Proses Perkembangan Bayi 4 Bulan

Proses Perkembangan Bayi 4 Bulan

Pada proses perkembangan bayi 4 bulan sungguh membuat ibu dan ayah takjub. Walaupun memang belum banyak yang perubahannya namun hal baru yang bisa dilakukan sudah lumayan banyak dan disini tugas seorang ibu harus lebih di tingkatkan lagi mulai dari perhatiannya karena dia semakin aktif dalam melakukan berbagai macam dan mulai penasaran dengan lingkungan sekitarnya. Pada perkembangan bayi diusia 4 bulan ini sudah terlihat sekali dari mulai suaranya dan tawanya yang keluar dari mulutnya. Pada usia ini bayi akan sering tertawa dan suaranya semakin jelas perlahan-lahan.

Dan perkembangan lainnya yaitu bayi sudah bisa tengkurep, dan disaat bayi sudah berhasil tengkurep, dia akan berusaha memandang kedepan dengan cara mengangkat kepala dan bahunya dengan bertumpu pada tangannya. Dengan mendongakkan kepalanya bayi bisa melihat kesemua arah dan mengeksplorasi benda-benda disekelilingnya. Dan juga bayi bisa memperkuat otot-ototnya tangannya. Pada usia 4 bulan ini senang sekali bayi berguling-guling. Hal ini membantu sekali motoriknya berkembang dengan baik. Jangan lupa berikan tepuk tangan jika bayi bisa menguasai dan berguling dengan baik hal tersebut agar dia terus melakukannya dan merasa dia sudah berhasil dan mau lagi mencobanya.

Pada usia ini bayi sudah mulai memasuki apapun yang dia pegang kedalam mulutnya untuk itu ibu dilatih agar terus perhatikan yang sekiranya sering dipegang oleh sang buah hati. Selain itu, bayi usia 4 bulan juga sudah bisa merasakan emosi orang tua. Jika anda berbicara dengan nada yang agak lebih tinggi maka sang bayi akan terdiam selain itu dia juga sudah mengenali mimik raut muka anda sehingga jika anda menunjukkan wajah yang sedih setiap saat, maka hal itu akan juga mempengaruhi kondisi emosionalnya. Selain itu jika anda aktif mengajak anak bercanda dan mengobrol dan juga bermain, maka secara tidak langsung anda dapat membentuk karakternya. Jangan pernah lewatkan masa-masa perkembangan buah hati anda dari bulan ke bulan, tahun ketahun karena ini merupakan moment yang bisa anda rasakan sekali seumur hidup anda dan bertujuan dapat membantuk karakter yang baik.

Tips yang bisa anda lakukan : bisa mulai coba ajarkan untuk melambaikan tangan atau bersalaman. Tetap awasi ketika bayi anda sedang tidur, walaupun disini peran orang tua dalam menjaganya semakin dilatih tapi jangan sampai bayi anda merasa dikengkang. Dan anda bisa membelikan mainan yang mengasa motorik anak anda dengan mainan yang bersuara. Tanpa anda sadari hal yang paling menyenangkan ketika usia 4 bulan anak anda yaitu ketika anda sedang memandikannya karena saat mandi anak anda bisa menujukkan gaya-gaya yang lucu dan lebih aktif. Ini hal yang tidak pernah terjadi namun sebaiknya anda jangan meninggalkan buah hati anda saat sedang mandi. Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi karena kelalaian orang tua.

Reply