Penyebab Selangkangan Terasa Ngilu Saat Kehamilan 35 Minggu

Penyebab Selangkangan Terasa Ngilu Saat Kehamilan 35 Minggu

Tentunya kehamilan memang menjadi anugerah yang besar bisa terjadi di tengah-tengah pasangan yang baru saja menikah. Banyak wanita mendambakan mendapatkan kehamilan dengan cepat. Ketika proses hamil terjadi dengan cepat tentu setiap calon ibu akan merasa senang dengan kabar gembira setelah cek ke dokter. Namun ada beberapa wanita yang mengalami kehamilan pertama minimnya pengalaman membuat keluhan kecil seringkali menjadi masalah yang berdampak kekhawatiran yang besar. Tentunya semua ibu hamil melindungi dan ingin janin selalu berkembang sehat dan baik-baik saja.

Menjalani kehamilan memang menjadi proses panjang yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Tentunya segala apapun yang terjadi harus dirasakan penuh dengan rasa bersyukur. Menyambut calon buah hati anda bersama dengan pasangan adalah hal yang ditunggu-tunggu. Terjadinya keluhan kehamilan yang cukup menyiksa tidak bisa anda hindari karena itu sudah sewajarnya. Salah satunya seperti kondisi ngilu pada bagian selangkangan saat usia kehamilan sudah memasuki trimester ke 3. Tak sedikit ibu hamil dengan usia kehamilan 34 minggu keatas akan mengalami kondisi ini. Untuk itu kali ini kami akan membahas penyebab selangkangan terasa ngilu saat kehamilan 35 minggu, mari simak berikut ini :

Bagi anda calon ibu baru tentu berbagai rasa yang dirasakan membuat anda panic dan takut. Banyak yang menganggap bila kondisi ini menjadi pertanda bayi akan segera lahir. Namun ada juga yang berfikir bahwa terjadi sesuatu dengan kandungannya. Benarkah? Simak berikut ini.

Usia kehamilan pada trimester ke 3 membuat usia kehamilan ibu sudah semakin matang, perkiraan kelahiran pun sudah bisa di ambil pada waktu itu. Sebuatan yang tadinya janin sekarang sudah berubah menjadi bayi. Tentunya setiap harinya ibu hamil mengalami perkembangan yang cepat. Tentu di trimester pertama semakin dirasakan banyak keluhan.

Pada usia ini ukuran bayi sudah semakin membesar dan merekapun akan mulai mencari jalan dan posisi yang tepat untuk mencari jalan dan posisi yang tepat untuk di lahirkan. Dan keluhan yang akan di hadapi nyeri pada bagian vagina serta rasa ngilu yang timbul pada bagian selangkangan. Dan kedua keluhan itu dapat timbul karena dipengaruhi oleh beberapa factor :

  • Janin yang mulai masuk pada bagian pinggul sehingga kondisi ini membuat kepala janin menjadi turun dan menekan struktur pada bagian dalam panggul ibu.
  • Leher rahim ibu yang ukurannya mulai melebar dalam rangka mempersiapkan kelahiran dijabang bayi.
  • Ukuran rahim yang membesar dan menyebabkan penggantung pada rahim menjadi tertarik ke bawah.
  • Gerakan bayi yang semakin aktif dan kuat pada masa inipun dapat menyebabkan rasa sakit dan ngilu muncul.
  • Factor yang terakhir adalah kelelahan. Kondisi ini bisa saja terjadi saat aktivitas yang ibu lakukan terlalu berat atau terlalu banyak.

Itu dia beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi nyeri dan ngilu pada selangkangan dapat di rasakan. Pada umumnya, kondisi diatas adalah hal yang wajar dan normal terjadi. Hanya saja ketika ibu mengalami rasa sakit yang berlebihan berkonsultasilah dengan dokter. Jadi tetaplah sehat dan jangan lupa untuk cari informasi apakah penyebabnya dan cara solusinya.

Reply