Perkembangan Kehamilan 23 Minggu Yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

Perkembangan Kehamilan 23 Minggu Yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

Anda salah satu ibu hamil dengan usia kandungan 23 minggu? Atau ini adalah usia kehamilan yang akan datang? Nah untuk anda yang sudah memasuki kehamilan 23 minggu berat janin didalam kandungan semakin bertambah. Kini tubuhnya tidak hanya sekedar tulang kecil yang terbungkus oleh kulit keriput kemerahan, namun sudah perlahan memiliki otot. Panjang badan dari kepala hingga jemari yaitu sekitar 11 hingga 12 inchi.

Pada usia 23 minggu ini janin semakin akif mulai dari memainkan plasenta dan menendang-nendang. Bahkan indera pendengaran bayi sudah berfungsi dengan sangat baik. Kini telinganya sensitive terhadap suara-suara yang ia dengar. Ada kalanya ibu memberikan music-musik klasik ini merupakan upaya menjadikan salah satu pilihan untuk menstimulus perkembangan bayi. Dan pada kehamilan 23 minggu ini posisi uterus akan berada satu senti diatas pusar. Hal ini berarti kondisi perut yang semakin membulat. Pada kondisi ini membuat ibu hamil merasakan ingin makan terus karena semakin meningkatnya kebutuhan nutrisi pada perkembangan janin.

Tubuh membutuhkan asupan lemak dan protein untuk menjaga kesehatan serta tumbuh kembangnya. Maka dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harus menjadi focus penting untuk menunjang tumbuh kembang janin. Perhatikan setiap asupan makanan sehari-hari karena ini akan berpengaruh dan juga dirasakan oleh janin. Dan juga tinggkat stress ibu hamil sudah harus diatur jangan sampai ibu hamil merasakan stress yang akan berdampak pada perkembangan janin. Usahakan supaya anda tetap tenang dalam menyingkapi setiap perubahan pada kehamilan.

Pada dasar usia kehamilan 23 minggu sudah terbentuk otak yang berfungsi mendekati sempurna. Kini kesadaran motorik serta spasial janin sudah bisa berfungsi dengan baik. Janin sudah bisa menghisap jempol sendiri. Sekilas mungkin ini terlihat biasa namun ini merupakan tindakan kemampuan untuk mengendalikan otot dada. Dalam mencukupi kebutuhan itu sendiri maka anda harus tetap memberikan asupan makanan yang bergizi tinggi. salah satunya yaitu produk olahan susu seperti keju. Kaju yang akan anda konsumsi pastikan sudah melewati proses pasteurisasi. Hal ini supaya terbebas dari ancaman infeksi bakteri dan kuman penyebab penyakit yang bisa membahayakan kesehatan janin.

Pada usia 23 minggu ini anda juga harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Selain itu kebutuhan cairan tubuh harus diperhatikan supaya terhindar dari resiko dehidrasi dan gangguan penyakit lainnya. Jangan lupa juga untuk anda lakukan olahraga ringan seperti jalan santai dipagi hari. Dan jangan lupa lakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan untuk mendeteksi kondisi kehamilan anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan semangat terus bunda sampai masa persalinan tiba.

Reply