Penyebab Dan Cara Mengatasi Gtm, Lalu Apa Itu Gtm?

Penyebab Dan Cara Mengatasi Gtm Lalu Apa Itu Gtm

Apa itu gtm? Gtm adalah (gerakan tutup mulut) nah istilah ini untuk seorang anak yang enggan makan makanan yang diberikan oleh orang tuanya. Setiap tumbuh kembang anak memang berbeda-beda ada yang memang mudah saja untuk makan tapi ada juga yang sulit sekali dibujuk untuk makan sampai orang tua harus memutar otak hal apa yang buat si kecil sampai tertarik untuk membuka mulutnya. Nah disini peran orang tua sangat diuji. Menemukan solusi untuk mengatasi gtm merupakan prioritas para orang tua terutama ibu.

Perlu diketahui penyebab anak yang gtm pasti ada sebabnya. Nah penyebab inilah yang harus diidentifikasi terlebih dahulu. Lalu apa penyebab dari gtm? Simak berikut ini kami akan membahasnya yang sedang dialami oleh anak dengan usia mulai 6 bulan sampai 3 tahun :

  1. Sakit mulut

Sama seperti orang dewasa yang mengalami sakit pada bagian mulut dan menimbulkan gtm pada anak. Ada memang anak yang pintar sudah bisa menyampaikan apa yang ia rasakan namun ada juga yang tidak. Misalkan ketika sakitnya dimana ia akan menunjukkan lokasinya dan kita mulai berfikir bahwa ada yang tidak beres di mulut si kecil simak berikut ini apa saja penyebabnya :

  • Sariawan
  • Sakit gigi
  • Sakit tenggorokan
  • Lidah tergigit
  • Gusi luka
  • Gigi baru saja tumbuh
  • Nah ini disarankan untuk dibawa ke dokter untuk diperiksa dan diberikan saran pengobatannya.
  1. Anoreksia fisiologis

Yang kedua ini penyebab gtm yang meresahkan karena anak terlihat tidak mau makan dan semakin kurus. Namun ini tidak mengalami gejala yang aneh seperti lemas dan tidak bersemangat hanya saja tidak mau makan. Secara fisiologis, badan bayi akan secara otomatis memberikan sinyal gtm ke otak agar asupan makan berkurang. Hal ini tercermin dalam tingkah laku bayi ketika menangis atau menolak ketika diberikan makanan. Nah identifikasi akan hal ini dapat dilakukan ketika anak mulai tidak mau makan tetapi keadaan baik-baik saja. untuk lebih jelas konsultasikan ke dokter anak. Apakah anak anda mengalami anoreksia fisiologis atau tidak.

  1. Bosan dengan cita rasa makanan

Yang ini ketika gtm disebabkan oleh anak yang bosan dengan makanan yang mempunyai cita rasa itu-itu saja. misalkan ibu buat berbagai macam sup memang supnya berbeda-beda dimixnya namun takaran bumbunya sama saja, nah ini yang disebut cita rasa. Dan buah hati anda biasanya bosan dengan cita rasanya. Cara mengatasinya coba cari beberapa referensi bahan-bahan dan bumbu dari teman atau saudara anda pastinya setiap orang punya caranya sendiri masak makanan untuk buah hati. Anda bisa mencobanya agar buah hati merasakan perbedaannya.

  1. Trauma

Trauma bisa jadi penyebab anak melakukan gtm. Seringkali tanpa disadari oleh orang tua ternyata anak bisa mengalami trauma tertentu sehingga tidak mau makan. Ini yang paling susah di identifikasi karena penyebabnya tidak diketahui. Ketika anak mendapatkan serangga mengigit kaki mungilnya misalkan saja warna hijau dan ini buat si kecil trauma dengan warna hijau sehingga ia tidak mau makan sayuran yang hijau seperti brokoli dan sayuran bayam padahal ini sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Nah disini tugas orang tua untuk lebih peka mengurus anak sangat harus diperhatikan agar tidak terjadi yang namanya trauma dianak kita.

Itu dia beberapa gtm yang rata-rata terjadi pada anak usia 6bulan hingga 3tahun. Semoga artikel ini membantu untuk anda bunda yang memang belum faham apa itu gtm dan apa penyebabnya. Ketika kita mau menghindari hal-hal diatas agar tidak terjadi pada anak kita, coba untuk lebih sabar dan peka dalam mengurus anak ya ibu. Semoga bermanfaat.

Reply