Mari Mengenal Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini Yang Perlu Diperhatikan

Mari Mengenal Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini Yang Perlu Diperhatikan

Seperti judul memang perkembangan anak usia dini termasuk salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik. Ketika kita sudah siap menjadi orang tua tentu peran orang tua dalam tahapan perkembangan anak juga menjadi hal yang sangat penting. Proses tahap perkembangan anak dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu genetic dan lingkungan dan ini tidak bisa dipungkiri lagi. Kebutuhan dasar yang memang diperlukan anak nutrisi, imunisasi, stimulasi, tidur cukup dan aktivitas bermain, semuanya harus tercukupi.

Ketika ditanya pengertian mengenai perkembangan anak, ada banyak kita sebutkan salah satunya yaitu perubahan kualitatif dan kuantitatif yang meliputi bertambahnya kemampuan anak juga fungsi tubuh. Disini para orang tua haruslah memahami dengan pasti bagaimana proses tahapan perkembangan anak. Perkembangan merupakan suatu proses menuju kesempurnaan yang tidak bisa terulang kembali. Jadi untuk perkembang itu sendiri termasuk kedalam suatu perubahan yang bersifat tetap dan tidak akan kembali terulang.

Dan kami akan berbagi lewat artikel ini mengenai tahapan perkembangan anak usia dini. Agar orang tua bisa selalu tau dan memantau setiap perkembangan yang terjadi pada buah hatinya. Jika dirasakan ada hal yang kurang benar dengan tahap perkembangan anaknya maka orang tua bisa melakukan konsultasi pada dokter khusus anak dan jangan diabaikan ya. langsung aja kita bahas, simak berikut ini :

  1. Perkembangan anak usia 1 tahun

Pada usia pertamanya ini anak sudah bisa mengucapkan mama atau papa, dan anak sudah bisa mulai menirukan apa yang diucapkan oleh orang lain. terutama dalam hal bersosialisasi. Anak sudah merasa malu dan takut jika dirinya bertemu dengan orang asing. Anak akan merasakan sedih dan akhirnya menangis jika ditinggalkan oleh orang tua. Ia sudah bisa melakukan berbagai aktivitas kecil seperti mengambil mainannya mampu mengenali suatu barang dan menunjuknya.

  1. Perkembangan anak usia 2 tahun

Nah pada perkembangan usia 2 tahun ini, anak sudah bisa menirukan kata-kata yang diucapkan oleh orang lain ataupun orang tua. Untuk itu pada usia ini peran orang tua harus diperhatikan dalam tutur kata. Sudah mulai senang bermain dengan teman seusianya. Dan anak sudah bisa melakukan hal sederhana yang diperintahkan dengan tepat dan lebih baik dari usia sebelumnya.

  1. Perkembangan anak usia 3 tahun

Pada tahap ini sudah bisa dilihat dari berbagai emosi yang sudah mulai ditunjukkan. Anak sudah mulai memperlihatkan rasa kasih sayang pada orang di sekitarnya. Dan kemajuan yang baik dalam hal komunikasi, kemampuan anak sudah mulai membaik jika diajak berbicara.

Ini menurut usia perkembangan dini yang bisa dilihat, nah tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak atau aspek perkembangan anak usia dini perlu diketaui, simak berikut :

  • Pertumbuhan dan perkembangan fisik

Beberapa pertumbuhan dan perkembangan ini terjadi pada tubuh anak dimana berat badannya semakin bertambah, tinggi badan semakin bertambah, lingkar dada, lingkar kepala, lingkar lengan dan yang lainnya sedang mengalami pertambahan ukuran.

  • Perkembangan motorik

Ada 2 perkembangan motorik yaitu motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar yang dimaksud disini yaitu gerakan tubuh, hal ini dilakukan dengan menggunakan otot besar dan seluruh tubuh. Salah satu motorik kasar yaitu berguling, duduk, telungkup turun tangga, melompat, dan sebagainya. Untuk motorik halusnya gerakan tubuh yang menggunakan otot halus dan dilakukan oleh sebagian anggota tubuh tertentu contohnya memindahkan benda dari tempat satu ketempat lain, menggunting, menggenggam benda dan lain sebagainya.

  • Perkembangan kognitif anak usia dini

Untuk hal ini berkaitan dengan pengetahuan si kecil misalnya mempelajari lingkungan sekitarnya. Tahapan perkembangan anak ternyata prosesnya sudah berlangsung sejak dilahirkan. Tumbuh kembang anak yang baik yang sesuai dengan tahapan usianya termasuk dalam perkembangan kognitif anak.

  • Perkembangan bahasa anak

Nah perkembangan berbahasa anak menjadi salah satu indicator dan tumpuan dari seluruh perkembangan anak yang terjadi. Mengapa demikian? Karena pada kemampuannya berbahasa anda bisa mengetahui keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan yang lainnya sepeti sensori motor, psikologis, emosi, kognitif dan lingkungan sekitarnya.

  • Perkembangan psikososial

Untuk perkembangan ini meliputi aspek psikologis. Contohnya yaitu emosi anak, perkembangan diri sendiri, motivasi, hubungan akan dengan lingkungan dan dengan orang disekitarnya. Hal tahapan ini perkembangan si kecil sudah mulai dilihat dari pembelajaran tanggung jawab serta pengendalian emosinya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan anda sebagai orang tua semakin mengetahui apa saja yang baik dan apakah perkembangannya normal atau tidak. Jangan lupa untuk selalu berikan kata-kata positif dan support untuk anak agar tumbuh kembangnya semakin baik dan jangan lupa asupan nutrisi yang bergizi tidak boleh dilupakan ya bu. Semoga bermanfaat.

Reply