Perkembangan Janin Usia 6 Bulan

Perkembangan Janin Usia 6 Bulan

Pada usia 6 bulan ini tumbuh kembang buah hati anda semakin meningkat. Garis yang sudah tampak pada telapak tangan dan ujung-ujung jarinya. System pendengaran semakin berkembang walaupun belum sepenuhnya sempurna. Proses perkembangan pembentukan tulang terus bertumbuh sehingga janin menjadi kuat. Diperkirakan pada perkembangan janin usia 6 bulan ini panjangnya sekitar 33cm dan beratnya 570gr. Pada usia ini janinpun sudah tidak bisa lagi bergerak dengan leluasa karena seluruh ruangan dalam rahim sudah terisi penuh. Janinpun sudah dalam posisi meringkuk, dengan tangan didepan dagu dan kaki ada didepan dada.

Janin semakin sempurna mendengar suara yang ada diluar dan sudah mampu merasakan apa yang sedang ibu rasakan. Jika ibu dalam kondisi badmood, sedih, senang, kesal, bahagia dan rasa lainnya janinpun akan merasakan hal yang sama. Kondisi ini dikarenakan hormone adrenalin yang diproduksi ibu yang dapat menembus plasenta sehingga mempengaruhi kondisi bayi. Ibupun akan semakin bisa merasakan bagian tubuh bayi yang bisa menyentuh dinding perut. Otot rahimpun akan meregang dan ibu terkadang akan merasakan sakit dibagian perut.

Perkembangan janin pada minggu ke 21 ini system organ tubuh mengalami pematangan fungsi dan perkembangan. Bentuk dan ukuran perut ibu semakin berkembang dan semakin besar. Jangan lakukan olahraga untuk ibu akan ini sangat beresiko anda akan terjatuh ketika melakukan olahraga berat. Bayi akan semakin aktif dan andapun akan semakin dikejutkan dengan gerakannya yang semakin aktif.

Perkembangan janin di minggu ke 22 bayi sudah mulai sadar dengan lingkungannya sedang berada di perut ibu. Janin akan merasakan ketengangan jika mendengarkan suara dan sentuhan anda di perut. Tubuh bayi mulai memproses sel darah putih yang tujuannya penting untuk bayi untuk melawan penyakit dan infeksi. Pada usia minggu ke 22 ini kelopak mata mulai menjalankan fungsinya dan melindungi mata dengan gerakan menutup dan membuka. Jantung bayipun sudah terbentuk diminggu ke 5 semakin mempersiapkan kelak ia sudah dilahirkan ke dunia.

Perkembangan janin di minggu ke 23 pada minggu ini panjang bayi sekitar 23cm. ukuran kepala bayi sudah sesuai dengan tubuhnya. Anda sudah dapat mendengarkan detak jantung bayi anda dengan stetoskop. Kulitnya tentu tampak keriput karena kandungan lemak dibawah kulitnya tidak sebanyak saat ia dilahirkan kelak. Wajah dan tubuhnya dengan keseluruhan akan mirip dengan penampilannya waktu dilahirkan nanti.

Perkembangan janin di minggu ke 24 pendengaran janin semakin tajam dan sudah terbentuk dengan sempurna. Janin akan bergerak jika ada music diluar. Nah saat ini anda akan mengenali jika buah hati anda tidak menyukai beberapa suara yang memang menurut ia tidak enak di dengar dan ia merasa terganggu. Bayi andapun sudah semakin teratur ketika ia mau beristirahat atau sudah terbangun. Anda mulai merasakan saat janin bergerak dan aktif terus atau saat ia berdiam mungkin saja sedang tidur. Kelopak matanyapun semakin indah dan sempurna karena sudah dilengkap dengan bulu mata.

Itu dia beberapa perkembangan janin usia 6 bulan yang bisa kami berikan melalui artikel kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang pentingnya mengetahui tumbuh kembang bayi anda selama di dalam kandungan sampai ia nanti lahir kedunia. Semangat ibu-ibu hamil.

Reply