Perkembangan Janin Usia 14 Minggu

Tahapan perkembangan janin disetiap minggunya adalah momen berharga bagi ibu dan tidak ingin terlewatkan begitu saja. Meskipun tidak bisa melihat secara langsung bagaimana janin berkembang, namun ibu adalah orang yang merasakannya secara langsung. Begitupun perkembangan janin usia 14 minggu dimana janin semakin aktif bergerak diperut ibu.

 

Asupan nutrisi yang tepat, lengkap, dan seimbang adalah salah satu kunci optimalnya perkembangan janin selama dalam kandungan ibu. Pola hidup sehat yang ibu jalani juga sangat mendukung tumbuh kembangnya. Selain menjaga kondisi kesehatan ibu secara fisik, penting pula untuk menjaga kesehatan mental ibu supaya tidak mempengaruhi kesehatan janin. Perkembangan janin memang tidak terlepas dari kondisi kesehatan ibu sendiri.

 

Berikut perkembangan yang terjadi pada janin ibu diusia kehamilan yang mencapai 14 minggu:

  • Perkembangan yang paling signifikan ialah mulai tumbuhnya bulu-bulu halus pada tubuh janin terutama dibagian kepala yang menjadi cikal bakal rambutnya nanti. Selain itu, bulu-bulu halus juga mulai tumbuh dibagian tubuh yang lain seperti alis, dan dibeberapa bagian tubuhnya yang lain. Bulu-bulu yang tumbuh dibagian bawah tubuh janin disebut lanugo, dan ia biasanya akan menghilang setelah bayi dilahirkan.
  • Untuk ukurannya, kini panjang tubuh janin sudah mencapai 8 cm. Beratnya pun semakin bertambah yaitu sekitar 40 gr. Namun tentunya ini adalah ukuran rata-rata pada janin diusia ini. Ukuran panjang dan berat janin yang dimiliki setiap ibu tentunya berbeda-beda. Janin biasanya akan mengalami kenaikan berat dan panjang badan diusia kehamilan menuju trisemester ketiga.
  • Pada usia kehamilan 14 minggu ini pula telah hadir jaringan kulit yang menutupi tubuh janin. Meskipun begitu, kulit ini masih berupa lapisan tipis dan masih terus akan terbentuk sesuai dengan tahapan perkembangannya.
  • Bagian organ internal janin pada usia ini juga semakin berkembang dengan pesat. Ginjal janin sudah mulai berfungsi untuk memproduksi urin. Organ-organ tubuhnya yang lainpun mulai terbentuk seiring bertambahnya usia kehamilan ibu. Misalnya saja hatinya yang sudah mulai memproduksi cairan empedu. Limpa janin juga sudah mulai memproduksi sel darah merah janin.
  • Perkembangan janin usia 14 minggu selanjutnya ialah kemampuan janin yang semakin pesat dimana ia mulai bisa menghisap ibu jarinya sendiri. Kemudian, ia juga sudah mulai menelan cairan ketuban sebagai sumber makanannya. Cairan yang diminum janin kemudian akan diproduksi didalam ginjalnya dan dikeluarkan kembali dalam bentuk urin.

 

Pada tahap perkembangan ini, penting untuk ibu selalu memantau kondisi kesehatan janin. Memeriksakan diri ke dokter kandungan bisa membantu mencegah resiko-resiko berbahayan yang bisa timbul ditengah-tengah kehamilan yang ibu jalani. Sehingga kalaupun ada masalah, maka bisa ditangani lebih dini dan tidak menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Maka diusia kehamilan 14 minggu ini, ibu sebaiknya:

  • Mencukupi kebutuhan istirahat harian dengan tidur 8 jam sehari. Dengan begitu, perkembangan janin bisa optimal.
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh karena dehidrasi bisa menurunkan suplai oksigen dan darah ke janin.
  • Menjaga asupan makanan harian dengan memperhatikan apa yang akan dikonsumsi. Hindarilah konsumsi makanan cepat saji dan mengandung pengawet, pewarna ataupun pemanis buatan. Bahan-bahan kimia tersebut bisa beresiko mengganggu tumbuh kembang janin terutama jika dikonsumsi secara sering dan berlebihan.
  • Hindarilah stres ataupun kelelahan karena kondisi mental ibu mempengaruhi perkembangan janin pula. Kondisi mental ibu yang tenang dan bebas stres biasanya akan berdampak pada perkembangan emosi janin dimana ia akan lebih tenang dan tidak impulsif saat ia besar nanti.
  • Gunakan pakaian yang nyaman seperti baju yang longgar dan celana yang tidak ketat. Hindari pula pemakaian high heels, wedges, ataupun stiletto karena bisa menyebabkan tekanan berlebih pada punggung, pinggang dan kaki ibu.

 

Janin akan terus berkembang disetiap tahapannya sesuai dengan usianya. Namun perkembangannya itu didominasi oleh pengaruh pola makan dan pola hidup yang ibu terapkan dalam keseharian. Maka untuk mengoptimalkan perkembangan janin usia 14 minggu dan seterusnya, ibu harus senantiasa rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ibu dan janin.

Reply