Perkembangan Janin Usia 9 Bulan

Perkembangan Janin Usia 9 Bulan

Sekarang bundapun sudah memasuki perkembangan janin usia 9 bulan. Dan pada bulan inilah merupakan bulan yang di tunggu-tunggu anda dan suami menantikan calon buah hati lahir kedunia rasanya pasti sudah tidak sabar ingin bertemu selama 9 bulan didalam kandungan. Tapi pasti saja ada rasa kekhawatiran namun jangan terlalu dikhawatirkan karena jika anda terlalu berlebihan memikirkannya ini membuat anda merasa tidak nyaman juga, bahkan bisa stress dan juga depresi. Tentu ini tidak mau anda alami untuk itu dibawa santai saja namun anda tetap optimis karena ingin bertemu buah hati anda.

Tentu ibu sudah mempunyai tanggal yang diperkirakan dokter kapan akan melaksanakan persalinan 5% bayi yang lahir tepat pada tanggal yang sudah diperkirakan. Tetap berfikir positif dan tenang jika agak meleset dari tanggal yang ditentukan dan jangan lupa sambil bicarakan dengan buah hati anda untuk segera ketemu dengan ayah dan bundanya karena kami percaya interaksi bayi dengan orang tuanya mempengarhui apa yang akan dilakukan bayi.

Pada perkembangan kehamilan usia 9 bulan janin didalam kandungan sudah mencapai tahapan yang sempurna dan ia siap dilahirkan ke dunia. Untuk usia sebelum 9 bulan yaitu usia 8 bulan sebaiknya anda sudah mulai memperlajari dan mempersiapkan diri usahakan jangan jauh-jauh dari rumah sakit. Karena ketika terjadi kontraksi andapun sudah ready.

Perkembangan di minggu ke 37 jika ini merupakan kehamilan pertama anda umumnya yang terjadi kepala bayi dalam rahim anda sudah berada pada bagian lubang panggul dan disangga oleh tulang panggul. Namun jika ini merupakan pengalaman kesekian kalinya anda mengandung kemungkinan kepala buah hati anda belum turun, namun ada beberapa ibu yang cepat sekali proses turunnya kepala bayi tergantung bagaimana ibu mempersiapkan sebelum persalinan yang terpenting. Tentu pada minggu ini rambut bayi sudah panjang. Namun ada juga berkembangan rambut bayi yang masih sedikit.

Perkembangan di minggu ke 38 perkembangan dibulan terakhir ini buat berat badan si kecil didalam rahim semakin berkembang dengan baik. Panjangnya tubuh si kecil semakin bertambah. Dan sekarang organ bagian tubuhnya sudah tumbuh dengan sempurna dan berada di tempat yang seharusnya. Paru-paru di minggu ini adalah organ yang paling lambat mencapai kematangan. Namun jangan khawatir seiring dengan perkembangan dan bertambahnya usia organ ini akan berkembang dengan baik.

Perkembangan di minggu ke 39 disini minggu dimana bayi anda bisa kapan saja dilahirkan. Beratnya sudah diperkirakan sekitar 3kg. dan untuk panjang tubuhnya sudah mencapai 50cm. lapisan vernix caseosa yang selama ini melindungi kulit si kecil dalam rahim mulai meluruh dan membuat cairan ketuban yang sebelumnya jernih lalu berubah menjadi keruh. Pertumbuhan bulu di kepala dan rambutnyapun sudah semakin menebal. Kukunyapun sudah memanjang. Pada umumnya dokter akan menunggu sekitar 2 minggu jika bayi belum kunjung lahir pada tanggal yang sudah diperkirakan.

Perkembangan di minggu ke 40 ini adalah minggu terakhir dan bayi sudah siap dilahirkan. Bayi anda sudah mampu menguasai kemampuan yag ia butuhkan untuk bisa bertahap hidup di luar rahim. Bayipun sudah sering menghisap jempolnya ini melatih seperti nanti ia akan mencari payudara ibu untuk dapat menyusui. Pada minggu ini tubuh anda akan terus memproduksi cairan ketuban walaupun dalam kadar sedikit hingga buah hati anda lahir ke dunia. Untuk itu penting sekali anda mempersiapkan kebutuhan cairan dalam tubuh dengan baik.

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil pada trimester terakhir ini berat badan anda mengalami sedikit penambahan dibandingkan dengan usia kehamilan sebelumnya itu sudah pasti. Pasokan cairan ketuban didalam rahim sudah semakin berkurang sejak di usia 37 minggu. Ibu akan sering merasakan yang namanya kontraksi palsu. Tubuh anda akan dipersiapkan persalinan dengan leher rahin yang mulai meregang dan melepaskan lendir. Selama anda mengandung lendir ini akan menutupi jalan lahir karena mencegah adanya bakteri masuk ke dalam. Jika keluarnya lendir maka bisa menjadi pertanda bahwa persalinan akan terjadi dalam waktu yang dekat.

Itu dia beberapa hal yang sudah kami sampaikan melalui artikel kali ini tentang perkembangan janin usia 9 bulan yang selama ini ditunggu calon orang tua. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pentingnya mengetahui perkembangan anak.

Reply