Penyebab Muncul Flek Berkepanjangan Setelah Kb Suntik

Penyebab Muncul Flek Berkepanjangan Setelah Kb Suntik

Ada beberapa wanita yang menghindar dari program kb suntik maupun kb kapsul dikarenakan beberapa dari mereka mendapatkan dampak negative bagi mereka setelah melakukan kb suntik atau kapsul seperti salah satunya adalah muncul flek berkepanjangan. Namun, mari kita bahas dan kenali dulu apa itu KB suntik?

KB suntik merupakan kontrasepsi hormonal yang memiliki efektifitas hingga 99% untuk anda yang ingin menunda kehamilan untuk sekarang. Kb suntik ini bekerja dengan menyuntikannya ke dalam tubuh sehingga dapat mengentalkan lendir Rahim dan menghambat pembuahan dan juga mencegah sel telur menempel pada dinding Rahim. Kb suntik ini berjangka waktu 3 bulan dan tidak diberikan pada ibu hamil, kanker organ reproduksi, kanker payudara, serta penderita darah tinggi lainnya. Adapun beberapa manfaat yang diberikan oleh KB suntik ini bagi wanita yang memang belum ingin hamil. Seperti meningkatkan efektifitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan, tidak menganggu kesabaran pada wanita dan juga cocok untuk ibu yang sedang menyusui karena tidak berpengaruh pada produksi ASI itu sendiri.

Penyebab muncul flek berkepanjangan setelah KB suntik juga merupakan salah satu efek samping yang dialami oleh wanita. Sebenarnya flek tersebut tidak berbahaya dan juga akan berkurang dengan sendirinya jadi, anda tidak perlu khawatir. Namun, jika anda tidak nyaman dengan munculnya flek atau spooting maka anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang mengerti masalah tersebut untuk memilih jenis alat kontrasepsi yang lain. Adapula efek samping dari konsumsi KB suntik, diantaranya adalah bagi wanita penderita hipertensi atau diabetes, KB akan meningkatkan resiko yang lebih tinggi dibanding dengan wanita yang tidak memiliki riwayat tersebut. penyuntikan hormone juga akan memicu reaksi lapar dan pastinya akan meningkatkan berat badan.

Kalian bisa menggunakan kontrasepsi non hormonal jika tidak ingin mengalami kondisi seperti ini. KB suntik juga menimbulkan gangguan pada haid seperti amenore yang bersifat sementara. Kesuburan pun akan datang terlambat karena terhambat  jika ingin merencanakan kehamilan kembali. Apabila KB suntik dihentikan, menstruasi tidak segera datang dikarenakan tubuh perlu beradaptasi kembali dengan normal sehingga membutuhkan 3-6 bulan untuk memproduksi hormone kembali. Terakhir adalah timbulnya pendarahan atau spotting atau flek dalam kurun waktu yang panjang. Hal ini terjadi pada wanita yang baru sekali melakukan KB suntik, untuk seterusnya flek ini akan berkurang.

Itu dia informasi dari kami mengenai flek Penyebab muncul flek berkepanjangan setelah KB suntik. Semoga artikel ini bermanfaat dan tentunya kalian bisa lebih bijak untuk mempertimbangkan ingin melakukan program KB atau tidak.

Reply