Perkembangan Janin Dari Minggu Ke 1 Hingga Ke Minggu 40

Perkembangan Janin Dari Minggu Ke 1 Hingga Ke Minggu 40

ketika pasangan suami istri yang baru saja menikah dan ingin segera mendapatkan momongan yang ditunggu sungguh menjadi sebuah anugerah yang patut di syukuri, karena tidak semua pasangan diluar sana bisa merasakan ketika ingin mendapatkan keturunan namun belum diberikan oleh Tuhan dan rela mengeluarkan biaya besar dan usaha untuk mempunyai keturunan. Nah ketika anda sekarang sedang mengandung perlu diketahui perkembangan janin menjadi sesuatu yang harus diperhatikan oleh setiap ibu yang sedang mengalami masa kehamilan.

Dan kali ini kami akan memberikan informasi seputar perkembangan janin dari minggu ke 1 hingga ke 40, tidak perlu bertele-tele, langsung saja simak berikut ini :

  1. minggu ke 1-4

tentu pertama kali ibu akan merasakan beberapa tanda-tanda dan perbedaan dari biasanya dan ini menunjukkan bahwa anda hamil. Pada perkembangan janin minggu ke 1 ini janin belum terbentuk baru hanya segumpalan daging. Tanda-tanda kehamilan yang muncul keluar flek darah, lalu keadaan yang terjadi pada kondisi fisik seperti suhu yang meningkat. Pengaruh ini terjadi akibat kadar progesterone menurun. Nah kehamilan akan mulai muncul dan dapat dideteksi ketika kehamilan mencapai minggu ke 4. Dan ukurannya masih seukuran satu butir kacang hijau. Ketika control menggunakan USG hanya seukuran titik gumpalan darah. Begitulah perkembangan janin yang masih tumbuh pada saat minggu ke 1-4. Nah apa saja bentuk perkembangan janin minggu-minggu pertama ini? Otak, tulang punggung, sel plasenta yang sudah membentuk mikrokopis dan plasenta untuk memberikan nutrisi-nutrisi pada janin. Untuk itu penting sekali diperhatikan asupan makanan yang baik dan benar yang harus dikonsumsi ibu.

  1. Minggu ke 5-8

Pada usia ini, ibu diuji untuk semakin sabar karena perubahan dan perbedaan yang terjadi pada fisik anda cukup berbeda dari usia awal. Timbulnya morning sickness dimana setiap pagi ibu bisa muntah, namun tidak perlu khawatir dan takut karena tidak akan menimbulkan hal buruk pada perkembangan janin. Asupan yang cukup akan mempercepat tumbuh kembangnya, dan ibupun akan sehat selalu terutama pada usia kandungan awal yang rentan akan keguguran. Dianjurkan konsumsi buah, kacang-kacangan yang mengandung asam folat dan zat besi yang membantu kelancaran tubuh kembang janin, sayuran hijau bayam.  Pada masa ini embrio sudah terhubung dengan aliran darah dari ibu. Bentuk janin sudah seperti kecebong. Organ-organ yang sudah terbentu sudah meliputi hati dan ginjal, kerangkangan tubuh yang sudah melindungi hati dan ginjal, jantung, tabung syaraf yang akan menjadi acuan dari semua syaraf tubuh berupa tangan dan kaki yang masih kecil.

  1. Minggu ke 9-12

Pada perkembangan ini janin dalam proses perkembangan akan menjadi meningkat bahkan dapat dikatakan pesat. Ketika masa ini beberapa anggota tubuh telinga bagian luar yang mulai terbentuk, anggota gerak seperti kaki dan tangan juga turus menurus menuju sempurna. Jari-jari dari kaki dan tangan tumbuh di embrio. Detak jantung akan mudah didengar oleh ibu menggunakan alat berupa doopler. Pada usia ini ibu harus mengurangi aktivitas yang melelahkan. Karena jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi.

