Proses Perkembangan Bayi 11 Bulan

Proses Perkembangan Bayi 11 Bulan

Anda sudah melewati masa persalinan yang jujur pastinya membuat anda dan suami deg-degan dan rasanya campur aduk. Tapi semuanya terbalas ketika anda dan suami melihat dan merasakan perkembangan bayi anda dari bulan ke bulan. Apakah yang akan terjadi pada perkembangan bayi 11 bulan dan kali ini kami akan membahas proses perkembangan bayi 11 bulan yang cenderung pada usia ini bayi sudah berlatih untuk keluar dari dirinya sendiri dan mereka biasanya akan cenderung butuh teman untuk bermain dan belajar. Pada perkembangan ini bayi sudah mulai belajar konsep berbagi. Mulai dari mainan yang dimilikinya atau makanan. Namun ada juga bayi yang tidak mau berbagi kepada temannya karena berfikir takut mainannya diambil atau di pinjam karena dia menganggap semua mainannya adalah miliknya.

Pada proses perkembangan bayi 11 bulan sudah mulai bisa menyusuk dan mengelompokkan barang-barangnya. Misalkan anda punya anak dua dan usia anak pertama anda lebih tua beberapa bulan dan usia anak kedua yaitu 11 bulan nah disini anak anda sudah bisa memisahkan barang-barangnya dengan barang-barang milik orang tua atau kakaknya. Andapun sebagai orang tua semakin dilatih untuk bisa mengajarkan barang-barang anak anda yang mana saja dan barang-barang yang bukan miliknya.

Pada usia 11 bulan bayi sudah bisa duduk tenang dan menunggu anda membacakan cerita. Belikan buku cerita yang menarik perhatiannya. Melihat berbagai gambar dan bentuk dan membalik-balik buku halaman dan cerita. Dan bayi bisa menunjukkan gambar yang pernah dia baca dibuku ceritanya. Bayi lebih cenderung sangat penasaran akan hal-hal sekitar mulai dari pembicaraan kita, dan apa saja bisa masuk kedalam mulutnya mulai dari benda yang dipegang dll untuk itu perhatian orang tua sangat harus lebih peka dan cepat. Ibu juga bisa mengajarkan bayi anda untuk mencintai buku sedari dia bayi. Nah kami juga akan memberikan tips sederhana yang bisa ibu lakukan untuk anak usia 11 bulan.

Tips :

Ibu bisa memanfaatkan dan memberikan waktu khusus pada malam hari sewaktu ingin tidur untuk memberikan dongeng atau membaca buku cerita untuk anak. Disini ibu melatih anak untuk rajin membaca dan mengenal beberapa kata sehingga bayi akan mudah mengingat. Sebisa mungkin ibu memberikan nada bercerita yang menyenangkan agar bayi terkesimah melihat bunda bercerita. Usahakan lebih peka dan cepat memperhatikan buah hati karena apapun yang ada tangannya pasti akan masuk kedalam mulutnya. Dan itu tentu berpengaruh tidak baik bagi kesehatannya. Disini kesabaran ibu semakin dilatih dalam mengurus buah hati akan semua perkembangan yang membutuhkan waktu. Semangat bunda.

Reply