Perkembangan Janin Usia 24 Minggu

Tiba juga saatnya ibu menyambut usia ke 6 bulan untuk kehamilan ibu. Perkembangan janin usia 24 minggu atau 6 bulan ini akan semakin tidak sabar untuk ibu nantikan bukan?

 

Menjalani kehamilan hingga mencapai bulan 6 berarti ibu telah melewati banyak hal untuk bisa sampai. Berbagai kesulitan telah ibu lewati dari sejak awal-awal kehamilan. Meskipun tidak lagi merasakan gangguan seperti diawal kehamilan, namun tentunya ibu akan mendapati berbagai tantangan lainnya seiring bertambahnya usia kandungan ibu. Namun diusia kehamilan yang mencapai 6 bulan ini adalah dimana semua rintangan yang datang terasa lebih ringan. Ini merupakan masa-masa yang paling nyaman dan menyenangkan bagi kebanyakan ibu hamil.

 

Perkembangan apa yang terjadi pada janin diusia kehamilan 24 minggu atau 6 bulan ini?

Dilihat dari bobot janin, ia semakin bertambah dimana kini bobotnya mencapai 600 gr. Panjang janin juga bertambah secara signifikan dimana sekarang mencapai 34,6 cm. Gerakan janin kini semakin aktif didalam perut. Ibu bahkan bisa merasakan tendangan janin. Ini tentunya menjadi momen yang sangat ditunggu oleh ibu selama menjalani kehamilan. Perkembangan lain yang terjadi seperti:

  • Kulit bayi sekarang sudah memiliki lapisan lemak sehingga keriput pada kulit bayi kini sudah berkurang. Meski begitu, kulit bayi masih sangat tipis dan lemah sehingga belum lentur meskipun sudah ada lapisan lemak dibawahnya.
  • Perkembangan otak janin kini juga semakin berkembang dengan pesat. Itu pula yang membuatnya semakin lincah dalam kandungan ibu. Janin berusaha untuk merespon setiap rangsangan dari dalam maupun luar perut ibu. Sehingga ia bergerak aktif berbalik atau menendang perut ibu.
  • Sidik jari janin kini sudah mulai terbentuk. Sidik jari sendiri adalah penunjuk identitas yang sangat pribadi dimana tidak ada sidik jari yang sama didunia ini. Jika DNA bisa sama antar keluarga yang masih satu keturunan, maka sidik jari akan berbeda meskipun satu ikatan darah. Pembentukan sidik jari ternyata masuk dalam tahap perkembangan janin usia 24 minggu.
  • Sistem pernapasan janin kini semakin berkembang dengan baik karena paru-parunya sudah mulai membentuk cabang-cabang pernapasan. Kini sel-sel tubuh janin mulai aktif memproduksi surfaktan. Surfaktan sendiri merupakan substansi yang membantu kantung udara di paru-paru terisi begitu janin dilahirkan. Paru-paru disiapkan untuk bayi bisa bernapas secara independen ketika dilahirkan nanti dan seterusnya. Maka perkembangan paru-paru sejak dalam kandungan sangatlah penting untuk menentukan kondisi kesehatan janin kelak.
  • Resiko janin keguguran, cacat ataupun prematur diusia ini memang lebih rendah namun bukan berarti bebas dari resiko sepenuhnya. Resiko janin catat dan lahir prematur masih ada. Namun jika kelahiran prematur terjadi setelah melewati usia kehamilan 24 minggu seperti ini maka peluang janin bisa bertahan hidup lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena paru-paru sudah berfungsi dengan baik. Disamping paru-paru, organ vital lainnya sudah cukup usia untuk bisa mempertahankan hidup janin diluar kandungan ibunya.
  • Indera pendengaran janin sudah semakin baik ibu bisa mencoba berinteraksi dengan si kecil dengan rajin mengajaknya ngobrol, memperdengarkan cerita, atau memperdengarkan musik favorit ibu. Pastikan untuk memilih musik yang tenang dan tidak gaduh. Sentuhan ibu juga bisa menstimulasi sistem sensorik janin. Sengan begitu, tumbuh kembang janin bisa lebih optimal.

 

Diusia kehamilan ini, tubuh ibu juga mengalami perubahan. Salah satu yang paling signifikan ialah perubahan pada bentuk dan bobot tubuh. Saat ini, berat badan ibu umumnya bertambah sekitar 5,5-7 kg. Ini bisa saja menurunkan kepercayaan diri ibu namun ibu justru harus merasa senang karena dengan kenaikan berat badan maka ini berarti kondisi janin juga sehat. Namun tentunya kenaikan berat badan harus tetap dikontrol agar tidak terjadi kenaikan yang sangat drastis yang bisa memicu obesitas.

 

Suara keras yang tiba-tiba bisa saja membuat bayi melonjak atau menendang. Maka sebaiknya ibu berhati-hati dalam berbicara dan hindari tempat-tempat yang terlalu bising. Perkembangan janin usia 24 minggu ini akan menjadi momen berharga bagi ibu yang tidak akan pernah terlupakan.

Reply