. Tidak mudah untuk bayi melewati masa panjangnya didalam kandungan untuk menyempurnakan bentuknya sebelum ia dilahirkan ke dunia. Anda tidak perlu merasakan kekhawatiran ketika sedang mengalami perubahan-perubahan karena ini adalah kondisi yang normal yang dialami semua wanita yang sedang mengandung.

Lalu bagaimana proses perkembangan janin didalam kanudngan selama 9 bulan ini?

  • Kehamilan 1 bulan

Anda mulai mengalami gejala seperti telat menstruasi, perasaan mual yang disertai dengan muntah, ini sebut dengan morning sickness. Proses pembuahan akan terjadi 2 minggu dan proses ini akan terjadi setelah hari pertama anda mengalami menstruasi. Disinilah terjadi proses memproduksi sel telur yang nantinya akan membentuk embrio. Pada usia 1 bulan ini janin masih berbentuk sejumlah sel, yang dimana lama kelamaan akan membelah dan berkembang menjadi bayi yang sempurna. Ini beberapa bagian tubuh yang berkembang menjadi utuh :

  1. system syaraf si kecil dan beberapa bagian organ utama mulai mengalami perkembangan.
  2. Bagian jantung dan pembuluh darah mulai berkembang.
  3. Mulai memasuki 6 minggu, embrio mulai mengalami perubahan bentuk, akan menyerupai bentuk bulan sabit bahkan memiliki ekor dibagian belakangnya, lebih mirip menyerupai kecebong.
  4. Jika anda mulai melakukan USG dan diusia ini denyut jantung si kecil mulai terlihat dan terdengar walaupun belum jelas.
  5. Memasuki usia 7 minggu kehamilan ukuran embrio sudah lumayan besar sekitar 10mm.
  6. Dan bagian dagupun sudah mulai terbentuk dan bagian beberapa tulang rawan sudah siap untuk membentuk dirinya.
  • Kehamilan 2 bulan

Embrio akan mulai berubah menjadi janin, walaupun anda belum bisa merasakan bentuk diperut anda. Namun usia kehamilan 3 bulan ini kondisi morning sicknes yang anda alami akan semakin meningkat. Dan embrio yang berubah menjadi janin mulai mengalami perubahan yang sangat pesat. Ukuran rahim akan membesar sedikit dari biasanya. Jika sebelumnya rahim anda hanya berukuran sekepal sekarang usia 2 ulan sudah bertambah seperti seukuran jeruk bali. Ini beberapa bagian tubuh yang berkembang menjadi utuh :

  1. Wajah janin mulai terbentuk diusia kehamilan 2 bulan ini.
  2. Ekor yang terdapat di bagian belakang embrio mulai menghilang secara perlahan, dan embrio sudah disebut janin.
  3. Di usia kehamilan bagian daun telinga sudah mulai terbentuk.
  4. Jenis kelamin janinpun sudah terbentuk dan sudah bisa dipastikan.
  5. Jaringan kaki dan tangan mulai terbentuk di usia kehamilan 2 bulan ini.
  6. Bagian atas bibir dan bagian hidung mulai terbentuk.
  7. Bagian rahang dan calon gigi sudah mulai terbentuk dengan baik.
  8. Ada beberapa bagian organ mulai terbentuk dengan baik walaupun belum sempurna.
  • Kehamilan 3 bulan

Pada usia kehamilan 3 bulan ini si buah hati anda sudah mulai mendengar. Jika anda mau memberikan music untuknya anda bisa mulai dari usia 3 bulan ini. Karena di usia 3 bulan ini si kecil mulai bisa mendengar berbagai jenis bunyi, baik suara anda atau bahkan suara yang terdengar didalam perut anda. Ini beberapa bagian tubuh yang berkembang di usia 3 bulan :

  1. Bagian ovarium atau disebut dengan testis sudah bisa berkembang dengan baik.
  2. Bagian organ kelamin luar sudah bisa mulai terbentuk walaupun masih belum bisa dipastikan jenis kelaminnya.
  3. Buah hati andapun sudah bisa menghisap.
  4. Si kecilpun sudah mulai bisa menelan cairan didalam kandungan, bahkan si kecilpun sudah bisa merasakan cegukan, tujuannya untuk melatih pernafasannya.
  5. Kepala si kecil sudah berbentuk dan hampir menyerupai kata sempurna. Bagian matanya mulai berada di posisi seharusnya.
  • Kehamilan 4 bulan

Biasanya di usia kehamilan ini mulai bisa merasakan adanya gerakan janin, bentuk wajah si kecil sudah mulai terlihat jelas terutama jika anda sudah melakukan USG 4D. Ini beberapa bagian tubuh yang berkembang di usia 4 bulan :

