Perkembangan Bayi 2 Bulan

Perkembangan Bayi 2 Bulan

Ketika kelahiran buah hati anda kedunia pasti segala hal jadi berbeda, semakin menambah kebahagiaan di tengah-tengah keluarga kecil anda bersama suami. Tentu ketika dari awal suami dan istri sudah merencanakan hadirnya buah hati segala hal sangat perlu dipersiapkan mulai dari tanggung jawab menjadi calon orang tua dan setelah hadirnya buah hati penting sekali mengetahui setiap tahap perkembangannya untuk membantu mengoptimalkan proses tersebut. Dengan kehadirannya buah hati kedunia jangan pernah dijadikan beban untuk orang tua yak arena buah hati merupakan anugerah yang luar biasa yang harus dijaga dan ingat tidak semua tumbuh kembang anak dapat setiap orang tua dapatkan jika anda salah satu yang sudah mendapatkannya jaga dan rawat. Dan kali ini kami akan membahasnya bagaimana perkembangan bayi 2 bulan.

Bobot tubuhnya yang semakin berkembang dengan pesat. Pada bulan ke 2 ini mungkin ada beberapa orang tua yang menyadari perubahannya ada juga yang tidak terlalu menyadarinya. Berikut kami akan membahasnya apa saja perubahan yang terjadi tanpa anda sadari :

  1. Indera penglihatan mulai berkembang

Pada dasarnya bayi belum bisa melihat dengan sempurna. Nah untuk bayi yang sudah memasuki perkembangan 2 bulan perlahan penglihatannya mulai berfungsi dengan baik. Sekarang buah hati anda mulai bisa melacak gerakan wajah dan tangan anda. Bagaimana cara mencari taunya? Anda bisa melihat dari gerakanmata dan wajah si kecil yang mengikuti gerakan anda. Untuk melatihnya lagi coba gunakan mainan gantungan letakkan sekitar 20cm dari wajahnya.

  1. Mengenali suara

Perkembangan kedua yang terjadi pada buah hati anda usia 2 bulan yaitu indera pendengarannya. Si kecil sudah memiliki kemampuan dalam membedakan dan mengenali suara. Dan si kecil akan lebih responsive terhadap suara orang yang ada didekatnya yaitu anda sebagai orang tua yang sering dekat dengannya. Dan buah hati anda bisa membedakan mana suara orangtuanya dan suara orang yang baru pertama kali bertemu.

  1. Perkembangan motorik

Kemampuan motorik bayi 2 ulan sudah semakin meningkat. Contohnya yaitu ketika anda meletakan jari telunjuk maka si kecil akan berusaha menggengam jari anda. Jika buah hati anda sudah bisa melakukan ini bisa berikan mainan yang aman yang bisa digenggamnya untuk melatih kemampuan motoriknya.

  1. Kemampuan mengontrol

Pada usia 2 bulan ini kemampuan si kecil dalam mengontrol setiap gerakan tubuhnya sudah semakin seimbang. Bagaimana bisa dilihat? Ketika si kecil tengkurep akan berusaha mengangkat kepalanya dan sudah memiliki kemampuan dalam menegakkan leher. Dan diusia ini leher si kecil semakin kuat.

Buah hati anda akan menunjukkan beberapa reaksi ketika ia merasa tidak nyaman. Cara berkomunikasi di usia ini baru bisa ditunjukkan melalui tangisan saja. tangisan yang rewel ibu tidak perlu panic karena ini bentuk dari komunikasi namun tetap di perhatikan apa yang buah hati inginkan dan hal yang perlu anda lakukan yaitu bersikap responsive dan lebih peka dalam menanggapinya. Berikan selalu pengawasan yang tepat namun jangan pernah melarang buah hati anda melakukan apapun yang sekiranya tidak membahayakan dirinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda menjadi orang tua yang lebih bijak.

Reply