Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Pas Dan Nyaman

Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Pas Dan Nyaman

Ketika kehamilan menjadi hal yang dinantikan anda dengan suami selamat sekarang anda sudah mendapatkannya. Ketika kehamilan terjadi banyak sekali hal-hal yang belum ditemukan pada biasanya. Misalkan saja seperti yang akan kami bahas kali ini ini yaitu posisi tidur ibu hamil yang nyaman dan nyenyak sehingga tidak menggangu kualitas tidur ibu dan janin. Ada sejumlah alasan untuk ketidaknyamanan ini, tapi ada posisi tidur terbaik untuk ibu hamil yang membantu memberikan kualitas tidur yang lebib berkulitas.

Kita cari tau dulu mengapa ibu hamil sulit tidur dengan nyenyak? Karena ketika anda hamil tubuh anda melalui berbagai perubahan. Perubahan ini yang cenderung menggangu disebabkan karena ukuran perut  yang semakin membesar, sakit punggung, nyeri asam lambung, nafas pendek, insomnia. Ketika kehamilan anda masih trimester pertama tidak perlu banyak yang dikhawatirkan untuk posisi tidur anda. Anda masih bisa telentang dan tengkurep. Tapi jangan terlalu sering ya karena bukan berarti tidak beresiko ini memberikan resiko yang membahayakan janin juga tentunya untuk itu jangan sering dilakukan dengan sering.

Lalu posisi tidur seperti apa yang baik untuk ibu hamil? yaitu posisi menyamping, namun tidak sembarangan juga ya. berbaring menyamping ke sisi kanan jauh lebih baik dari pada tidur telentang atau tengkurep selama pada tahap kehamilan. Namun lebih bagus lagi posisi tidur ke sisi sebelah kiri anda. Dan ini akan memberikan kualitas tidur yang lebih nyenyak. Karena pada posisi ini mencegah rahim menekan hati anda, dan terus memungkinkan bayi untuk menerima nutrisi dan oksigen melalui plasenta tanpa hambatan. Tidur menyamping ke kiri memungkinkan sirkulasi darah yang optimal. Dimana tubuh tidak akan bekerja keras untuk memastikan anda memiliki aliran darah yang optimal untuk anda dan janin.

Posisi menyamping yang nyenyak yaitu saat berbaring tarik kaki anda kedalam, layaknya model seperti janin didalam kandungan lalu jangan lupa selipkan guling diantara kaki anda. Jika pada kehamilan anda pada trimester pertama sedikit akan mengalami kesulitan. Simak berikut tips sederhana yang bisa dilakukan :

  1. Sanggah perut dan punggung, letakan bantal yang empuk dibawah perut atau diantara lutut anda. Anda bisa membeli dan mencari bantal khusus penyanggah.
  2. Jika sesak nafas anda bisa sisipkan bantal dibawah sisi anda untuk mengangkat dada anda lebih tinggi.
  3. Untuk nyeri asam lambung sanggah kepala tempat tidur beberapa cm dengan buku atau balok. Hindari makanan yang pedas sebelum tidur untuk mencegah maag kambuh.
  4. Lakukan pernafasan yoga yang ringan, meditasi sebelum tidur untuk mempersiapkan tubuh dalam kondisi tenang.
  5. Ketika anda punya kebiasaan harus kekamar mandi dulu sebelum tidur segera selesaikan dahulu agar anda mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak dan baik.

Jangan panic jika anda menyadari posisi tidur yang tidak sesuai. Karena lebih baik membiarkan tubuh anda tetap di tempat yang menurutnya paling nyaman dari pada mencoba untuk membangunkan diri untuk membenarkan posisi tidur terkecuali jika anda merasakan ketidaknyamanan. Ketika kualitas tidur anda baik maka semakin baik kondisi anda bisa melakukan berbagai aktivitas. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan wawasan untuk anda mendapatkan posisi tidur yang nyaman dan nyenyak.

Reply