Perlu Di Ketahui 5 Penyebab Gangguan Tidur Pada Ibu Hamil

Perlu Di Ketahui 5 Penyebab Gangguan Tidur Pada Ibu Hamil

Pada saat memasuki kehamilan perubahan yang terjadi pada anda di rasa memang perlu penyesuaian. Dan tentu untuk anda yang baru pertama kali mengandung bukan hal yang mudah semakin berkembanganya jaman semakin mudah teknologi yang gampang di jangkau, dan di website kami akan membahas 5 penyebab gangguan tidur pada ibu hamil yang sering dirasakan, sekarang anda termasuk yang merasakannya atau akan merasakannya? Tidak ada salahnya mengantisipasikan sebelum anda mengalaminya. Perubahan hormone selama masa kehamilan yang mengakibatkan anda mengalami beberapa gangguan. Gangguan yang umum terjadi seperti masalah mual, dan muntah / disebut morning sickness. Termasuk gangguan tidur akan meningkat pada usia kandungan memasuki trimester akhir menginggat pertumbuhan bayi yang semakin besar menyulitkan anda mendapatkan posisi tidur yang nyaman.

Simak berikut ini apa saja 5 penyebab gangguan tidur pada masa kehamilan dan bagaimana cara mengatasinya :

  1. System pencernaan anda

Kehamilan akan membuat system pencernaan anda terhambat sehingga kemampuan tubuh menyerap nutrisi akan ikut menurun. Dan kasus ini banyak yang di alami terutama tidak cukupnya dalam memenuhi kebutuhan serat dan cairan di tubuhnya rentan terkena sembelit. Ketika memasuki trimester terakhir dimana tubuh bayi semakin membesar dan ini menyebabkan tekanan pada usus ibu hamil. Dan pada gangguan ini sungguh menggangu jam istirahat ibu hamil, cara mengatasinya tidur tegak di kursi ketika istirahat siang atau apabila tidak memungkinkan solusi yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter.

  1. Posisi tidur

Pada masa kehamilan yang semakin membesar anda akan sulit menentukan kenyamanan saat tidur, maka itu di anjurkan pada kehamilan trimester ketiga posisi tidur dengan miring ke sebelah kiri karena akan memudahkan untuk aliran darah yang lebih baik ke plasenta. Namun pada intinya di sesuaikan lagi perubahan perut anda yang semakin membesar.

  1. Masalah mimpi buruk selama kehamilan

Tentu gangguan ketika anda sudah tertidur yaitu mimpi buruk sehingga terbangun di malam hari, jika anda sulit mengelolah fikiran dan tingkat stress anda mungkin anda akan melek sampai pagi hari. Bukan suatu hal yang mudah mengalami dan melewati proses kehamilan. Usia kehamilan anda semakin bertambah untuk itu sebaiknya anda dapat membuat rileks dan mendapatkan istirahat cukup di siang hari.

  1. Kram kaki

Penyebab satu ini terjadi karena adanya kelelahan yang dialami otot di daerah kaki akibat berat badan yang bertambah selama kehamilan dan juga dikarenakan aliran darah dari kaki yang semakin membesar. Cara mengatasinya anda bisa pijat kaki atau merendam kaki dengan air hangat. Bisa juga anda berjalan-jalan beberapa menit saja untuk mengatasi kram yang di alami.

  1. Terbangun karena ingin buang air kecil

Semakin bertambahnya usia kehamilan anda maka semakin anda akan sering membuang air kecil, dan ini menjadi kebiasaan saat hamil. Untuk itu pastikan anda buang air kecil sebelum tidur, perhatikan dari pencahayaan kamar anda agar ketika terbangun anda tidak tersandung atau apapun karena posisi badan yang setengah sadar. Usahakan jangan langsung terbangun tapi sedikit mempunyai jeda waktu sebelum anda beranjak dari tempat tidur. Semangat dan tetap sehat semoga bermanfaat.

Reply