Perkembangan Janin Minggu-Minggu Awal- Konsepsi (Pembuahan)

Perkembangan janin minggu yang terjadi sejak hari pertama ia berovulasi tentu menjadi hal yang menyenangkan untuk diketahui terutama oleh ibu hamil. Tanda-tanda kehamilan biasanya muncul di minggu kedua atau ketiga usia kehamilan. Inilah yang kadang menjadi momen yang terlewatkan. Perkembangan janin minggu-minggu awal- Konsepsi (pembuahan) adalah fase yang harus ibu ketahui.

 

Saat ibu memeriksakan diri ke dokter kandungan, maka dokter akan melakukan pemeriksaan yang dibutuhkan untuk mengkonfirmasi kehamilan dan mencari tahu usia kehamilan tersebut. Untuk mengetahui usia janin biasanya dokter menggunakan periode akhir datang bulan ibu. Jadi dokter akan menarik kesimpulan bahwa awal mula kehamilan terjadi saat hari terakhir ibu haid. Peristiwa ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah menstrual age dimana ia terjadi dua minggu menjelang konsepsi atau pembuahan.

 

Tanggal konsepsi sendiri ditentukan dari kapan ibu dan suami berhubungan seksual atau beberapa hari setelahnya karena sperma bisa hidup sampai 5 hari lamanya didalam tubuh ibu. Memahami proses konsepsi bisa membuat ibu menjadi lebih teredukasi dengan kehamilan yang dijalani. Penting untuk ibu mengetahui setiap tahapannya agar bisa lebih memahaminya:

 

  • Ovulasi adalah hal pertama dalam proses ini. Setiap bulannya ovarium wanita menghasilkan sekelompok sel telur yang belum matang. Kemudian ia berkembang pada folikel dimana nantinya sel telur bersemayam. Selanjutnya salah satu folikel akan matang dan ia akan pecah melepaskan sel telur dari ovarium. Peristiwa inilah yang disebut ovulasi dan ini berlangsung sekitar dua minggu sebelum periode menstruasi selanjutnya dimulai.
  • Tahapan yang terjadi selanjutnya pada perkembangan janin minggu-minggu awal- Konsepsi (pembuahan) ialah dimana folikel yang pecah akan berkembang menjadi struktur corpus luteum. Ia bertugas menghasilkan dua jenis hormon; progesteron dan estrogen. Progesteron sendiri bertugas untuk mempersiapkan lapisan rahim untuk perkembangan embrio nantinya pada lapisan yang menebal. Kemudian sel telur akan dilepas dari folikel menuju tuba falopi. Sel telur dibiarkan disana sampai ada sperma yang mendekati. Saat itulah pembuahan bisa terjadi. Jadi, sel telur akan siap untuk dibuahi setelah 24 jam terjadinya ovulasi.
  • Jika tidak ada sperma yang berhasil membuahi sel telur, maka sel telur beserta corpus luteum akan luruh. Kemudian, lapisan rahim akan terkelupas dan keluar dalam bentuk darah menstruasi. Ini terjadi karena hormon yang tadinya tinggi menghilang bersama dengan meluruhnya sel telur.
  • Jika ada sperma yang berhasil melakukan penetrasi pada sel telur, maka inilah yang disebut konsepsi. Ini memicu perubahan pada lapisan protein sel telur. Dengan begitu, tidak akan ada sperma lain yang bisa melakukan penetrasi. Pada saat pembuahan ini, terjadi pembentukan genetik bayi termasuk pembentukan jenis kelamin janin.
  • 24 jam setelah proses pembuahan, maka sel telur akan mulai terbagi menjadi beberapa sel dan tetap tinggal di tuba falopi selama 3 hari. Sel telur yang dibuahi atau zigot akan terus terbagi perlahan menuruni tuba falopi menuju uterus. Barulah ketika sudah sampai di uterus, ia akan tertanam di endometrium dan proses inilah yang disebut dengan implantasi.
  • Perkembangan zigot akan terus terjadi dari yang tadinya berbentuk sel berbentuk bola padat menjadi bola berongga dan lama kelamaan ia akan menempel di lapisan endometrium. Biasanya selama proses implantasi berlangsung biasanya ibu akan mengeluarkan bercak atau perdarahan ringan sela 1-2 hari. Barulah setelah itu endometrium atau lapisan rahim akan menebal dan leher rahim pun akan ditutup oleh lendir.
  • Beberapa minggu kemudian, ia akan mulai tumbuh membentuk gumpalan sel dalam wujud bola kecil. Ini menandakan bahwa syaraf-syaraf janin sudah mulai terbentuk. Dari sanalah ia akan tumbuh dan berkembang menjadi embrio sampai sekitar 8 minggu usia kehamilan ibu. Melewati usia itu, ia akan berubah menjadi foetus dan terus berkembang menjadi seorang bayi.

 

Itulah sekilas informasi sederhana mengenai bagaimana perkembangan janin minggu-minggu awal- Konsepsi (pembuahan) terjadi. Meskipun mungkin ibu tidak akan langsung bisa memahami setiap detail prosesnya, namun tetap menyenangkan untuk mengetahui bagaimana calon buah hati ibu memulai kehidupannya didalam tubuh ibu.

Reply