  1. Minggu ke 13-17

Pada usia ini ibu akan merasakan lelah dan seringkali mengalami perubahan emosi dalam kesehariannya. Kelelahan yang terjadi diantaranya pandangan mata berkabut, kemudian sering buang air kecil, serta perut yang mulai membesar dan semakin bulat. Ibu akan merasa kurang nyaman dengan kondisi tubuhnya yang baru, dan seringkali sangat cepat berubah mood. Terkadang sering sedih, nangis, marah bahkan emosi tak menentu. Ukuran ujung kepala hingga ujung kaki, panjang pada janin bisa mencapai 6,7cm. kepala yang berkembang, kelopak mata yang dapat menutup dan membuka dengan sendirinya. Badan bayi sudah bisa membesar hingga mengikuti besarnya kepala.

  1. Minggu ke 18-21

Pada perkembangan ini semakin bertambah, kesehatan ibu adalah inti dari tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Perkembangan meliputi ketika bernafas, dada janin akan naik dan sedikit turun, pembuluh pada darah akan terlihat dengan kulit tipis yang melekat pada janin. Perkembangan janin juga harus disesuaikan dengan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu. Kandungan gizi wajib dilengkapi serta dipraktekkan oleh anda. Saat hamil muda anda harus lebih memperhatikan lagi perkembangan janin dan kesehatan anda. Konsumsi beberapa jenis makanan yang sehat dan tidak mengandung pestisida atau bahan kimia lainnya.

  1. Minggu ke 22-26

Janin berkembang pada usia ini jauh lebih sempurna, dibandingkan dengan pada beberapa minggu terdahulu. Adapun beberapa proses yang terjadi di rahim. Janin sudah bisa meringkuk melalui tekukan kakinya, lemak juga sudah dapat berkembang secara sempurna. Adapun hal yang dirasakan oleh ibu yaitu nafsu makan yang meningkat. Untuk itu mengapa pada usia ini ibu sering kali ada keluhan karena berat badannya yang menambah dan biasanya bermula di perkembangan janin ini.

  1. Minggu ke 27-30

Beberapa tanda yang dapat anda perhatikan selama perkembangan janin berlangsung ibu dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan. walaupun tidak semua ibu hamil mengalami kondisi yang sama ketika sedang mengandung namun hal ini terjadi sesuai dengan adaptasi yag dilakukan oleh tubuh terhadap keadaan yang baru. Jangan lupa untuk konsultasi ke dokter atau bidan biasa anda control. Perkembangan janin sudah lengkap dan sudah hampir sempurna anda sudah menunggu dengan baik kelahirannya. Dan jangan heran dan kaget jika janin menunjukkan pergerakan yang agresif. Ibupun sudah bisa mengenali beberapa kali tendangan yang terjadi didalam perutnya. Dan ibu harus semakin hati-hati dan waspada dengan apapun.

  1. Minggu ke 31-35

Ibu harus segera memahami cara perkembangan janin dengan baik, bila perlu jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter yang bersangkutan. Ibu dapat mempercepat persalinan ketika menjaga kesehatan seperti tidur yang teratur, makan makanan yang bergizi, dan harus berolahraga ringan sesering mungkin. Berat badanpun semakin bertambah dan ibu juga semakin sulit bergerak tetapi anda harus tetap berhati-hati jangan sampai lengah dan hindari untuk jatuh selama kehamilan hingga persalinan berlangsung, kesehatan adalah hal yang paling utama.

  1. Minggu ke 36-40

Pada minggu terakhir ini masa-masa dimana persalinan mudah mulai mendekat. Ciri-ciri yang harus anda ketahui ketika janin mau dilahirkan bisa dilihat usia pembuahan, mulai dari segi fisik dan emosi ibu. Yang terjadi yaitu bagian keras tulang panggul dan bagian lunak otot-otot dan ligament. Jalan lahir menjadi tempat utama yang akan dilewat ileh bayi dari rongga panggul, dasar panggul, serviks, dan vagina. Semakin bertambah dan meningkatkan pembukaan yang akan dicek oleh suster atau dokter kehamilan maka ibu akan merasakan kesakitan. Perkembangan janin dapat menimbulkan rasa sakit yang disebabkan oleh janin yang semakin bergerak menuju jalan lahir.

Itu dia beberapa perkembangan janin mulai dari awal sampai terakhir mendekati proses persalinan. Semoga artikel yang kami berikan bermanfaat sehingga ibu sudah mengetahui apa saja perkembangan dan ciri-ciri yang akan dialami ibu semakin berkembangnya usia kehamilan.

Reply