Perkembangan Janin Dari Minggu Ke 1 Hingga 40

Perkembangan Janin Dari Minggu Ke 1 Hingga 40

Ketika anda dan suami memutuskan untuk memiliki momongan pastinya anda sebagai calon orang tua bukan hanya kesiapan apa saja yang dibutuhkan si bayi nanti, namun harus juga memperhatikan disaat kehamilannya proses tumbuh kembang bayi didalam kandungan tentu sebagai orang tua mau memberikan yang terbaik untuk buah hati. Dan kali ini kami akan membahas artikel tentang perkembangan janin dari minggu ke 1 hingga 40 kira-kira bagaimana proses tumbuh kembangnya sampai nanti ia di lahirkan ke dunia, langsung saja kita bahas berikut ini.

  1. Minggu ke 1-4

Pada minggu ke 1-4 ibu akan merasakan beberapa tanda-tanda bahwa ibu positif hamil. Pada perkembangan minggu ke 1 janin/embrio sudah berbentuk berupa segumpalan daging. Adapun tanda-tanda yang ibu rasakan sebelum minggu ke 1 yaitu adanya flek darah, kondisi fisik yang berbeda, suhu tubuhpun akan meningkat hal ini terjadi karena kadar progesterone menurun. Nah kehamilan akan bisa di deteksi dan dinyatakan hamil pada minggu ke 4.

Ukurannya seperti satu butir kacang hijau. Dan ketika ibu melakukan control dengan USG ia hanya seukuran titik gumpalan darah. Lalu apa saja perkembangan yang terjadi pada janin diminggu-minggu pertama ini? Otak dan tulang punggung, sel plasenta membentuk mikrokopis yang tujuannya untuk memberikan nutrisi pada sang janin. Untuk itu apa yang akan dikonsumi oleh sang ibu, janinpun akan menutrisinya untuk itu berikan asupan yang terbaik untuk anda dan sang buah hati.

  1. Minggu ke 5-8

Pada minggu ini ibu akan semakin diuji mengapa? Karena berbagai macam perubahan dan perbedaan fisik semakin jelas dirasakan. Salah satunya seperti yang sering kita bahas yaitu morning sickness. Gejala ini terjadi pada pagi hari. Namun ibu tidak perlu takut dan khawatir yang berlebihan karena ini merupakan hal yang wajar dialami.

Buah merupakan salah satu yang ampuh untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil, kacang-kacangan banyak mengandung asam folat dan zat besi juga dapat membantu kelancaan tumbuh kembang janin didalam rahim. Sayuran hijau jangan dilupakan seperti bayam yang mengandung banyak asam folat.

Pada minggu ini bentuk janin sudah seperti kecebong. Organnya sudah berbentuk dan meliputi hati dan ginjal jantung, dan tabung syarafpun menjadi acuan dari semua syaraf didalam tubuh. Kaki dan tangan masih kecil.

  1. Minggu ke 9-12

Pada perkembangan di minggu ini bisa disebut proses perkembangan yang semakin meningkat dengan pesat. Mulai dari perkembangan fisik dan psikis yang dirasakan. Beberapa anggota tubuh seperti telinga bagian luar mulai terbentuk, anggota yang sering digerakan seperti kaki dan tangan terus semakin berkembang dan semakin utuh sempurna. Detak jantung akan mudah di dengar dan dirasakan ibu menggunakan alat berupa doopler. Ibupun harus mengurangi aktivitas yang melelahkan pada minggu 9-12 ini.

  1. Minggu ke 13-17

Pada minggu ke 13-17 perkembangan ini ibu akan merasakan semakin kelelahan dan seringkali mengalami perubahan emosi yang tidak menentu di kesehariannya. Adapula ciri-ciri ibu kelelahan seperti padangan mata berkabut, lalu sering buang air kecil, dan perut yang mulai membesar dan bulat.

Ibupun mulai merasakan tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya yang baru. Dan lebih sering berubah mood. Bisa menjadi tiba-tiba sedih, nangis, marah dan emosi yang tidak jelas. Namun semua itu tetap harus dikontrol dan pastinya ibu harus bisa. Jika ada beberapa tanda-tanda yang kurang sesuai yang tidak anda alami cobalah konsultasikan segera ke dokter kandungan.

