Perkembangan Janin 11 Minggu

Perkembangan Janin 11 Minggu

Saat ini usia kehamilan anda telah masuk pada periode trimester pertama dari 3 trimester periode kehamilan. Perkembangan janin dalam rahin ibu berkembang begitu pesat. Setiap detiknya janin dirahim terus berkembang dan bertumbuh tentunya ini didukung dengan asupan nutrisi dan gizi yang ibu berikan. Kali ini kami akan membahas perkembangan janin 11 minggu. Dimana bayi anda sudah bisa disebut janin bukan lagi embrio. Karena organ-organ pada bayi dalam kandungan sudah terbentuk menjadi manusia kecil. Mata, telinga, hidung, dan semua organ internal pada si kecil sudah mulai terbentuk dengan perlahan.

Bayi anda sudah benar-benar terbentuk dengan sepenuhnya. Jari-jari pada tangan dan kakinya sudah mulai terpisah dan selaput yang menyelimutinya kini sudah tidak ada. Tulang-tulangpun sudah mulai mengeras dengan perlahan. Sementara itu selama 6 bulan kedepan, pertumbuhan bayi anda akan terus berkembang lebih besar dan lebih kuat sehingga ia akan siap untuk dilahirkan kedunia. Kalau diukur dari ujung kepala hingga kebagian pantatnya ukuran bayi anda panjangnya mencapai 4cm. kini ia telah memiliki semua bagian organ dalam tubuhnya mulai dari tunas gigi. Kuku-kukunya dan jari tangan serta kakinya mulai terpisah dengan perlahan.

Janin sudah memiliki kemampuan baru yakni menendang dan meregangkan tubuhnya yang mungil, gerakan yang diciptakan dalam rahim anda seolah terlihat seperti ia tengah melakukan tarian balet dalam air. Banyak sekali ibu hamil melakukan USG dan kebetulan si janin sedang menendang atau melakukan pergelangan pada tubuhnya. Hal ini akan tentu membuat setiap orang tua yang melihatnya bahagia dan senang.

Bukan hanya itu tubuh si janin terus mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga kini kepalanya hanya sepertiga dari seluruh tubuhnya. Bagian organ luar  dari kelamin si buah hati sudah mulai akan dapat melakukan test kehamilan guna mengetahui jenis kelamin buah hati. Namun pada perkembangan ini bagian organ terluar yang melapisi tubuh si janin yakni kulitnya masih begitu transparan. Berikut ini ada pergerakan didalam rahim yang bisa anda rasakan sampai ke 4 dalam periode kehamilan.

Kini periode trimester kehamilan pertama anda hampir usai yang dimana artinya periode trimester selanjutnya dalam kehamilan akan siap anda jalani. Namun seiring waktu berjalan periode kehamilan yang anda jalani, akan muncul pigmentasi garis vertical gelap dibagian perut anda, garis ini umumnya disebut dengan linea nigra. Dan anda akan mengalami kesulitan dijam tidur. Ibu akan merasa mudah lemas ketika melakukan aktivitas. Pada usia kehamilan ini akan mulai mengalai berbagai perubahan fisik yang cukup drastic. Dimana kulit yang kencang jadi kendur. Perubahan pigmen pada kulit membuatnya menjadi gelap dibeberapa bagian area tertentu. Kenaikan berat badan.

Itu dia beberapa perubahan dan perbedaan yang dialami bunda dengan usia janin 11 minggu. Namun jangan lupa untuk selalu syukuri karena bagaimanapun juga banyak diluar sana sepasang suami istri menginginkan buah hati ditengah-tengah kebahagiannya. Nikmati prosesnya ya sampai persalinan tiba. Semoga bermanfaat dan buat bunda jadi tau perubahan apa yang dialami.

Reply