Proses Perkembangan Bayi Minggu Pertama

Proses Perkembangan Bayi Minggu Pertama

Selamat buat anda yang akan segera menjadi calon ibu atau sudah melewati masa persalinan. Tentunya bukan hal yang mudah bagi seorang ibu baru melewati dan mengetahui apa saja proses perkembangan bayi minggu pertama. Dan bunda harus mengenal dan mengetahui informasi-informasi penting agar setiap perkembangannya yang mungkin tidak wajar dan wajar anda tidak panic sendiri ketika sedang mengurus buah hati anda. Sebisa mungkin usahakan untuk istirahat yang cukup namun jangan lupakan untuk mengikuti olahraga atau senam pasca melahirkan untuk memulihkan peredaran darah dan mengembalikan otot-otot yang meregang ke bentuk semula.

Selama beberapa minggu jangan heran kebiasaan makan dan tidur bayi anda belum terpola, namun dengan mempelajari perilaku dan kebiasaannya, anda akan segera menemukan cara terbaik untuk mengatasinya. Dan pada awalnya bayi akan sering menyusu dan menuntut namun setiap kali dalam jumlah sedikit. Proses ini bagus untuk mendorong persediaan susu anda, dan membuat anda harus sering bersentuhan fisik dengannya. Disamping itu hisapan tersebut akan merangsang rahim anda untuk mengerut kembali ke bentuk awal ini, sekitar 80% dari waktu terjadi bayi mulai menatap wajah anda. Pada minggu pertama ini daya tangkap bayi berada ditingkat yang paling teliti, karena ia mendapatkan segalanya dari anda, tanpa menyentuh, mendengar suara, serta menghirup aroma tubuh anda. Dan bayi akan merasakan untuk menggunakan dan mengembangkan kemampuan yang sudah dibawanya saat dilahirkan.

Kepalanya yang memanjang kini mulai membulat, rambut-rambut halus yang menutupi tubuhnya berguguran, warna kulit dan kotornya akan lebih normal. Ketika bayi tidur akan membantuk seperti ia didalam janin berikan sentuhan yang lembut dan belaian yang lembut juga. kepala bayi masih perlu di topang saat anda mengangkatnya. Jika anda sering menggendongnya bayi semakin bisa mengendalikan kepalanya. Pada usia 1 minggu ini bayi sudah bisa mempunyai selera makan. Menyusu pun sudah mulai jarang. Ketika anak anda minta menyusu akan lebih banyak waktu anda bertatap dengan anak anda dan mulai mengajaknya berbicara, walaupun posisinya ada dihadapan payudarah anda namun ia tidak menyusu sambil sesekali menghisap payudarah anda. Memang cape dan susah menjadi ibu yang sudah mempunyai anak terutama jika masih dalam proses perkembangannya namun jangan lupa jika bersyukur dan nanti diakhir anda akan merasakan puas karena perkembangan bayi yang sehat.

Reply