  1. Janin di usia 4 bulan memiliki ukuran berat sebesar 140gr dengan panjang kurang lebih sekitar 13cm.
  2. Diusiai ini tempurung kepala yang terbentuk dari tulang rawan mulai mengeras.
  3. Dan juga bagian saraf tulang belakang juga mulai diselubungi atau bahkan di selimuti dengan sejumlah lapisan pelindung yang dinamai dengan nyelin.
  4. Si kecilpun sudah mulai memiliki kelenjar keringat yang mulai terbentuk.
  • Kehamilan 5 bulan

Banyak ibu hamil menanggap pada usia 5 bulan ini adalah usia hamil yang nyaman, dan masa yang paling aman untuk melakukan perjalanan jauh karena janin sudah terbentuk dengan sangat kuat. Dan pada usia 5 bulan ini perasaan morning sicknes sudah mulai hilang. Walaupun kondisi perut semakin membesar, namun di usia ini sudah bisa melakukan berbagai aktivitas seperti biasanya. Ini beberapa perkembangan pada usia kehamilan 5 bulan :

  1. Si janin sudah menyerupai bayi namun untuk ukurannya masih terbilang kecil.
  2. Organ pancreas yang dimilikinya juga mulai terbentuk dengan sangat baik.
  3. Bentuk bibir dan juga mulut sudah terlihat dengan jelas.
  4. Diusia kehamilan 5 bulan ini bagian alis dan kelopak mata mulai terbentuk dengan baik.
  • Kehamilan 6 bulan

Di usia ini anda sudah bisa berinteraksi dengan si kecil walaupun masih dalam kandungan si kecil sudah bisa merasakan sentuhan dan bisa mendengar suara dengan jelas. Banyak orang tua mengabadikan moment ini saat berinteraksi dengan si kecil, si kecilpun memberikan reaksi didalam perut dengan cara menendang/merespon. Ini beberapa pertumbuhan janin usia 6 bulan yang terjadi :

  1. Si kecil sudah bisa mendengar adanya suara, dan ia akan memberikan respon dengan gerakan seperti tendangan dari kaki kecilnya.
  2. Berat yang dimiliki sekitar 0,6kg dan panjang sekitar 34,6cm.
  3. Sudah bisa merasakan adanya aktivitas didalam rahim melalui gerakan kecilnya.
  4. Mulai mengalami cegukan.
  5. Bagian tubuhd an organ terbentuk dengan baik dan bisa melakukan tugasnya dengan sempurna.
  6. Bagian mata si kecil sudah berada di posisi sempurna.
  • Kehamilan 7 bulan

Ini merupakan usia kehamilan trimester akhir yaitu trimester ke3. Ibu akan merasakan sesak dibagian dada dan susah untuk mengatur nafasnya. Ini wajar dialami ibu hamil yang sudah berusia 7 bulan. Karena si kecil sudah siap dilahirkan, posisi kepala si kecil berada dibagian bawah perut. . Ini beberapa pertumbuhan janin usia 7 bulan yang terjadi :

  1. Si kecil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih di usia 7 bulan ini.
  2. Berat badan si kecil sudah 1kg dengan panjang 38,6 sampai 39cm.
  3. Si kecil sudah mulai terasa sangat aktif berada didalam kandungan.
  4. Ibupun sudah mulai sering merasakan ada pergerakan yang terjadi di dalam perut dan ini memperkirakan bahwa buah hati didalam kandungan tumbuh dengan sehat.
  • Kehamilan 8 bulan

Ibu semakin dipersiapkan untuk kelahirannya. Ibu harus menentukan cara persalinan. Jika anda salah satu yang memutuskan mau melahirkan dengan normal saat inilah anda mulai melakukan olahraga ringan yang memang dianjurkan untuk mempersiapkan persalinan kelak. Ini beberapa pertumbuhan janin usia 8 bulan yang terjadi :

  1. Berat badan bayi sudah sekitar 2kg dengan panjang sekitar 44cm.
  2. Sejumlah bagian organ baik bagian dalam dan luar sudah mulai terbentuk dengan sempurna.
  • Kehamilan 9 bulan

Pada usia ini perut ibu sudah berbentuk ukuran sebesar buah semangka yang kecil. Bagian paru-paru yang dimilikinya mulai berkembang dengan sangat baik. Bisa dibilang sudah terbentuk dengan sempurna. Dan buah hati sudah siap dilahirkan ke dunia pada usia 9 bulan ini. Ini beberapa pertumbuhan di usia 9 bulan yang terjadi :

  1. Pada usia ini tubuhnya sudah terbentuk dengan sempurna.
  2. Bagian organ dalamnya sudah bisa bekerja dengan sangat baik.
  3. Berat badan sudah sekitar 2,8kg dan panjang badan sekitar 48cm diusia kehamilan 9 bulan ini.
  4. Buah hatipun siap untuk dilahirkan ke dunia.

Itu dia beberapa fase perkembangan janin yang memang harus diketahui semua orang tua yang sedang menunggu calon buah hatinya lahir kedunia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang pentingnya mengetahi fase perkembangan janin selain informasi dari dokter/bidan kandungan anda.

Reply