Perkembangan Janin Usia 27 Minggu

Tidak ada yang lebih membahagiakan bagi ibu hamil selain mengetahui janin dalam kandungannya tumbuh dan berkembang dengan baik dan normal. Perkembangan janin disetiap minggunya akan selalu ibu nanti. Menjelang usia kehamilan 7 bukan atau tepatnya perkembangan janin usia 27 minggu, tentu membuat ibu cukup berdebar karena itu artinya ibu akan segera memasuki fase yang lebih lanjut. Persalinan tidak lama lagi akan ibu hadapi dan tentunya ini bukan perkara yang mudah terlebih bagi ibu yang pertama kali menjalani kehamilan.

 

Semakin berkembangnya pertumbuhan janin, maka semakin naik juga bobot tubuh ibu. Namun memang begitulah seharusnya. Berat badan ibu naik karena janin memerlukan asupan nutrisi yang optimal agar bisa tumbuh dan berkembang secara sehat. Jika berat badan ibu tidak mengalami kenaikan sama sekali maka itu bisa beresiko membuat janin mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi. Resiko janin lahir dengan berat badan terlalu rendah juga lebih tinggi. Jadi, ibu tidka perlu mencemaskan berat badan yang kian bertambah karena nanti akan turun kembali setelah melahirkan dan selama ibu menyusui.

 

Apakabar janin diusia kehamilan 27 minggu? Berikut adalah tahapan perkembangan janin diusia yang hampir mencapai 7 bulan ini:

  • Bobot janin diusia ini sudah mencapai sekitar 875 gram. Sedangkan panjang tubuhnya sudah lebih dari 36 cm. Tubuh janin yang kian membesar tentunya membuat plasenta juga membesar agar janin memiliki ruang yang nyaman untuk berkembang. Selain itu, cairan ketuban juga masih terus bertambah volumenya. Namun cairan ketuban harus senantiasa diawasi agar tidak berlebihan ataupun kekurangan yang bisa beresiko mengganggu kesehatan janin.
  • Kini kelopak mata janin sudah bisa membuka dan menutup. Artinya janin sudah memiliki respon yang baik pada indera penglihatannya. Ia akan mengalami semua hal yang ada disekitarnya dengan seksama. Bulu mata dan alisnya juga sudah tumbuh sehingga kini wajahnya memang sudah nampak seperti seorang manusia seutuhnya.
  • Perkembangan janin usia 27 minggu ini,  ternyata ia sudah memiliki jadwal tidur yang teratur. Ia akan tidur dan bangun diwaktu tertentu sesuai siklusnya. Namun perlu ibu ketahui bahwa jadwal tidur janin tidaklah selalu sama dengan jadwal tidur ibu. Jadi mungkin saja saat ibu tidur, janin masih terjaga dan sebaliknya. Siklus tidur janin dalam perut ibu memang tidak bisa diketahui secara kasat mata. Hanya saja ibu bisa merasakan sendiri jika pergerakan janin sedang tidak aktif maka kemungkinan ia sedang tidur.
  • Menurut beberapa ahli, diusia ini janin sudah mulai bermimpi. Usia kandungan 27 minggu merupakan momen dimana saraf otak janin berfungsi semakin optimal dan memungkinkannya untuk bermimpi dalam tidurnya. Namun belum diketahui secara pasti jenis mimpi apa yang janin mimpikan ketika tidur. Semoga penelitian para ahli selanjutnya bisa mengetahui aktivitas otak janin ketika bermimpi sehingga bisa mencari tahu mimpi seperti apa yang mereka miliki.
  • Janin dalam perut ibu akan lebih sering mengalami cegukan. Hal ini disebabkan karena paru-parunya yang sedang dalam proses pematangan untuk melakukan pernapasan sementara janin masih bernapas didalam cairan ketuban. Ini sebagai bentuk persiapan janin untuk bernapas secara mandiri menggunakan udara saat dilahirkan nanti.

 

Pada usia kehamilan yang hampir mencapai 7 bulan ini biasanya ibu mengalami keluhan seperti kaki kram atau bengkak. Maka untuk mengatasinya sebaiknya ibu rutin berolahraga ringan atau berjalan kaki untuk memperlancar peredaran darah. Selain itu, ibu juga disarankan untuk tidur dalam posisi kaki yang disangga oleh bantal sehingga posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Ini akan mempermudah aliran balik sirkulasi darah dari kaki ke jantung sehingga mengurangi bengkaknya.

 

Perkembangan janin usia 27 minggu adalah saat-saat yang mendebarkan bagi ibu karena trisemester ketiga akan segera datang dimana ibu harus lebih siap dalam menghadapi persalinan nanti baik secara fisik ataupun mental. Pantau terus perkembangan janin agar senantiasa optimal dan jaga selalu kesehatan tubuh ibu agar tetap pada kondisi yang prima untuk menjalani kehamilan yang sehat dan menyenangkan.

Reply