Perkembangan Janin Usia 8 Bulan

Perkembangan Janin Usia 8 Bulan

Pada perkembangan usia ini bayi mengalami perkembangan indera yang sudah mulai berfungsi. Gerakan bayi didalam kandungan semakin dirasakan dengan jelas. Janinpun sudah terbentuk dengan sempurna. Posisinyapun sudah mulai berada di bawah namun tidak selamanya bisa berganti posisi lagi. paru-parupun semakin tumbuh sempurna sampai plasenta mencapai kematangan. Diperkirakan panjang janin sudah mencapai 45-50cm dan beratnya suah mencapai 1,8kg. wajar saja jika bayi didalam kandungan sudah merasakan sempit dan tidak banyak pergerakan.

Saat perkembangan janin usia 8 bulan ini sudah mencapai 33 minggu kuku jari tangannya sudah mulai tumbuh. Kelopa matapun sudah dapat membuka dan menutup dengan sempurna dan sudah di tumbuhi dengan bulu mata. Oksigen yang dibutuhkan janin masih disuplai oleh ibu. Karena bayi belum bisa bernafas dengan sempurna fungsi dari paru-paru dan ginjalnya belum sempurna. Hal yang mulai di pelajari buah hati yaitu mengenal suara ibu dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Pada usia ini cobalah sering melakukan komunikasi kepada buah hati anda misalkan menceritakan buku dongeng sebagai pengantar tidur.

Pada bulan ke 8 ini otak janin terus berkembang dengan cepat. Fungsi otak dalam menghantarkan rangsangan syaraf semakin baik. Pada usia 8 bulan ini aktivitas janin sudah mulai menyesuaikan dengan aktivitas ibunya. Janin akan sering beraktivitas pada siang hari. Dan pada malam hari ia akan beristirahat.

Perkembangan janin minggu ke 29 pada minggu ini posisi janin semakin siap untuk dilahirkan kepalanya sudah kea rah bawah. Jaringan lemaknya terus terbentuk. Beratnyapun sudah sekitar 1250gr dengan panjang rata-rata 37cm. bagi setiap ibu hamil kelahiran premature harus diwaspadai karena meningkatkan keterlambatan perkembangan fisik dan juga mental. Jika buah hati anda dilahirkan pada minggu ini, ia sudah mampu bernafas namun dengan susah payah, buah hati anda sudah bisa menangis namun masih terdengar belum sempurna. Di minggu ini kemungkinan bayi lahir premature cukup besar.

Perkembangan janin minggu ke 30 pada minggu ini puncak rahim yang berada sekitar 10cm di atas pusar memperbesar rasa tak nyamanpun semakin dirasakan ibu. Cobalah ajak suami anda untuk mengajak buah hati berbicara dan coba berikan sentuh yang membuat buah hati memberikan respon gerakannya. Otaknya semakin berkembang dengan cepat.

Perkembangan janin minggu ke 31 berat janin sudah sekitar 1600gr dan panjang 40cm. ini perlu menjadi catatan waspadai jika muncul gejala nyeri dibawah tulang iga sebelah kanan, sakit kepala, penglihatan kunang-kunang serta ada darah tinggi hingga mencapai peningkatan lebih dari 30ml anda harus dilakukan pemeriksaan rutin setiap berkunjung ke bidan atau dokter dan jangan takut memberikan pertanyaan ke dokter atau bidan. Kaki yang bengkak wajar dialami. Untuk menguranginya banyak beristirahat dengan berbaring miring dan juga mengurangi aktivitas. Janin akan bertumbuh besar ruang rahim menjadi lebih sedikit. Gerakan janinpun sudah tidak selincah dibulan sebelumnya.

Perkembangan janin minggu ke 32 janin sudah berada dibawah samapi nanti ia dilahirkan. Harapan semua ibu semakin ia hanya ngulet-ngulet kecil dan tidak berganti posisi yang membingungkan lagi. pada minggu ini diperkirakan berat janin 1800-2000gr dengan panjang tubuh 42cm. untuk ibu yang memang punya riwayat sakit jantung dan tekanan darah maka semakin besar pula peluang terjadi penjepitan di pembuluh darah. Untuk itu tetap berdoa dan yakin bahwa buah hati dan anda bisa selamat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda sebagai ibu yang bijak untuk mengetahui perkembangan janin usia 8 bulan ini. Semangat bunda karena persalinan 1 bulan lagi tetap sehat demi tumbuh kembang buah hati.

Reply