Obat Pilek Bayi Yang Aman Untuk Buah Hati Anda

Obat Pilek Bayi Yang Aman Untuk Buah Hati Anda

Ini sebuah masalah yang harus diterima setiap orang tua jika anak anda terkena pilek atau flu. Jika anda orang tua yang pertama kali melahirkan dan belum terlalu punya pengalaman khusus bagaimana menghadapinya tentu pastinya bingung dan sibuk mencari obat yang aman untuk buah hati anda. Ini perlu menjadi catatan untuk anda dalam mencari obat untuk tidak salah pakai obat karena ini menyangkut kesehatan buah hati anda. Dan kali ini kami akan beritahukan obat pilek bayi yang aman dan ampuh jika dilakukan dengan rutin, namun jika pilek bayi semakin parah atau memburuk tidak sembuh-sembuh segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang baik, simak berikut ini :

  1. Cairan saline atau semprotan hidung. Cairan saline ini larutan air garam yang digunakan untuk melembabkan saluran pernafasan dan melunakan ingus / lendir didalam hidung. Setelah ingus melunak maka sedot cairan pada hidung bayi dengan alat sedot ingus. Namun ini harus dikonsultasikan ke dokter sebelum melakukan cara ini.
  2. Paracetamol untuk obat ini hanya boleh diberikan pada bayi usia 3 bulan ke atas ya. ini digunakan untuk meredakan gejala demam dan pilek. Jangan lupa juga untuk konsultasikan dahulu ke dokter dan jangan sembarangan.
  3. Ibuprofen yang satu ini hanya boleh diberikan pada bayi usia 6 bulan ke atas untuk membantu mengurangi gejala demam, pilek, dan nyeri pada tubuh anak. Dan jangan lupa konsultasikan lagi ke dokter dalam menggunakan cara ini.

Bila anda sudah memberikan obat pilek untuk buah hati anda sesuai yang dianjurkan namun gejala pilek dan demam tidak membaik segera konsultasikan ke dokter, terutama jika anak anda menunjukkan seperti berikut ini :

  • Demam pada bayi usia 2 bulan atau kurang.
  • Demam hingga 38 drajat atau lebih pada usia berapapun.
  • Mengalami pernafasan seperti sesak nafas, mengi, nafas cepat, terlihat lengkungan tulang rusuk setiap kali anak bernafas.
  • Bibir membiru.
  • Anak tidak mau makan, dan menunjukkan adanya dehidrasi.
  • Mengalami sakit telinga.
  • Anak rewel.
  • Mulai batuk sampai lebih dari 3 minggu.

Adapula cara alami dari bahan alami untuk mengobati pilek pada bayi yaitu :

  1. Berikan ASI lebih sering. Adanya ASI sangat baik untuk bayi karena mengandung antibody dan zat gizi lengkap lainnya yang dapat meningkatkan system imun tubuh buah hati. Dan juga menangkal virus pilek dan flu.
  2. Air hangat jika bayi anda sudah berusia 6 bulan ke atas, anda boleh berikan air hangat untuk membantu melegakan tenggorokannya.
  3. Gunakan humidifler atau pelembab udara yang bermanfaat menjaga kelembaban udara dalam rumah, sehingga buah hati dapat bernafas lebih lancar.
  4. Berikan makanan hangat untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas, makanan hangat seperti bubur sereal dapat menjadi obat pilek alami. Makanan dengan suhu yang hangat membantu melegakan tenggorokan dan mengurangi batuk dan iritasi akibat hidung meler pada bayi.
  5. Buah dan sayur yang mengandung vitamin A, dan C yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan untuk menangkal berbagai macam penyakit. Jika bayi anda berusia 12 bulan ke atas, anda bisa berikan jeruk atau mangga yang mengandung vitamin A dan C yang baik untuk daya tahan tubuhnya.
  6. Madu adalah salah satu bahan yang mudah di temukan. Dan ini salah satu obat pilek alami yang dapat membantu meredakan batuk dan pilek pada anak. Namun madu boleh diberikan pada anak usia 12 bulan ke atas ya. cukup berikan setengah sendok the madu setiap kali si kecil batuk atau pilek untuk mempercepat penyembuhan.

Semoga artikel ini membantu dan menjadikan bunda menambah wawasan pentingnya obat pilek ini diketahui semua ibu. Selamat mencoba.

Reply