Perkembangan Janin Usia 4 Bulan

Perkembangan Janin Usia 4 Bulan

Semakin bertambah perkembangan dan usia janin maka semakin janin bertumbuh dengan sempurna sampai akhirnya siap untuk dilahirkan. Dan pada perkembangan janin usia 4 bulan ini ibu pribadi dikejutkan dengan perubahan yang nyata dari janin. Ibu hamil kini sudah semakin bisa merasakan perubahan janin didalam perutnya. Ukuran perut yang tampak sedikit membesar karena perubahan janin yang semakin bertumbuh. Jika janin sudah bergerak rasanya semakin terasa.

Di usianya ke 4 bulan ini janin semakin sempurna menyerupai manusia, indera didalam tubuhnya semakin lengkap dan sempurna. Kemampuan janin semakin berkembang namun dibutuhkan pematangan agar organ janin lebih sempurna. Beberapa perkembangan yang terjadi di usia 4 bulan ini, yaitu :

  1. Janin sudah mulai bisa mendewasakan dirinya terutama bagian tubuhnya. Karena semua organ janin sudah ada hanya saja pematangan masih tetap dibutuhkan.
  2. Organ yang semakin berkembang yaitu bagian telinga luar, telinga luar sudah terbentuk bahkan sudah mengeras.
  3. Saat usia ini janin sudah bisa mendengarkan suara diluar bahkan ibu sudah bisa mengajaknya berbicara. Karena perkembangan janin yang sudah bisa mendengar suara dari luar.
  4. Pendengaran janin terus berkembang sampai usia 7 bulan.
  5. Paru-paru janin sudah tumbuh dengan sempurna.
  6. Janin mulai belajar bernafas.
  7. Wajah bagian luar janin sudah terbentuk, sehingga ketika dilakukan USG sudah bisa menggambarkan buah hati anda mirip dengan siapa.
  8. Sudah bisa merespon suara ibu dengan gerakan.
  9. Mata dan indera pengelihatannya belum sempurna dan belum mampu melihat namun janin sudah bisa merasakan cahaya yang datang ke arahnya. Jika janin merasa terganggu dengan sinarnya maka janin akan merespon dengan menutup mata dengan tangannya.
  10. Jaringan kulit kepalanya sudah terbentuk.
  11. Syaraf otak janin sudah mulai berkembang lebih sempurna dibandingkan dengan sebelumnya.
  12. Alis janin sudah mulai muncul/tampak.
  13. Janin sudah bisa menghisap jempolnya, janin sudah bisa melakukan peregangan ditubuhnya.
  14. Ukuran janin sudah sebesar 5,5 inci dengan detak jantung yang semakin bisa dirasakan lewat USG ataupun dengan perasaan ibu.
  15. Ibupun sudah bisa merasakan gerakan janin dengan meraba perutnya.
  16. Rambut halus pada janin mulai terbentuk.
  17. Plasenta mulai terbentuk dengan sempurna dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
  18. Otot janin sudah terbentuk dengan kuat.
  19. System pencernaannya sudah bisa menjalankan fungsinya.
  20. Organ hati janin sudah bisa membentuk darah dan menggantinya dengan metabolisme hemoglobin bilirubin.

Adapula pemeriksaan yang wajib dilakukan ibu hamil usia 4 bulan yaitu :

Tekanan darah, suhu tubuh, berat badan, pemantauan penyakit, adanya alergi

Hal yang perlu di perhatikan ibu hamil :

  1. Rahim ibu akan semakin membesar, wajar dan alami itu dialami karena buah hati didalam kandungan anda juga semakin bertumbuh dan berkembang. Ibu hamil dilarang menggunakan sepatu yang mempunyai hak tinggi atau heels. Gunakan sepatu flat agar lebih aman digunakan.
  2. Ibu hamil akan mengalami gangguan susah tidur. Untuk mengatasinya ibu bisa gunakan bantal untuk menopang bagian perutnya. Ibu hamil dilarang untuk tidur dalam posisi telentang. Posisi tidur yang baik yaitu posisi miring atau menyamping agar kondisi pembuluh darah tidak mengalami tekanan dari rahim.
  3. Makanan sehat untuk ibu hamil. Konsumsi makanan dengan tinggi kandungan zat besinya. Ini mencegah anemia yang bisa terjadi pada ibu hamil. Untuk janinpun sebagai pembentukan sel darah merah. Makanan dengan tinggi zat besi yaitu daging unggas, daging merah tanpa lemak, bayam dan juga ikan air tawar atau ikan laut.
  4. Ibu hamil akan merasakan nyeri terutama bagian paha dan kaki untuk itu ibu harus berhati-hati jika mengalami kaki bengkak saat hamil. Ibu bisa tidur dengan posisi kaki lebih tinggi dibandingkan dengan posisi tubuh.
  5. Ibu hamil bisa lakukan olahraga ringan namun rutin. Hindari olahraga berat dan dilakukan dengan over.
  6. Jika ibu hamil mengalami gejala-gejala yang mencurigakan dan tidak biasanya dialami ibu hamil jangan takut konsultasikan ke dokter. Ibu harus lebih peka dan mewaspadainya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan pengetahuan untuk anda dan suami calon orang tua yang menunggu buah hati lahir kedunia.

Reply