Perkembangan Janin Usia 5 Bulan

Perkembangan Janin Usia 5 Bulan

Mari kita membahas perkembangan janin usia 5 bulan yang sudah mengalami perkembangan yang cukup baik dilingkungan sekitarnya. Dan janinpun sudah bisa merasakan berbagai sensasi. Alis mata dan rambut halus di kulit kepalanya mulai tumbuh namun ini hanya bersifat sementara. Setelah 2 minggu setelah bayi lahir, rambutpun akan rontok. Biasanya pada pagi hari hingga sore hari janin beristirahat dan pada rentang waktu janin sudah mulai melakukan gerakan yang relative sedikit. Dan dimalam hari janinpun beraktivitas aktif dan ini yang suka di dengar bahwa ibu hamil sering begadang di tengah malam karena buah hati sangat aktif.

Perkembangan janin minggu ke 17 kulit janin berkembang. Masih terlihat merah karena pembuluh darah masih terlihat jelas. Telinganyapun sudah terbentuk sempurna. Walaupun matanya masih terpejam tapi janin sudah bisa menangkap cahaya yang terang. Berat janinpun sekitar 120gr, bentuk rahimpun terlihat oval dan akan membulat. Rahimpun akan terdorong dari rongga panggul yang mengarah ke rongga perut. Otomatis usus ibu terdorong nyaris mencapai daerah hati, hingga sering kali ibu akan merasakan sesak atau sakit yang menusuk ulu hati. Pada minggu ini ibupun akan merasakan yang namanya sering nyeri dan tidak nyaman ini disebut dengan ligament rotundum. Untuk itu disarankan menjaga sikap tubuh dan tidak melakukan gerakan-gerakan yang sekitarnya membuat janin kaget/mendadak.

Perkembangan janin diminggu ke 18 perkembangan janin sudah dapat mendengarkan suara dai luar tubuh ibu. Janin akan memberikan respon bergerak atau melompat ketika mendengar suara yang keras. Janin sudah dapat berkontraksi sehingga dapat menendang, meninju dan bergerak dengan aktif. Pada minggu ini anda akan merasakan janin anda melakukan gerakan memutar. Berat janin sekitar 150gr, rahim dapat diraba tepat di bawah pusar. Ukurannya sebesar buah semangka. Ketika terjadinya perubahan mengikuti postur tubuh sehingga menyebabkan keluhan yang sering terjadi pada punggung. Keluhan berat badan yang naik dan tidak terkendali. Anda bisa mengatasinya dengan berbaring miring ke kiri, jangan mengangkat beban berat dulu. Sempatkan mengistirahatkan kaki dengan mengangkat/mengganjalnya pakai bantal.

Pada minggu ini mulailah untuk ibu dan janin sering mengobrol agar jalinan ibu dan janin semakin erat. Ketika ibu merasakan hal yang membahagiakan, menyedihkan dan hal lainnya janinpun akan merasakan hal yang sama.

Perkembangan janin di minggu ke 19 pada minggu ini panjang janin diperkirakan sudah sampai 23cm dan berat 200gr. Pada minggu ini ibu akan semakin merasakan gerakan gerakan lucu yang diberikan buah hati anda didalam kandungan. Janin sudah bisa mulai menghisap jempolnya. System sarafnya yang terbentuk diminggu ke 4 semakin sempurna perkembangannya. Namun pada minggu ini masih rawan yang namanya terjadi apa-apa untuk itu tetap konsultasikan ke dokter apapun yang terjadi ya.

Perkembangan janin di minggu ke 20 pada minggu ini kulit sudah menutupi tubuh janin yang terdiri dari 2 lapisan yaitu epidermis yang terletak di permukaan dan lapisan dermis yang merupakan lapisan dalam. Lapisan epidermis akan membentuk pola-pola tertentu pada ujung jari, telapak tangan dan telapak kaki. Lalu untuk lapisan dermis untuk pembuluh-pembuluh darah kecil, saraf dan sejumlah besar lemak. Dengan berkembangnya janin dengan bertumbuh pesar maka kebutuhan darah semakin meningkat. Untuk ibu hamil jangan melupakan untuk mengkonsumsi makanan dengan tinggi zat besi. Dan juga suplemen yang sudah dianjurkan dokter. Otot janinpun semakin kuat setiap minggu. Anda semakin bisa merasakan gerakan janin didalam kandungan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan ibu sebagai wawasan penting tumbuh kembang buah hati pada usia 5 bulan.

Reply