Perkembangan Janin Usia 7 Bulan

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan

Senang sekali rasanya untuk perkembangan janin usia 7 bulan ini karena lemak ditubuhnya sudah mulai menumpuk, dan zat lemak tersebut di sebut dengan verinix menutupi kulit janin. Tujuan adanya lemak itu agar bayi tidak basah didalam cairan amnionnya dan tubuhnya merasakan hangat. Fungsi otak janin sudah berkembang dengan pesat dan ibupun semakin merasa bahagia buah hatinya berkembang dengan sangat baik. Permukaan otak menjadi berkerut-kerut tujuannya berguna untuk perkembangan selanjutnya.

Perlu diketahui otak manusia akan mengalami masa keemasan pada saat janin berusia 7 bulan didalam kandungan hingga 5 tahun. Untuk itu penting sekali yang namanya menjaga tumbuh kembang bayi ketika didalam kandungan dan setelah ia dilahirkan ke dunia.

Perkembangan janin minggu ke 25 beratnya sudah mencapai kira-kira 700gr dengan panjang dari kepala sampai bokongnya 22cm. bila ada indikasi medis akan dilakukan USG setiap seminggu 2x untuk melihat apakah perkembangan bayi terganggu atau tidak.

Perkembangan janin di minggu ke 26 pembuluh darah kapiler di bawah jaringan kulti janin mulai dialiri darah. Permukaan kulti yang tadinya keriput perlahan akan menjadi semakin halus dan licin. Matapun sudah terbentuk dengan sempurna, telinga sudah mampu mendengar. Kepala janin menjadi lebih kecil ketimbang tubuhnya. Diusia ini berat janin diperkirakan mencapai 850gr dengan panjang sekitar 23cm denyut jantungpun sudah jelas terdengar. Rasa tidak nyaman yang dirasakan ibu semakin bermunculan rasa nyeri pinggang, kram kaki dan sakit kepala akan lebih sering diungkapkan ibu. Karena rahim yang semakin membesar maka memberikan tekanan pada semua organ tubuh ibu. Termasuk usus kecil, kanutng kemih dan rectum. Untuk itu banyak ibu hamil suka mengeluh terkena sembelit. Dan harus bolak-balik ke kamar mandi.

Perkembangan minggu ke 27 matanya sudah terbuka dengan jelas dan melihat di sekelilingnya. Janin terlihat seperti bisa bernafas namun sebenarnya janin mengambil air bukan udara. Dan ini merupakan latihan yang baik untuk melatih paru-parunya. Pada minggu ini kelopak matanya mulai membuka. Retina yang berada dibelakang mata akan membentuk lapisan-lapisan yang berfungsi menerima cahaya dan informasi pencahayaan sekaligus meneruskan ke otaknya.

Perkembangan janin minggu ke 28 jaringan otak sudah berkembang. Janin sudah dapat bermimpi. Gerakan janin semakin kuat dengan intensitas yang semakin sering. Denyut nadinyapun semakin jelas di dengar. Dibanding dengan minggu-minggu sebelumnya lebih berisi dengan bertambah jumlah lemak dibawah kulitnya. Jumlah jaringan otak di usia kehamilan ini meningkat. Rambut dikepalanya terus bertumbuh semakin panjang. Alis dan kelopak matanya sudah terbentuk. Selaput yang semula menutupi bola matanya sudah hilang.

Semakin bertambahnya usia kehamilan anda maka anda harus semakin menjaga pola makannya jangan apa saja dimakan ya bunda harus mengontrol karena semakin banyaknya bunda makan maka semakin membuat bunda merasa sesak. Rencanakan dan perhatikan tempat persalinan kelak untuk buah hati anda. Coba di seimbangkan olahraga yang ringan-ringan saja namun sering agar bunda semkain siap melahirkan buah hati ke dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan membawa wawasan yang luas untuk ibu pentingnya mengetahui perkembangan janin di usia ke 7 bulan. Semangat bunda 2 bulan lagi menuju proses persalinan.

Reply