Posisi Bayi 8 Bulan Dalam Kandungan Yang Perlu Di Ketahui

Posisi Bayi 8 Bulan Dalam Kandungan Yang Perlu Di Ketahui

Anda salah satu bunda yang sedang hamil dan sudah memasuki usia 8 bulan? Atau sedang merencanakan kehamilan dan mau mengetahui proses perkembangannya. Langsung saja kita bahas perkembangan janin 8 bulan bisa dikatakan adalah perkembangan yang hampir mendekati persalinan atau kelahiran janin ke dunia. Pada usia 8 bulan ini disarankan untuk bunda tidak lupa memeriksakan kandungannya setiap dua minggu sekali. Hal ini karena semakin mendekati persalinan ibu maka harus rutin mengecek kondisi janin yang ada didalam kandungan.

Tidak hanya janin saja yang berkembang setiap harinya namun tubuh ibu hamilpun mengalami berbagai macam perubahan. Dan disini ibu harus mempersiapkan segala perubahan yang terjadi. Lalu bagaimana proses bayi 8 bulan dalam kandungan yang dimana perkembangannya semakin meningkat dan bertambah. Perkembangan janin yang dilalui atau yang terjadi pada janin dapat membuat bunda terkejut karena perkembangan dan pertumbuhan janin yang ada didalam kandungan semakin segnifikan, simak berikut ini :

  1. Saat usia 8 bulan janin sudah aktif didalam perut bayi. Janinpun sudah mempunyai ikatan batin yang kuat. Jika ibu hamil stress maka janin didalam kandungan dapat mengerti perasaan ibunya. Janin akan terus bergerak baru bisa diam ketika perasaan ibunya tenang dan bisa meredakan stresnya.
  2. Otak janin yang sudah berfungsi secara aktif, untuk itu ibu hamil harus mendukugn pertumbuhan otak janin dengan cara ibu hamil mengkonsumsi suplene, vitamin dan makanan sehat dan juga bergizi.
  3. Semua indera pada janin sudah mulai berfungsi
  4. Janin lebih aktif pada siang hari ataupun malam hari
  5. Perkembangan janin 8 bulan sudah terbentuk dengan sempurna. Posisi janinpun seharusnya sudah berada diatas panggul dan saat usianya 9 bulan kepala janin akan masuk kedalam panggul.
  6. Paru-paru janin sudah terbentuk sempurna.
  7. Plasenta atau ari-ari sudah mencapai kematangan.
  8. Mata janin sudah lebih focus dibandingkan dengan bulan sebelumnya janinpun sudah bisa berkedip.
  9. Ibu hamil bisa tahu kapan janin tidur dan kapan janin bangun.
  10. Perkembangan janin 8 bulan sudah memiliki berat 1,8kg dan panjangnya 45-50cm dengan panjang tersebut wajar saja jika janin merasa tidak nyaman berada didalam rahim karena tubuh janin yang semakin membesar.
  11. Cairan ketuban sudah dalam tahap yang maksimal setelah itu cairan ketuban akan mengalami pengurangan.
  12. Gerakan janin meningkat.
  13. Pengenceran darah akan terjadi saat usia ini.
  14. Ibu hamil harus berhati-hati dengan kelainan yang dimilikinya, terutama ibu hamil yang memiliki kelainan jantung.

Itu dia beberapa posisi dan perkembangan bayi 8 bulan yang perlu semua ibu hamil mengetahuinya agar menghindari yang namanya posisi sungsang atau berputarnya janin ke posisi yang tidak baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Reply