Pentingnya Bahasa Dalam Perkembangan Anak Usia Dini

Pentingnya Bahasa Dalam Perkembangan Anak Usia Dini

Di era modern ini tentu digitalisasi akan menjadi hal yang sangat mudah di temui di banyak tempat. Di tempat umum seperti Mall, sekolah ,tempat ibadah, dan bahkan dirumah seperti internet, TV dan banyak lagi teknologi digtal yang dapat ditemukan. Hal ini tentu bisa menjadi hal positif dan juga tidak menutup kemungkinan menjadi hal yang negative bagi tumbuh kembang sang anak. Terlebih Bahasa yang di gunakan saat ini dapat dibilang sangat vulgar dan tidak lagi mengacu pada budaya Indonesia yang penuh dengan sopan santun. Penasaran? Yuk coba cari tahu lebih banyak lagi.

Bagaimana orang tua dapat menyikapi hal ini dengan positif? Yang pertama adalah dengan menggunakan teknologi yang canggih saat ini seperti halnya interet yang dapat diakses secara mudah melalui smartphone ataupun computer dan laptop, anak-anak anda dapat mengakses konten-konten pendidikan yang memacu anak-anak untuk dapat menggali pengetahuan mereka lebih dalam lagi dengan hobi mereka masing-masing. Tentunya dengan bahasa yang baik yang layak di gunakan oleh anak-anak. Dengan bahasa Indonesia maupun bahasa inggris. Contohnya aplikasi pendidikan learning bahasa inggris, bermain kata, teka-teki anak, dan masih banyak lagi tentunya. Dengan adanya aplikasi semacam ini tentu saja dapat berperan dengan baik karena pentingnya bahasa dalam perkembangan anak usia dini saat ini yang sudah sangat berkembang dengan teknologi yang canggih.

Lalu bagaimana hal ini dapat berdampak negative bagi perkembangan anak usia dini? Tentu anda juga tahu tentang media social atau biasa di sebut sosmed yang belakangan ini menjadi salah satu aplikasi yang di gandrungi masyarakat luas untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan sangat cepat dan menjadi viral. Namun demikian cepatnya info yang beredar dengan penggunaan tutur kata bahasa yang tidak dapat di batasi bisa membuat anak-anak anda tercemar dengan bahasa pergaulan yang belum seharusnya mereka kenali, sehingga bisa merusak bahasa yang anak-anak anda gunakan nantinya di kehidupan sehari-hari. Karena memang faktanya saat ini belum ada control yang signifikan oleh keminfo untuk mengatasi masalah di aplikasi social media ini.

Menghadapi dampak-dampak yang nantinya dapat mempengaruhi tumbuh kembang bahasa anak pada usia dini mengharuskan anda sebagai orang tua harus lebih aktif lagi dan lebih mengajak anak untuk bisa selalu berkomunikasi dengan baik, selalu dampingin anak anda ketika bermain gadget misalnya, anda juga dapat mengarahkan berbagai hal positif seperti bermain teka teki dengan bahasa anak secara terpadu dan mudah di megerti anak yang nantinya bisa menumbuhkan tumbuh kembang bahasa pada anak anda. Sebisa mungkin jangan biarkan anak anda bermain gadget tanpa pengawasan anda karena dapat berbahaya nantinya. Hal ini karena rasa ingin tahu anak usia dini sangatlah besar, sangat rentan bagi anak-anak anda nantinya mengakses konten yang tidak seharusnya mereka akses. Demikian artikel ini dibuat untuk memberikan informasi pentingnya bahasa dalam perkembangan anak usia dini, semoga bermanfaat.

Reply