Obat Cacing Untuk Anak

Obat Cacing Untuk Anak

Banyak pertanyaan di usia berapa obat cacing untuk anak bisa diberikan? Tentu memberikan obat cacing untuk anak bukan lagi suatu hal yang jarang didengar karena pada nyatanya anak memang sangat diperlukan pemberian obat cacing. sebab salah satu gejala cacingan adalah menurunnya nafsu makan. Lalu akhirnya pertanyaan di awal tadi dijawab, memang anak usia 2 tahun harus mulai diberikan obat cacing, terlebih pada anak yang susah makan. Dan jika sering menutup mulutnya ketika sudah waktunya untuk makan.

Umumnya, cacingan ini banyak terjadi pada anak usia sekolah 5-14 tahun, tapi tidak terkecuali balita. Berdasarkan info dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), gejala umum yang harus dikenali adalah lesu, tidak bersemangat, sering mengantuk, pucat dan kurang gizi. Infeksi cacing berpengaruh terhadap pemasukan, pencernaan, penyerapan, serta pengolahan makanan sehingga berakibat hilangnya protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam jumlah besar. Adapun juga dapat menimbulkan anemia, diare dan gangguan respon imun. Anak yang menderita infeksi cacing mempunyai risiko tinggi mengalami gangguan nutrisi dan gangguan tumbuh kembang. Sungguh menyedihkan bukan.

Ketika buah hati anda dengan keceriaan di usianya namun setelah mengalami ini akan membuat si kecil menjadi lesu dan memang nafsu makannya saja yang berkurang, bahkan ada beberapa situasi tidak mau makan sama sekali. Untuk itu penting sekali mengapa memberikan obat cacing karena pastinya orang tua mau melihat buah hatinya bisa buat nafsu makan menjadi lebih baik.

Bagaimana cacingan ini bisa terjadi pada anak? Bisa tertular ketika ia bermain dengan tanah. Terutama jika buah hati anda sangat suka dengan alam dan sering bermain bersama alam walaupun sekedar di halaman rumah anda. Sehingga kuman didalam tanah anak masuk walaupun sudah cuci tangan dengan bersih nyatanya masih ada bakteri yang ada di tangan si kecil.

Umumnya memang pemberian obat cacing dapat dimulai sejak anak usia 2 tahun. Hal ini, disebabkan karena pada anak usia 2 tahun biasanya sudah terjadi kontak dengan tanah yang merupakan sumber penularan infeksi cacing. Sudah mulai rasa keingin tau anak bertumbuh. Obat ini dapat diminum sebelum dan setelah makan, jadi memang bisa kapan saja. namun harus sesuai dengan petunjuk keterangan dibelakang produk. Pemberian obat cacing dapat diulang setiap 6 bulan sekali.

Lalu adakah efek yang di rasakan buah hati anda? Ada, setelah seminggu ini nafsu makan anak akan berangsur membaik. Biasanya dia makan cuma 2-5 suap tiap porsinya, sekarang sekali makan bisa habis. Terkadang juga sekali makan bisa 1-2 menu. Kemajuan yang memang diharapan ibu kepada buah hatinya.

Itu dia beberapa penjelasan yang bisa kami jelaskan. Pada intinya cacingan bukanlah sesuatu yang sangat mengkhawatirkan, sehingga jangan sampai kesenangan anak bermain di halaman dibatasi karena khawatir buah hati anda terserang cacing, yang penting kita tetap harus jaga kesehatan dan kebersihan anak. Jangan lupa mencuci kaki serta tangan setelah melakukan aktivitas, dan minum obat cacing setiap 6 bulan sekali. Jangan pernah melarangnya berkreasi sesuai dengan usianya namun harus tetap diperhatikan dan jangan sampai dilarang ya bunda.

Reply