Perbedaan Kehamilan Pertama Dengan Kehamilan Kedua?

Perbedaan Kehamilan Pertama Dengan Kehamilan Kedua

Bunda salah satu ibu hamil yang sedang mengandung anak keberapa? Satu atau dua? Tentunya untuk bunda yang mengalami kehamilan pertama seringkali ditanggapi dengan kecemasan dan kekhawatiran. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman calon ibu menjadi alasan adanya tekanan mental yang menggangu kesehatan psikis ibu hamil. Riwayat kesehatan dikehamilan pertama dapat dijadikan acuan untuk kehamilan selanjutnya. Banyak yang bertanya apakah benar kehamilan kedua lebih mengasyikan dibanding kehamilan pertama? Kehamilan bisa terjadi pada setiap wanita. Kehamilan juga ditentukan oleh kesuburan wanita, selama wanita mengalami menstruasi masih ada kemungkinan pembuahan / kehamilan terjadi.

Setiap ibu hamil mempunyai keluhan yang berbeda-beda, mau itu kehamilan pertama / kedua. Ketika kehamilan pertama sudah anda rasakan berfikir dikehamilan kedua pastinya tidak mudah dilewati namun masih ada pula ibu hamil yang masih merasakan kekhawatiran dikehamilan kedua. Hal ini dikarenakan beberapa perubahan baik secara fisik, berhubungan dengan berat badan yang semakin bertambah pada ibu hamil di kehamilan selanjutnya. Dengan bertambahnya usia beberapa kondisi kesehatan yang mulai terganggu atau juga perubahan hormone yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan kehamilan pertama.

Dikarenakan kehamilan dipengaruhi oleh beberapa factor, baik kesehatan ibu danjanin maka pada masing-masing ibu hamil memiliki riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Mari simak berikut ini perbedaan kehamilan pertama dengan kehamilan kedua yang rata-rata ibu hamil merasakannya :

  1. Kehamilan lebih singkat

Bagi anda ibu hamil yang sedang memasuki kehamilan kedua, seringkali merasakan kehamilannya lebih cepat. Dikarenakan ibu sering kali sibuk dalam merawat dan memperhatikan anak pertama sehingga keluhan dikehamilan kedua jarang dirasakan. Untuk itu anda bisa mengikuti program kehamilan, sehingga memiliki usia yang ideal.

  1. Perubahan fisik yang terlalu cepat di kehamilan kedua

Tentunya usia menjadi salah satu factor yang menentukan kondisi kehamilan pada usia lanjut. Sehingga seringkali ibu hamil di kehamilan kedua mengeluhkan kondisi fisik yang terganggu. Perubahan fisik yang timbul lebih cepat inilah yang menyebabkan kehamilan kedua seringkali terganggu. Kenaikan berat badan yang lebih besar dari kehamilan pertama atau mengalami sakit pinggang yang lebih sering.

  1. Pergerakan bayi lebih cepat

Perbedaan yang seringkali di rasakan ibu hamil anak kedua yaitu pergerakan janin yang lebih cepat. Dikehamilan pertama ibu sering merasakan pergerakan ketika usia kandungan 5 bulan. Sedangkan dikehamilan kedua terasa lebih awal atau cepat yaitu pada usia kandungan 4 bulan.

  1. Proses persalinan

Ketika anda sudah merasakan persalinan dikehamilan pertama ini bisa menjadi acuan untuk anda lebih bisa mempersiapkan mental dipersalinan selanjutnya. Hal yang tidak boleh di lewatkan bagaimana proses persalinan anda dikehamilan pertama karena merupakan pengalaman yang berharga. Jika anda punya kesan dan pesan yang tidak enak anda bisa jadikan pelajaran agar lebih antisipasi dipersalinan kedua / seterusnya.

Reply