Kelapa bayi sudah berkembang, kelopak mata bayi sudah bisa membuka dan menutup dengan sendirinya. Badan bayipun sudah membesar mengikuti besar kepalanya.

  1. Minggu ke 18-21

Pada minggu ini semakin berkembang lagi janin. Kesehatan ibu hamil sudah menjadi kunci tumbuh kembang bayi yang sehat didalam kandungan. Besar ukuran perut ibupun semakin terlihat dengan jelas. Ikatan ibu dan bayipun semakin bisa dirasakan dengan jelas. Perkembangannya yaitu ketika bernafas dada janin sudah bisa naik dan turun sedikit demi sedikit, pembuluh darah akan terlihat dengan kulit tipisnya. Perkembangan janin di sesuaikan dengan nutrisi yang ibu konsumsi. Untuk itu ibu harus melengkapi nutrisi makanan dengan makanan yang tinggi gizi dan protein.

Salah satu bentuk keberhasilan ibu dan bayi sehat dan segala nutrisinya tercukupi yaitu dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat yang memang disarankan sesuai dengan usia kehamilan.

  1. Minggu ke 22-26

Pada minggu ke 22-26 bukan suatu proses yang mudah, dan membutuhkan waktu yang lama. Pada usia ini janin sudah dapat melakukan beberapa hal yang tidak disangka ibu hamil setelah mengetahui dari dokter kandungan anda. Janin sudah dapat meringkuk melalui tekukan kakinya. Lemaknya belum dapat berkembang dengan sempurna. Ada hal yang mulai di rasakan ibu yaitu nafsu makan yang meningkat dan cepat untuk bertambah berat badannya.

  1. Minggu ke 27-30

Pada minggu ke 27-30 ini ibu semakin diharuskan untuk semakin perhatikan selama perkembangan janin berlangsung dan ibu belum bisa melakukan aktivitas yang berlebih. Walaupun tidak semua ibu hamil merasakan hal yang sama, karena ini sesuai dengan adaptasi yang dilakukan oleh tubuh dengan keadaan baru. Ibu bisa melakukan tes lainnya atau berkonsultasi dengan beberapa dokter yang lainnya misalkan tentang proses persalinan. Pergerakan bayi sudah mulai agresif dengan merubah beberapa pergerakan. Terkadang kaki ke kepala dan bentuk lainnya. Tendangan kecil yang kecil berikan ibu sudah bisa merasakannya dan ibu harus semakin hati-hati dan waspada dengan apapun itu.

  1. Minggu ke 31-35

Ibu di haruskan untuk memahami perkembangan janin dengan baik, sering lakukan konsultasi jika ada beberapa hal yang memang kurang ibu kuasai. Ibu dapat mempercepat proses persalinan jika menjaga kesehatan dengan tidur teratur, makan yang bergizi, dan lakukan olahraga ringan sering namun tidak terlalu menjadi tekanan.

  1. Minggu ke 36-40

Ini dia minggu yang di tunggu-tunggu bayi anda segera hadir ke dunia. Yang perlu anda lakukan yaitu mengetahui ciri-ciri dan perkembangan janin yang akan dilahirkan. Ciri-ciri tersebut dapat anda lihat dengan perubahan fisik dan emosi dari ibu. Kelahiran dapat dipastikan jika ibu sudah mengalami tanda-tanda perubahan yang terjadi pada dirinya. Seperti bagian keras yang terjadi di tulang panggul dan bagian lunak seperti otot-otot dan ligament. Jalan lahir adalah tempat utama yang akan dilewati buah hari anda dari rongga panggul, dasar panggul, serviks dan vagina. Semakin bertambahnya pembukaan maka semakin ibu merasakan sakitnya. Namun ini terjadi dengan alami jadi tidak perlu ada yang di khawatirkan. Semakin janin ingin dilahirkan maka semakin besar rasa sakitnya.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk ibu yang belum faham tentang proses perkembangan buah hati di dalam kandungan. Sehat selalu dan tetap semangat sampai persalinan tiba.

Reply