Perkembangan Janin Usia 3 Bulan

Perkembangan Janin Usia 3 Bulan

Di usia perkembangan janin ke 3 bulan ini jenis kelamin calon buah hati anda sudah bisa dipastikan dengan jelas. Namun ini berlaku untuk laki-laki saja, untuk jenis kelamin perempuan masih belum terlihat dengan jelas. Tungkai dan lengan mulai tumbuh, ia sudah mulai berlatih melakukan gerakan seperti menelan dan menghisap. Tangan janinpun sudah mulai bebas bergerak dimana tidak lagi tergantung pada gerakan tubuh. Kuku dan jari tangan kakinya muncul di minggu ini. Panjang janin sudah diperkiraan sekitar 29mm dan berat 20gram. Perkembangan janin diminggu ini yaitu perut dan rongga dada sudah terpisah dan otot mata dan bibir atas terbentuk semakin sempurna. Pembentukan kulitpun sudah berkembang semakin sempurna.

Perkembangan janin minggu ke 10 pada minggu ini jenis kelamin perempuan sudah bisa dipastikan dengan jelas. Diagfragma memisahkan jantung dan paru-paru dari perut. Otot leherpun terbentu. Otakpun berkembang cepat dalam bulan terakhir ini sehingga bentuk kepala sudah lebih besar dari pada tubuh. System otot saraf sudah mencapai tingkat kematangan. Dan mampu mengirim dan menerima pesan dari otak. Dengan sudah berfungsinya system saraf, janinpun mampu melakukan gerak refleks. Kakipun sudah mempu menendang dengan tendangan kecil yang diberikan. Pada minggu ini pembentukan telinga sudah berakhir atau selesai. Janin sudah mampu menekuk tangannya sampai menjadi setengah kepalan.

Minggu ke 11 panjang tubuh janin sudah mencapai sekitar 6,5cm. rambut, kuku jari tangan dan kakinya mulai tumbuh. Janinpun sudah bisa menguap. Janin sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkannya kembali melalui kencingnya. Mata sudah terbentuk dengan lengkap, jaringan tangan dan kaki tumbuh walaupun belum disatukan dengan jaringan kulit. Gerakan menggeliat, meluruskan tubuh dan menundukkan kepala sudah bisa ibu rasakan . janinpun sudah bisa mengubah posisinya menjadi berputar, memanjang, dan terkadang ibu merasakan sakit tapi bahagia ketika bayi bergerak dengan lincahnya.

Perkembangan pada minggu ke 12 pada usia ini janin sudah sekitar 8 cm. semua organ vital sudah terbentuk. Dengan signal dari otak, otot akan merespons untuk mengapa janin pada minggu ini sudah bisa menendang. Organ-organ tubuh bayi sudah terbentuk. Rasa lelah dan mual yang biasa anda alami akan berkurang atau bahkan hilang. Janin usia 3 bulan ini mengalami cegukan dan ini normal terjadi. yang bertujuan untuk memperkuat otot-otot pada bagian pernafasan. Pada minggu ke 12 ini rentan janin bisa mengalami kromosom yang dapat terjadi karena adanya kelainan kromoson pada orang tua atau mungkin pengaruh virus, bakteri, penyakit maupun zat berbahaya lain yang menyerang sel embrio.

Sangat di sarankan makan makanan yang beraneka ragam dengan kualitas yang baik untuk ibu dan janin. Menghindari rasa mual anda bisa mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sedikit saja namun dengan jangka waktu makan yang sering. Jangan sungkan jika anda ada keluhan untuk konsultasikan dengan dokter atau bidan tempat anda control. Pada usia 3 bulan ini masih rentan dengan keguguran untuk itu ibu hamil disarankan untuk lebih bijak dan berhati-hati ketika sedang mengandung. Itu dia beberapa perkembangan janin ke 3 bulan yang bisa dijelaskan melalui artikel kami, semoga membantu dan menambah wawasan anda untuk menjadi calon ibu dan ayah yang bijak.

Reply