Perkembangan Bayi 3 Bulan

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Ketika buah hati anda sudah memasuki perkembangan usia 3 bulan jangan lupakan untuk selalu bersyukur ya bunda karena karena anugerahnya yang luar biasa buah hati bisa berkembang dengan baik sampai usia 3 bulan. Pada bulan 3 ini bayi sudah mulai aktif dan mulai belajar banyak hal seperti mengenali dan membedakan wajah ibu dan ayahnya. Berkembangnya usia 3 bulan ini sungguh tidak disangka banyak orang tua karena perkembangan yang cukup pesat sudah mulai dirasakan orang tua melihat buah hati kecilnya.

Mulai mengamati benda-benda yang berada didekatnya dan mulai ingin menyentuh benda-benda tersebut. Bayipun sudah mulai sadar akan gerakan reflek yang biasa ia lakukan. Bayi suka menggengam pada usia 3 bulan ini sudah mulai hilang kebiasaannya itu. Bayi sudah bisa menggerakan tangan untuk menyentuh benda-benda dan perkembangan jarinya sudah semakin maju dengan pesat. Pada usia ini bayi sudah bisa memandang dan melambaikan tangan walaupun gerakannya masih terbilang asal.

Pada perkembangan bayi 3 bulan ini sebagai orang tua jangan sampai lengah ketika ia beraktivitas. Karena ia sudah mulai penasaran dan memasukkan benda-benda yang ia raih dan dimasukkan kedalam mulutnya. Usia 3 bulan ini bayi mulai suka mendengarkan suara-suara asing dan suara dirinya sendiri. Tentu orang tua sudah mengambil kesimpulan untuk perkembangan bayi di usia 3 bulan ini untuk lebih selektif dan pintar memilih mainan dengan bahan terbuat dari karet yang aman dan ujungnya yang tumpul. Jangan biarkan mainan yang ia mainkan mengandung bahan perwarna yang bisa kemungkinan luntur dan dimasukkan ke dalam mulut bayi. Anda bisa membelikan mainan yang bisa mengeluarkan bunyi atau suara seperti buku cerita yang bisa mengeluarkan suara ini baik untuk melatih telinga bayi agar lebih aktif, jika mainannya bisa digantung anda bisa menggantungnya diatas box tempat tidurnya.

Anda sudah bisa mulai memperkenalkan buah hati anda di dunia luar. Anda bisa mengajaknya jalan-jalan disekitar rumah saja. dan juga anda bisa memperkenalkan diawal dengan suara-suara yang lembut. Bayi andapun pada usia ini sudah bisa menyebutkan beberapa suara yang bisa dikeluarkan walaupun belum jelas dan kencang. Sudah bisa diajak berkomunikasi dengan cara menggerak-gerakan tangannya. Iapun sudah menggambarkan raut muka gembira, sedih, marah dan lain sebagainya. Di usia ini bayi sudah bisa menunggu ketika sang ibu ingin memberikannya sesuatu. Sudah jarang menangis jika lapar dan hanya sekedar merengek saja.

Adapula tips dan saran yang bisa kami berikan untuk mengembangkan tumbuh kembangnya yaitu gendonglah bayi dengan posisi duduk dan bayi bersandar pada dada anda. Ini akan membuat bayi merasakan lebih bebas mengeksplorasi benda-benda disekitarnya. Dengan cara menggendong dengan posisi duduk bayi akan lebih jarang rewel dan menangis. Semakin berkembangnya usia bayi semakin orang tua terutama ibu mulai bisa mengenali karateristik emosional bayi anda. Cobalah mengerti ketika ia sedang marah, meminta sesuatu yang ia mau, tertawa. Jika anda seorang ibu pekerja sebelum anda meninggalkan buah hati untuk berangkat kerja jangan lupakan untuk tetap jujur jika anda mau berangkat kerja. Dan usahakan bisa mempunyai waktu untuk tetap memberikan susu kepada buah hati dan berikan buah hati anda untuk dijaga dengan orang yang dipercaya.

Semoga artikel ini membantu dan menambah wawasan anda tentang pentingnya mengetahui perkembangan bayi usia 3 bulan. Semangat bunda.

Reply