Metode Baru Perkenalkan MPASI Pada Bayi Dengan Baby Led Weaning

Metode Baru Perkenalkan MPASI Pada Bayi Dengan Baby Led Weaning

Pastinya semua bunda yang sudah mempunyai buah hati dan akan segera mempunyai buah hati rasanya tidak sabar menanti perubahan tubuh kembang akan hal baru terjadi dengan si buah hati. Rasanya pasti senang saat banyak melihat perubahan pada anak anda dan jangan lupa untuk abadikan moment tersebut. hal seperti ini yang ditunggu-tunggu lantas hampir setiap saat bunda dikejutkan dengan perubahan dan tumbuh kembang si kecil yang semakin hati semakin tumbuh sehat dan baik.

Sejak dilahirkan ke dunia, si kecil terus bertumbuh menjadi seorang bayi lucu dengan segudang kemampuan yang akan siap dieksplor seiring dengan tumbuh kembang besarnya yang begitu cepat. Waktu masih bayi gizi dan nutrisi yang diperlukan si kecil hanya diperoleh dari ASI, saat usianya sudah cukup besar dan siap yaitu 6 bulan maka makanan pendamping ASI akan dapat ibu berukan pada mereka.

Kali ini kami akan membahas metode baru perkenalkan MPASI pada bayi dengan baby led weaning. Bagi seorang bunda makanan pendamping ASI untuk pertama kalinya pada si kecil, ini moment yang ditunggu dan begitu menggembirakan. Lalu kapan sebaiknya memperkenalkan anak MPASI :

Banyak orang tua yang masih belum percaya diri dan khawatir dalam memberikan makanan pendamping pada buah hatinya. Hal ini dikarenakan mreka belum merasa cukup yakin kapan waktu terbaik seharusnya memberikan makanan untuk buah hati mereka. Sudah dikatakan bila anak anda sudah memasuki usia 6 bulan makan bunda sudah bisa bersiap-siap memperkenalkan makanan pendamping ASI pada buah hati. Namun pada usia 6 bulan bukan usia patokan yang baku. Karena setiap system pencernaan setiap orang berbeda-beda.

Apa saja tanda-tanda bayi sudah siap diberikan MPASI :

  1. Ketika bayi sudah mulai dapat menegakan kepalanya

Biasanya ini terjadi dan bisa dilakukan bayi pada usia 4-5 bulan. Leher bayi sudah mulai menjadi lebih kuat dan mampu menegakkan kepalanya sendiri. Hal ini penting menjadi pertimbangan dalam hal kesiapannya mendapatkan makanan pendamping ASI. Perubahan lehernya yang semakin lurus ini berpengaruh pada makanan yang akan ditelennya.

  1. Bayi sudah mampu membuka mulutnya lebar-lebar saat diberikan sendok

Tanda lain bayi sudah siap menerima MPASI adalah pada ketertarikan saat diberikan sendok. Bila ia membuka mulutnya lebar-lebar, ini mungkin menjadi pertanda bahwa si kecil telah siap mendapatkan makanan pendampingnya.

  1. Bayi sudah mampu duduk di high chair

High chair atau kursi khusus yang digunakan anak bayi sewaktu makan, bisa dijadikan tanda guna mempertimbangkan kesiapan bayi untuk diberikan MPASI. Sejak pertama ia diperkenalkan pada makanan pendampingnya, ia harus dibiasakan makan sambil duduk dan berada dilingkungan meja makan. Ini tahap awal dalam mendidik anak untuk bisa ikut serta makan bersama dengan keluarga dan orang tua.

  1. Bayi mulai tertarik dengan makanan yang kita konsumsi

Bayi sudah siap dengan makanan pendamping selain ASI yang diberikan oleh ibunya akan mulai menunjukkan ketertarikan dengan apa yang kita konsumsi. Ketika orang lain atau orang lain makan akan menunjukkan bahwa ia tertarik dan memandanginya.

  1. Adanya perubahan pola makan dan pola tidur

Bayi yang siap menerima MPASI biasanya akan membutuhkan makanan dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah sebelumnya, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap pola makan dan juga pola tidurnya dari yang biasanya. Misalkan menjadi lebih banyak meminum susu dibandingkan dengan biasanya. Maka bisa jadi ia sudah mulai siap untuk menerima MPASI.

Nah itulah dia beberapa tanda yang biasa jadi mengindikasikan bahwa si kecil sudah mulai membutuhkan MPASI. Pemberian makanan ini penting diberikan pada si buah hati dan sebaiknya lakukan dengan cermat dan hati-hati.

Mengenal baby led weaning

Mungkin sebagian ibu sudah mengetahui baby led weaning (BLW) dan sudah tidak asing lagi. Apakah anda dengar pengertiannya atau yang belum tau bisa liat di artikel kami. nah bila anda baru saja memiliki seorang bayi dirumah dan belum terlalu berpengalaman dalam hal mendidik dan mengurus seorang bayi, anda mungkin akan sedikit terkendala pada saat menerapkan metode yang satu ini karena pastinya anda tidak tega membiarkan anak makan sendiri namun itu harus dilatih ya bunda. Biasakan agar anak bisa berkembang dengan baik jangan terapkan system “nanti dulu masih bisa ditunda dan lainnya”

Sebab pada usia 6 bulan ini bayi sudah sangat membutuhkan makanan dengan kandungan gizi yang lebih besar denagn rasa yang lebih enak. Itulah sebabnya ibu memberikan makanan pendamping ASI pada si kecil dan menerapkan metode BLW.

Lalu apa itu baby led weaning secara garis besar si bayi diarahkan untuk dapat mengambil dan memakan sendiri makanannya. Tidak ada puree, bubur dan sejenisnya serta tidak ada pula metode suap-suapan dengan menggunakan sendok makanan finger food dan dibiarkan menyantap makanannya sendiri.

So itu dia beberapa hal yang bisa anda ketahui tentang metode baru diperkenal MPASI pada bayi dengan BLW. Jika anda ibu yang masih belum tega dan tidak mau menggunakan BLW usahakan dan belajar dari sekarang asal bunda mengawasinya itu sudah lebih dari aman. Berikan support dan kasih sayang yang bisa

Reply