Mau Tau Apa Saja Pengetahuan Masa Kehamilan Di Trimester Kedua

Mau Tau Apa Saja Pengetahuan Masa Kehamilan Di Trimester Kedua

Tentunya untuk anda ibu hamil rasanya ketika memasuki tahap akhir dari trimester pertama dan memasuki trimester kedua gejala-gejala yang membuat ibu hamil tidak nyaman mulai berkurang dan berangsur hilang dan akan kembali normal. Pada trimester kedua perkembangan janin akan jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan trimester pertama. Trimester kedua dimulai sejak kandungan memasuki usia minggu ke 13 sampai minggu ke 28. Yuk kita kenali ciri-ciri apa saja pengetahuan masa kehamilan di trimester kedua :

Pada minggu ke 13 terbentuknya plasenta pada janin sudah mulai sempurna sehingga plasenta sudah bisa atau sudah berfungsi untuk menyediakan oksigen, makanan atau nutrisi serta sudah optimalnya pembuangan untuk janin, mata alis ataupun bulu mata sudah mulai terbentuk. Detak jantung janin sudah bisa di dengarkan ketika memasuki minggu ke 14 dan tahapan ini jenis kelamin janin sudah mulai terbentuk walaupun masih belum jelas atau masih samar. Perkembangan sumsum di dalam kerangka terus berkembang dengan baik saat memasuki minggu ke 15 dan pada ukuran ini janin sudah mulai berkembang.

Dan selanjutnya minggu ke 16-18 pembentukan alat kelamin sudah sempurna pada minggu ke 16 begitu juga dengan system peredaran darah yang mulai terbentuk dan sudah bisa bekerja serta berfungsi dengan maksimal. Banyak kemajuan yang sangat membuat ibu dan ayah merasa bahagia. Dan pada minggu ke 17 detak jantung bisa di dengar dengan sangat jelas menggunakan bantuan socinaid. Kerangka janin sudah terbentuk dengan rambut dibagian kepala mulai tumbuh serta sidik jari pada jari-jari sudah terbentuk halus dan masih samar. Dan pada usia minggu ke 18 janin sudah bisa mendengar dan sensitive terhadap suara bising, serta sudah bisa melihat adanya cahaya yang masuk dari dinding rahim.

Selanjutnya minggu ke 19-minggu ke 21 pada minggu ke 19 berat badan janin sekarang sudah mencapai 240gr, panjang 20,5cm. dan panca indera terbentuk didalam area khusus didalam otak. Pada minggu ke 20 usia kehamilan sudah memasuki separuh dari usia kehamilan yang normal bayi sudah bisa mendengar suara yang berasal dari luar rahim. Bahkan pembentukan lapisan dermis dibawah vernix sudah terjadi. System pencernaan bayi sudah mulai berfungsi dengan baik ditandai dengan kemampuan bayi yang sudah bisa menyerap gula dan cairan. Pada tahap ini bisa memberikan janin music ataupun kata-kata baik dari sang ibunda untuk perkembangan otaknya karena janin sudah dengan aktif mendengar apa yang di ucapkan oleh ibunya.

Masih ada minggu ke 22-minggu ke 25 ketika segalanya sudah mulai berfungsi dengan baik mulai dari system pernafasannya, bagian lipatan-lipatan di bagian dada, leher, dan selangkangan, kelopak mata sudah tampak jelas. Dan berat badan bayipun terus bertambah. Kerangka tulang janin pun sudah lebih keras.

Selanjutnya minggu ke 26-minggu ke 28 disini pergerakan janin sudah bisa anda rasakan dengan sangat jelas. Bayi sudah membuat gerakan dari pernafasan meskipun tidak ada udara di paru-paru. Dan pada minggu ini bayi semakin bertumbuh semakin sempurna, kelopak mata bayi sudah mulai membuka memasuki minggu ke 27. Sementara retina yang berada dibelakang mata membentuk lapisan yang berfungsi untuk meneruskan informasi ke otak. Dan pada minggu ke 28 janin sudah dapat membuka matanya dan perkembang fisik sudah sempurna dan juga rambut bayi tumbuh, posisi bayipun perlahan berputar dimana kepala bayi dibawah. Tetap semangat dan sabar menanti calon buah hati anda ya.

Reply