Perkembangan Bayi 1 Bulan

Perkembangan Bayi 1 Bulan

Pada perkembangan bayi 1 bulan ini adalah awal baru untuk buah hati anda sudah berhasil melewatinya. Ibupun semakin harus cermat dengan apa yang bayi dapatkan pada sama perkembangannya ini. Ketika bayi di lahirkan tentu kulitnya masih belum mulus dan masih ada kerutan-kerutan setelah 1 bulan ini bayi tampak lebih bersih dan kerutannya sudah mulai menghilang. Tulang kaki dan tangan masih terlihat bengkok namun semakin lama ini terlihat wajar. Gerakan yang dilakukan bayi 1 bulan mungkin mencakup kepalan tangan atau jari kita ketika kita letakkannya di tengah-tengah tangan bayi.

Setelah kelahiran buah hati kedunia sebagai orang tua baik itu ibu atau ayah harus semakin mengerti sinyal-sinyal yang berusaha diberikan si kecil untuk kita. Mulai dari suaranya dan tatapan matanya. Seriring dengan bertambahnya usia, maka semakin berkembang pula cara buah hati anda menyampaikan komunikasinya kepada kita.

  • Pola bahasa bayi

Pembahasan kita tentang perkembang bayi 1 bulan dimana bayi berusaha berkomunikasi dengan orang sekitar mereka. Pada perkembangan ini yang sering kami jumpai yaitu tangisan bayi, fungsi tangisan bayi dapat di artikan sebagai arti yag menyangkut dengan apa yang sedang bayi utarakan terutama pada orang tuanya. Biasanya pada minggu usia 1 bulan ini tangisan bayi harus kita cermati misalkan saja bayi lapar. Ketika buah hati sudah lahir kedunia semakin besar juga tanggung jawab anda sebagai ibu yang harus memahami dan mengerti buah hati anda dan harus memperhatikan kesehatan bayi melewati pemberian ASI. Atau bisa saja tangisan bayi sebagai pertanda bahwa ia tidak nyaman berada di lingkungannya saat itu mungkin saja kepanasan atau kedinginan. Dan terkadang juga pola bahasa bayi/tangisan bayi menandakan bahwa bayi butuh perhatian lebih mungkin saja sekedar pelukan dan belaian dari orang tuanya.

Sesering mungkin ajak buah hati anda berkomunikasi dengan anda. Walaupun bayi anda belum sepenuhnya memahami bahasa anda namun perlahan buah hati anda akan mengerti. Alasan utama yang harus diingat pentingnya interaksi dibutuhkan antara orang tua dengan anaknya guna merangsang otak bayi agar dapat menangkap banyak kosakata yang nantinya akan ia gunakan sebagai caranya berkomunikasi. Hal-hal yang bisa anda terapkan sebagai bentuk komunikasi bisa melewati suara-suara dibuku cerita, media kaset, dan juga buku cerita bergambar bisa menjadi hal yang bagus untuk merangsang komunikasi perkembangan buah hati anda di usia 1 bulan ini.

Namun sangat disayangkan masih banyak orang tua belum bijak dan belum terlalu mengusai berbagai caranya berkomunikasi dengan cara sesimple ini di era jaman sekarang. Sehingga banyak sekali dampak negative yang sangat buruk untuk perkembangan buah hati di usia 1 bulan. Nah berikut ini kami akan memberikan beberapa informasi bagaimana mengaplikasikan atau mempermudah komunikasi orang tua dengan anak yang baik :

  1. Harus natural apa yang dimaskud harus natural? Anda harus berkomunikasi dengan wajar, hindari berkomunikasi karena terpaksa atau tuntutan peran anda sebagai orangtua. Namun biasanya beberapa orang tua sudah memahami caranya komunikasi alami dengan bayi karena pada dasarnya orang tua mempunyai cinta yang besar pada buah hatinya. Untuk anda salah satu orang tua yang memang seperti ini tidak terlalu susah lagi karena komunikasi berupa ucapan, belaian kasih sayang dan lainnya dapat dilakukan dengan alami tanpa adanya kesulitan.
  2. Pembicaraan itu wajib anda sebagai orang tua khususnya ibu melakukan pembicaraan dengan buah hati itu adalah penting yang harus dilakukan dengan sesering mungkin. Contohnya ketika anda sedang menyusuinya anda bisa mengajaknya berbicara mengenai apakah sudah enak dan nyaman posisi menyusuinya, lalu bisa ucapkan maaf jika ibu terlambat memberikan susu terhadap anaknya walaupun beberapa menit saja.
  3. Pembatasan kalimat yang dimaksud disini anda tidak perlu menggunakan kalimat yang panjang dan rumit yang tidak bisa dimengerti buah hati. Gunakan kalimat singkat namun kaya makna dan dapat menekankan bahwa apa yang dimaksud ibu, bayipun bisa lebih tanggap dalam memahami.
  4. Menyalah gunakan empeng merupakan salah satu kesalahan fatal yang sering digunakan buah hati anda. Pada nyatanya bayi yang terlalu lama menggunakan empeng cenderung akan terlambat perkembangan bahasanya dibanding dengan yang tidak terlalu lama menggunakan empeng. Dan ini perlu menjadi perhatian khusus untuk ibu.

Dan perlu menjadi tambahan untuk semua para ibu, bahwa ibu adalah peran yang memiliki kedekatan lebih baik dibandingkan dengan ayah atau orang lain. untuk itu apa yang di berikan oleh ibu memiliki potensi yang sangat penting untuk mengembangkan kemampuannya berbahasa bayi lebih baik. Seperti yang sudah dibilang diatas sesering mungkin ibu jangan capek untuk melakukan kontak fisik dengan buah hatinya yang tujuannya untuk menambah kedekatannya baik dengan cara berkomunikasi atau ikatan batin dan ini berlaku juga untuk perkembangan anak dikemudian hari bagaimana ketika bertemu dengan orang lain yang tidak ia kenali. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda sebagai orang tua yang bijak.

Reply