Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Tidak terasa perkembangan bayi usia 4 bulan di tahun ini sudah dimiliki buah hati anda. Sudah terasa cepat dan orangtuapun merasakan perubahan yang terjadi dibuah hati anda. Banyak hal yang terjadi perkembangannya yang sangat baik di usia 4 bulan ini. Dan kami akan membahasnya melalui artikel kali ini. Suara dan canda tawanya sudah bisa dilihat bahwa buah hati mengalami perubahan yang semakin bertumbuh. Rasanya pasti setiap orang tua melihat tumbuh kembang anak dengan baik rasanya bersyukur sangat senang bahwa orangtua sudah berhasil melewati dan memberikan yang terbaik untuk tubuh kembang buah hati.

Kemampuan bayi sudah mulai bisa tengkurep ditunjukkan di usia 4 bulan ini. Saat ia sedang tengkurep bayi akan berusaha memandang kedepan dengan cara mengangkat kepala dan bahunya dengan bertumpuh pada tangannya. Walaupun masih sering jatuh usahakan orang tua mengawasi dan memberikan tempat yang aman saat ia mulai tengkurep. Ketika buah hati berusaha bertumpuh pada tangannya saat itu juga ia melatih otot-otot tangannya. Bayi sudah pintar memindahkan dirinya dengan cara berguling-guling. Dan hal ini membantu buah hati berkembang. Bagaimana caranya agar bayi tertarik dan mau menggulingkan tubuhnya? Caranya coba menempatkan benda yang menarik disampingnya tujuannya agar dia tertarik dan berguling. Berikan tanda rasa bangga orang tua terhadap anaknya dengan memberikan tepuk tangan jika ia berhasil meraih benda tersebut dan berikan kata-kata bahwa buah hati anda pintar.

Perkembangan lainnya juga bisa dilihat ketika buah hati menyukai suatu benda ia akan berusaha memegangnya dengan erat namun karena kekuatan memegangnya belum terlalu baik maka benda yang ia pegang suka jatuh kembali. Sudah senang sekali memasukkan benda yang ia pegang kedalam mulutnya. Disini peran orang tua untuk semakin harus bijak dalam memperhatikan buah hatinya. Anda bisa mencoba memberikannya banyak mainan tujuannya melatih seluruh otot-otot didalam tubuh si kecil.

Membahas tentang apa yang bayi konsumsi pada usia 4 bulan ini sudah bisa mengkonsumsi keinginannya lebih jelas dan disini orangtuapun harus bisa lebih jeli lagi memhami keinginannya jika masih dikategori wajar. Pada usia ini bayi sudah bisa merasakan emosi orangtuanya. Jika anda dan suami ada masalah yang harus dibicarakan usahakan untuk tidak didepan anak-anak. Jika anda berbicara dengan buah hati dengan nada tinggi maka respon buah hati akan diam dan ia sudah bisa mengenali dari raut muka ibunya setiap saat. Untuk itu pintar-pintar ya bunda menyembunyikan perasaannya kepada buah hati anda karena ini akan berpengaruh juga kepada anak anda. Lebih perbanyak waktu untuk buah hati anda dengan mengajaknya bercanda, mengobrol, dan bermain ini adalah bentuk cara anda membentuk karakternya.

Ketika usia buah hati anda sudah 4 bulan setiap anda berinteraksi itu akan mempengaruhi dan membentuk karakter yang nantinya menunjukkan buah hati anda seperti apa. Untuk itu bagi orangtua manfaatkan perkembangan usia 4 bulan ini sebaik-baiknya agar buah hati anda dimasa depan menjadi orang yang berkualitas dan mempunyai karakter yang baik. Selain itu pada usia 4 bulan hal yang paling menyenangkan adalah ketika ia di mandikan. Bayi pada usia 4 bulan senang sekali bermain air/mandi karena berkecipak didalam air dan membuat suara yang ia sukai hal yang harus diwaspadai jangan pernah meninggalkan buah hati anda ketika sedang mandi dan usahakan anda focus ketika ia sedang dimandikan jika ada hal mendadak coba amankan dahulu buah hati anda dengan jangkauan anda dan suami. Semoga artikel ini bermanfaat dan semangat bunda dan ayah demi tumbuh kembang yang baik untuk buah hati anda.

Reply