Relaksasi Panca Indera Untuk Ibu Hamil, apa saja ya?

Relaksasi Panca Indera Untuk Ibu Hamil, apa saja ya

Panca indera merupakan bagian tubuh kita dimana kita dapat melihat, merasakan, mencium, berbicara, mendengar, dan menyentuh. Kita tidak dapat membayangkan jika salah satu panca indera tersebut hilang apa yang akan terjadi nantinya. Maka dari itu penting untuk merawat panca indera agar dapat selalu berfungsi dengan baik. Begitu juga untuk ibu hamil yang meskipun harus memperhatikan pola makan serta asupannya, tentu harus memperhatikan panca indera dengan merawatnya.

Melakukan relaksasi panca indera untuk ibu hamil merupakan salah satu perawatan yang harus dilakukan agar perasaan cemas, takut, tegang, atau pemicu stress yang dialami oleh ibu hamil tidak berdampak pada janin. Apa itu relaksasi panca indera untuk ibu hamil? yaitu merupakan latihan diri dalam mengontrol kesadaran melalui panca indera sehingga memberikan reaksi yang positif bagi tubuh. Terapi ini juga sangat mudah, kalian hanya dituntut untuk merefleksikan pikiran melalui hidung, mata, telinga, lidah, dan kulit. Berikut ada penjelasan yang pastinya bermanfaat untuk kalian para ibu hamil.

  • Pertama adalah relaksasi pada mata untuk melihat. Relaksasi ini dapat kalian lakukan dengan melihat pemandangan yang indah seperti gunung, pantai, perkebunan. Kalian juga bisa memanfaatkan liburan kalian dengan menonton film kesukaan, melihat photo album agar penglihatan dapat berfungsi dengan optimal karena melihat sesuatu yang menimbulkan kegembiraan, kesenangan, dan kenyamanan saat melihat suatu objek yang tentunya mempengaruhi mood bagi ibu hamil.
  • Kedua telinga untuk medengar, kita sudah bahas sebelumnya dengan mendengar music untuk terapi emosi. Dengan mendengarkan music yang disukai atau memang music yang sudah disediakan khusus untuk ibu hamil, tentu akan menstimulasi pendengaran kita.
  • Ketiga ada hidung untuk mencium. Tentu kita akan senang dan dibuat nyaman dengan mencium sesuatu aroma yang menurut kita sangat wangi, apalagi mencium bau aroma terapi yang terbuat dari mawar, geranium, chamomile, rosemary, dan lavender di usia trimester pertamamu.
  • Keempat ada lidah untuk mengecap. Pada panca indera ini, ibu hamil bisa merasakan rasa manis dari makanan berbahan alami seperti madu, buah-buahan, cokelat. Ibu hamil juga dapat merasakan rasa masam dan asin, namun tidak dianjurkan untuk berlebihan. Rasa asin dapat ditemui  pada menu makanan sehari-hari. Rasa segar juga dapat diperoleh dari buah-buahan segar serta sayuran juga.

Lalu ada kulit, dimana ibu hamil dapat melakukan massage atau pijatan ringan di beberapa area seperti di kepala, otot tangan dan bagian kaki. Namun, pijatan kaki biasanya membuat ibu hamil mudah terangsang untuk kontraksi, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum melakukan pemijatan di area kaki. Nah itu dia relaksasi panca indera untuk ibu hamil yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat ya dan selamat menunggu kehadiran sang buah hati.

Reply