Perlu Diketahui Ciri-Ciri Orang Hamil / Tanda Awal Kehamilan

Perlu Diketahui Ciri-Ciri Orang Hamil Tanda Awal Kehamilan

Bagi sepasang suami istri yang baru saja menikah mendambakan seorang anak merupakan kebahagianan yang luar biasa dan memberikan kehangatan dan keharmonisan yang bisa dirasakan ditengah-tengah keluarga kecil anda. Ketika beberapa wanita yang menganggap dirinya telah hamil namun ternyata setelah diperiksakan ke dokter belum ada tanda-tanda janin didalam kandungannya. Hal yang dialami beberapa wanita tidak menstruasi atau telat menstruasi namun ternyata itu bukanlah satu-satunya tanda kehamilan yang menjadi tolak ukur bagi anda untuk menentukan anda hamil.

Dan kali ini kami akan membahasnya dengan benar mengenai ciri-ciri orang hamil atau tanda awal kehamilan yang wajib diketahui agar tidak salah mengira apapun yang terjadi/tanda-tanda yang ternyata anda tidak hamil, langsung saja simak berikut ini :

  1. Perubahan bentuk tubuh

Ini merupakan salah satu tanda-tanda kehamilan yang umum terjadi. Perut terlihat lebih besar dan ini tidak bisa ditutupin atau dipungkiri. Bukan hanya bagian perut yang besar, namun seperti bokong, paha, lengan, dan dadapun ikut membesar. Tanda selanjutnya yang bisa dilihat yaitu bibir organ intim yang berubah warna, warna yang berubah menjadi pucat atau kehitaman dari yang semula berwarna merah muda. Pada awal kehamilan akan keluar seperti keputihan, namun cairan tersebut merupakan proses pembuhanan yang dihasilkan oleh cervical mucus.

  1. Perubahan pada payudara

Pada saat masa kehamilan perubahan payudara yang semakin terlihat dimana terasa lebih berat, sakit dan bahkan nyeri pada saat dipegang. Payudara anda mulai membesar pada dua minggu pertama awal kehamilan, proses ini sebagai persiapan untuk memproduksi susu utamanya bagi pada wanita muda. Penyebab perubahan ini karena produksi hormone esterogen dan progesterone meningkat dengan cepat. Hasilnya wanita hamil lebih sensitive apabila tersentuh walaupun tersentuh dengan branya sendiri dan ini menimbulkan rasa nyeri. Tekstur dada akan menjadi lebih lembut saat diraba dan biasanya muncul sedikit rasa gatal setelah 1 minggu.

  1. Kelelahan yang sangat lelah

Wanita yang sedang hamil akan mengalami kelelahan yang teramat sangat lelah di awal kehamilannya. Dan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk tidur terutama pada minggu pertama ataupun minggu kedua pada awal kehamilan. Tubuh akan bekerja dengan sangat keras dengan memompa hormone dan darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin yang ada didalam kandungan. Adanya jumlah progesterone yang banyak didalam tubuh akan membuat tubuh anda merasa sangat mengantuk dan cepat lelah. Jantung juga akan memompa lebih keras dan cepat dari biasanya.

  1. Sering buang air kecil dan konstipasi

Pada saat hamil janin yang ada didalam rahim tentu membutuhkan ruang yang lebih didalam rahim. Dan ini mengakibatkan kandungan kemih menjadi tertekan, dan membuat frekuensi buang air kecil anda menjadi semakin meningkat. Kandungan kemih juga akan dipenuhi dengan urine.

  1. Sering mual

Ini dia tanda yang pada umumnya terjadi. Dan mempunyai ciri-ciri yang signifikasi. Mual terjadi pada awal kehamilan rasa mual biasanya akan dialami pada minggu ke 4 sampai minggu ke 8 masa kehamilan. Rasa mual pada wanita hamil dapat terjadi kapan saja. hal ini karena kadar estrogen yang meningkat drastic yang diproduksi oleh plasenta dan janin itu sendiri. Tidak hanya mual muntah-muntah namun ibu hamil juga akan lebih sensitive terhadap bau kopi, rokok dan makanan, parfum dan lain sebagainya.

  1. Mengalami flek darah ataupun nyeri pada perut

Pada awal kehamilan sangat dimungkinkan bagi anda untuk mengalami pendarahan. Namun darah yang keluar memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan warna darah haid. Proses ini akan terjadi sekitar 10 atau ¼ hari setelah adanya pembuahan. Rasa nyeri diperut hampir sama dengan rasa nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan rahim mulai membesar.

  1. Sakit kepala

Sakit kepala biasanya anda akan merasa gamang atau seperti sedang berdiri diatas kapal. Rasa pusing saat hamil bisa dipicu karena kurangnya kadar gula dalam tubuh.

  1. Berubah persepsi tentang makanan tertentu

Ibu hamil akan merasa mual apabila melihat dan mencium bau dari sesuatu makanan, sebaliknya ibu hamil juga pasti banyak yang mengalami masa ngidam. Hal ini terjadi karena perubahan hormone yang ada dalam tubuh.

  1. Gelaja PMS

Tidak hanya terjadi saat anda akan mengalami haid saja. namun gejala ini dapat terjadi pada awal masa kehamilan seperti perut kembung, pinggang terasa sakit, nyeri pada payudara, dan nafsu makan yang meningkat.

  1. Perubahan mood

Meningkatnya berbagai macam hormone yang ada didalam tubuh membuat rasa emosional anda tidak bisa dikendalikan, anda menjadi lebih sensitive dari biasanya. Suka emosional, dan bahkan biasa menangis dari biasanya.

Itu dia beberapa ciri-ciri orang hamil yang wajib diketahui oleh semua wanita. Salah satu yang perlu anda ketahui adalah ketika anda mengalami salah satu atau ebberapa gejala diatas bukan berarti bahwa anda telah positif hamil. Untuk hasil yang lebih akurat gunakan test pack dan jangan lupa memeriksakan ke dokter kandungan ataupun bidan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Reply