Pemberian Vitamin A Untuk Buah Hati

Pemberian Vitamin A Untuk Buah Hati

Buah hati anda bisa mendapatkan vitamin A pada usia 6 bulan sampai 59 bulan dan bisa anda dapatkan di puskesmas. Biasanya jenis vitamin A yang diberikan berupa kapsul merah. Ini merupakan suplementasi vitamin A program intervensi pemberian kapsul vitamin A yang bertujuan untuk mencegah kebutaan dan untuk menanggulangi kekurangan vitamin A yang bisa dibilang masih kurang di Indonesia.

Pemberian vitamin A dilakukan 2x pertahunnya terjadi dibulan februari dan agustus. Bukan hanya buah hati anda tapi ibupun setelah melahirkan diberikan vitamin A ibu diberikan kapsul warna merah sebanyak 2x, pada rentang waktu 0-42 hari setelah melahirkan sebanyak 1 kapsul, lalu 1 kapsul lagi 24jam setelah pemberian kapsul pertama. Lalu untuk ibu yang belum tau bagaimana pemberian vitamin A berikut caranya :

  1. Ibu bisa potong ujung kapsul dengan menggunakan gunting yang memang sudah bersih dan steril.
  2. Kemudian tekan atau pencet kapsulnya dan pastikan buah hati anda menelan semua isi vitamin didalam kapsul.
  3. Jika anda ibu sudah bisa menelan obat, bisa berikan 1 kapsul untuk diminum.

Apa manfaatnya dan alasannya balita perlu mendapatkan yang namanya vitamin A?

  1. Guna meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare.
  2. Seperti dibahas di awal vitamin A sangat baik untuk mata, bisa mengurangi resiko kelainan dan penyakit pada mata, mencegah kerusakan pada mata dan kebutaan.
  3. Vitamin A esensial membantu sekali dalam proses pertumbuhan buah hati.

Itu dia beberapa manfaat pemberian vitamin A yang memang baik untuk buah hati anda, anda bisa cari di bahan makanan lainnya yang memang mengandung vitamin A. semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Reply