Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Memasuki perkembangan janin usia 2 bulan masih ada di kondisi rawan namun tidak perlu khawatir karena si zigot kecil sudah menemukan tempat didalam rahim. Sudah berakhirnya minggu ini, anda tidak mendapatkan mentruasi dan disini menjadi pertanda pertama anda sedang mengandung. Ada beberapa wanita yang masih salah mengartikan jika timbulnya flek kecoklatan yang mengira ini adalah menstruasi. Sebenarnya pendarahan yang sedikit itu karena adanya implantasi zigot ke dinding rahim. Setelah terjadi implantasi atau menempelnya zigot pada dinding rahim. Dan anda sudah bisa memastikan dengan fix di usia 2 bulan ini untuk cek ke dokter atau dengan alat test pack.

Pada saat perkembangan janin 5 minggu tidak terlalu banyak perubahan perkembangan yang terjadi walaupun terus berkembang. Benjolan tangan dan kaki janin sudah mulai terlihat. Benjolan tangan janin mengalami kematian sehingga akan membentuk jari-jari tangan. Pembentukan telinga sudah semakin sempurna. Nyaris semua system pencernaan semakin sempurna usus besar dan usus buntu sudah terbentuk, ginjal dan hati sudah terbentuk.

Pada perkembangan minggu ke 6 embrio yang terlihat seperti berudu. Pada minggu ini dapat mengenali kepala, ekor, tangan dan anggota badan masih seperti tunas atau benjolan. Terjadinya pembentukan awal hati, pancreas, paru-paru, kelenjar tiroid, dan jantung. Pembuluh nadi dan bagian kepala semakin jelas. Rongga mulutpun sudah tampak. Struktur matapun sudah terbentuk walaupun masih berjauhan. Ditengah wajah sudah muncul tonjolan hidung. Ruas-ruas tulang belakang sudah terbentuk walaupun masih samar-samar.

Perkembangan minggu ke 7 embrio diperkiraan sekitar 11-17mm. jantung sudah terbentuk lengkap dan sempurna. Saraf dan ototpun sudah bekerja bersamaan untuk pertama kali. Embriopun sudah mulai mempunyai refleks gerakan namun anda belum bisa merasakannya. Otak akan terbentuk dengan lengkap diminggu 7 ini. Hidung,bibir, lidah, dan gigi mulai terbentuk. Mata yang terlihat berwarna hitam tanpa kelopak. Tunas sudah mulai menyiku, jaripun sudah mulai terpisah satu dengan yang lainnya. Walaupun telapak kakinya masih rata. Tunas tangan lebih cepat berkembang dibanding tunas kaki. Untuk itu ada sebabnya tumbuh kembang bayi awalnya bisa memegang benda-benda disekelilingnya dibanding dengan berjalan terlebih dahulu.

Perkembangan janin minggu ke 8 embrio diminggu ini berukuran panjang sekitar 25-30mm. kepala membulat dan wajah polos mulai Nampak nyata karena bagian dahi dan pangkal hidung tertarik ke bawah. Lengan kaki dan komponen paha kaki tangan dan bahu semakin berkembang dengan baik. Organ reproduksinya sudah terbentuk dengan baik. Janinpun sudah mulai bisa mendengar. Didalam otaknya sudah ada jaringan saraf yang saling berhubungan dengan penciuman. Jantungpun sudah memompa dengan kuat dan berirama.

Kini janin anda sudah mulai bisa di deteksi dengan melakukan USG. Dengan pengecekan USG disitu anda dan suami bisa melihat calon buah hati anda yang akan lahir kedunia. Perut dan rongga dada sudah terpisah dan otot mata juga bibir bagian atas terbentuk. Alat kelamin dan sel-sel pembentuk bulu mata mulai berkembang. Seluruh organ internalpun sudah terbentuk.

Jangan pernah lupakan untuk memberikan nutrisi melalui makanan yang bergizi yang diantaranya zat pembangunan, zat tenaga, zat pengatur/vitamin dan mineral utamanya zat besi. Disarankan pagi sebelum anda beranjak dari tempat tidur anda bisa nyemil dan makan kue biscuit. Makanlah dengan porsi yang kecil tapi sering, hindari makanan yang terlalu banyak perasa bumbunya dan sering buat jus yang segar.

Itu dia beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk tumbuh kembang janin usia 2 bulan ini. Semoga bermanfaat dan menambahkan wawasan untuk anda dan suami sebagai calon ibu dan ayah. Semangat ya bunda.

Reply